5 Pertolongan Pertama untuk Mengurangi Sakit Gigi pada Anak

Sebelum terlalu lama panik, pertolongan pertama ini perlu dilakukan!

3 Juni 2020

5 Pertolongan Pertama Mengurangi Sakit Gigi Anak
Freepik

Seperti orang dewasa, sakit gigi pada anak termasuk salah satu yang sering dialami. Apalagi saat bakteri dari sisa makanannya tersumbat, sehingga membusuk di sela-sela gigi. Selain itu, masalah gigi bolong dan gusi bengkak juga bisa memicu sakit gigi.

Kondisi seperti ini tak jarang membuat anak-anak berubah menjadi lebih rewel. 

Melihat anak mengalami sakit gigi, tak jarang orangtua merasa tidak tega melihatnya.

Sebagai orangtua, Mama perlu menyadari penyebab sakit gigi pada anak-anak. Dilansir dari Park Avenue Dental ada berbagai penyebab yang paling umum dirasakan ketika anak mama merasakan sakit gigi, seperti: 

  • Kerusakan gigi.
  • Memiliki masalah sinus. 
  • Tidak benar saat menyikat gigi. 
  • Memiliki gigi yang sensitif akibat terlalu makan atau minum manis. 
  • Munculnya gigi baru, sehingga memicu dalam menekan saraf giginya.

Meskipun sakit gigi yang terjadi pada anak-anak begitu menyiksanya, Mama bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakitnya. 

Penasaran seperti apa cara alami saat sedang sakit gigi? Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya agar bisa diterapkan di rumah.  

1. Kompres dengan es batu

1. Kompres es batu
Pixabay/Bru-nO

Untuk mengurangi rasa sakit gigi pada anak, Mama perlu melakukan pijatan halus pada giginya menggunakan es batu. Lakukan mengompres gigi menggunakan batu es ini, setidaknya kurang lebih selama 15 menit

Seperti anggota tubuh lainnya, es batu yang diletakkan pada giginya menimbulkan efek mati rasa. Saat sudah ditempelkan es batu, ada baiknya tetap memberikan pijatan secara perlahan-lahan. 

Pijatan lembut yang dilakukan secara langsung dapat menyentuh pusat saraf, sehingga mengurangi rasa nyeri untuk sementara waktu. Anggap saja, es batu ini menjadi pertolongan pertama agar si Anak lebih merasa nyaman pada area gigi yang sakit. 

Editors' Picks

2. Gunakan bawang merah dan bawang putih sebagai antiseptik

2. Gunakan bawang merah bawang putih sebagai antiseptik
Freepik

Baik bawang merah atau bawang putih yang termasuk jenis umbi-umbian dapat menjadi salah satu obat alami yang ampuh dalam mengurangi rasa sakit pada gigi anak. Selain dijadikan bumbu agar makanan menjadi lebih terasa spesial, bahan dapur alami ini mudah dijumpai di area dapur ketika anak mama merasa sakit gigi. 

Cara menggunakan bawang merah dan bawang putih ini, Mama bisa mengambil satu siung dari masing-masing bawah. Setelah itu, tumbuklah agar saripati atau getahnya bisa keluar lalu teteskan langsung ke area gigi anak yang terasa sakit. 

Pertolongan pertama menggunakan bawang merah dan bawah putih ini dapat meredakan sumber rasa sakit pada gigi si Anak. 

3. Berkumur dengan air garam

3. Berkumur air garam
Unsplash/Joanna Kosinska

Dilansir dari Lifehack, pertolongan pertama lainnya yang bisa diterapkan saat anak mama sakit gigi yaitu dengan menggunakan garam. 

Mama perlu melarutkan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Aduk hingga merata agar si Anak bisa digunakan untuk berkumur. 

Berkumur menggunakan larutan air garam bisa membantu dalam menghilangkan berbagai sisa makanan yang bersarang pada sela-sela gigi, sehingga mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Kandungan yodium pada garam yang cukup tinggi dapat melarutkan bakteri dan menghilangkan rasa sakit.

Pastikan saat berkumur untuk mengurangi sakit gigi pada anak mama, larutan air garam jangan sampai ditelan. 

4. Kompres dengan potongan jeruk nipis

4. Kompres potongan jeruk nipis
Unsplash/rawpixel

Seperti yang Mama ketahui bahwa jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Rasa asam yang terdapat pada jeruk nipis dapat meredakan sakit gigi. 

Untuk menerapkan jeruk nipis ini, Mama bisa memotong jeruk nipis berukuran kecil. Lalu letakkan jeruk nipis yang sudah berukuran kecil pada gigi anak yang sedang sakit atau berlubang. 

Pastikan si Anak bisa menahan jeruk nipis pada giginya hingga beberapa beberapa menit. Setelah itu, ganti potongan jeruk nipis yang lain hingga rasa sakit pada giginya mereda secara perlahan. 

5. Berkumur dengan minyak cengkeh

5. Berkumur minyak cengkeh
Freepik

Kandungan cengkeh seperti inflamasi, antioksidan, anti bakteri dapat membantu dalam membunuh bakteri serta menghilangkan rasa sakit gigi pada anak-anak. 

Cara mudah menggunakan cengkeh saat si Anak sakit gigi yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh ke dalam satu wadah seperti gelas yang sudah diberi air. Setelah semua tercampur merata, mintalah anak mama untuk berkumur. 

Bila di rumah tidak ada persediaan minyak cengkeh, Mama bisa memilih beberapa batang cengkeh untuk direbus dengan segelas air yang sudah matang. Saat direbus pastikan hingga airnya benar-benar berkurang. 

Usai direbus, tunggu sebentar hingga air bersuhu hangat agar bisa digunakan si Anak untuk berkumur-kumur. 

Bila pertolongan pertama di atas masih kurang membantu dan gigi si Anak masih terasa sakit, Mama perlu segera berkonsultasi dengan dokter gigi. 

Dengan menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter gigi, setidaknya derita sakit gigi pada anak bisa berkurang. Semoga beberapa cara di atas mengenai pertolongan pertama ketika gigi si Anak sakit bisa diterapkan dan membantu ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.