Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kewajiban Manusia untuk Merawat Bumi, Materi Kelas 6 SD

Mengapa manusia perlu merawat bumi dan apa saja kewajibannya?

31 Maret 2022

Kewajiban Manusia Merawat Bumi, Materi Kelas 6 SD
Pexels/Akil Mazumder

Manusia adalah bagian dari lingkungan hidup yang dapat mempengaruhi alam di sekitarnya. Kita juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, manusia perlu menggunakan lahan, hutan dan sumber daya lainnya.

Seperti yang sudah diketahui, setiap warga negara dari negara manapun mempunyai hak dan kewajiban, begitu juga kita sebagai warga negara Indonesia.

Apa saja ya kewajiban manusia pada alam? Di bawah ini Popmama.com sudah merangkum materi SD kelas 6 tentang kewajiban manusia untuk merawat bumi. Yuk disimak!

1. Pengertian hak dan kewajiban

1. Pengertian hak kewajiban
Pexels/Allan Mas

Merawat bumi dengan menjaga lingkungan agar tetap lestari adalah sebuah hak manusia. Sebagai manusia, kita berhak mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Meski begitu, manusia juga perlu menjalankan kewajiban untuk merawat bumi. Menjaga lingkungan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap warga negara tanpa memandang umur, jenis kelamin, ataupun status sosialnya.

Namun, apa itu hak dan kewajiban? Hak adalah sesuatu yang sudah seharusnya didapatkan. Manusia akan mendapatkan hak ketika sudah melakukan kewajibannya.

Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab karena kesadaran sendiri dan tidak dipaksa. Kewajiban adalah setiap hal yang harus kita lakukan untuk memperoleh hak.

Jika hak dan kewajiban dilaksanakan dengan seimbang, manusia dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya serta dapat mencegah terjadinya bencana.

2. Kewajiban manusia untuk merawat bumi

2. Kewajiban manusia merawat bumi
Pexels/ANTONI SHKRABA

Untuk mendapatkan hak lingkungan yang bersih, manusia perlu melakukan kewajiban untuk merawat bumi sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

Ada beberapa kewajiban manusia yang dapat dilakukan untuk merawat bumi di bawah ini:

1. Membuang sampah pada tempatnya

Salah satu kewajiban utama manusia adalah membuang sampah pada tempatnya. Sampah harus dibuang pada tempatnya, tidak boleh ke sungai, danau, atau laut.

Akan lebih baik lagi jika kita memilah sampah sesuai jenisnya serta mendaur ulang sampah, seperti sampah organik dan anorganik.

2. Mengurangi sampah

Kita dapat mengurangi jumlah sampah yang ada dengan mengurangi pemakaian plastik atau kemasan, menggunakan suatu barang sesuai kebutuhan, dan kembali menggunakan barang yang sama.

3. Tidak membakar sampah

Sampah tidak perlu dibakar karena dapat menyebabkan polusi udara dan juga tanah.

Sampah organik dapat membusuk sendiri, sedangkan sampah anorganik dapat diolah kembali menjadi barang lain yang dapat digunakan kembali.

4. Menjaga kebersihan sungai

Untuk melaksanakan kewajiban ini, kita dapat membuang sampah di tempatnya, bukan membuang sampah di sungai atau saluran air.

Selain itu, kita juga bisa melalukan kerja bakti untuk membersihkan aliran sungai atau saluran air di lingkungan sekitar. Setelah kerja bakti, air akan menjadi lebih bersih dan jernih.

5. Menanam dan merawat pohon

Salah satu cara merawat bumi adalah dengan menanam pohon dan merawatnya. Pohon-pohon besar akan membantu manusia menjaga air dalam tanah dan menyaring udara.

Selain pohon besar, kita juga dapat menanam berbagai bunga dan tanaman hijau yang juga dapat membantu menyaring udara. Dengan adanya tumbuhan, manusia bisa mendapatkan udara segar setiap saat.

4. Menghentikan penebangan hutan ilegal

Kewajiban lain yang bisa dilakukan adalah menghentikan dan menolak penebangan hutan yang dilakukan tanpa izin atau ilegal.

Penebangan hutan secara ilegal umumnya tidak akan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dan juga tidak melakukan tebang pilih, sehingga dapat menyebabkan hutan gundul dan menjadi penyebab bencana alam.

5. Memakai kendaraan ramah lingkungan atau transportasi publik

Dengan menggunakan kendaraan seperti sepeda atau menggunakan angkot dan bus, kita dapat mengurai pencemaran udara karena pemakaian alat transportasi.

Jika alat transportasi pribadi berkurang, maka lingkungan sekitar kita akan terasa lebih segar dan sejuk.

Itulah kewajiban manusia untuk merawat bumi yang dapat kita lakukan. Yuk mulai menjaga bumi!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk