Bak Pelangi, Ini 7 Hewan Paling Warna-warni di Dunia!

Kira-kira si Kecil tertarik dengan binatang yang mana ya, Ma

18 Oktober 2020

Bak Pelangi, Ini 7 Hewan Paling Warna-warni Dunia
unsplash.com/@dorographie

Apakah Mama pernah melihat anak ayam yang berwarna-warni? Ada yang berwarna pink, merah, hijau, dan biru. Banyak anak kecil yang menyukainya, termasuk anak Mama. Tetapi seperti yang Mama tahu, itu bukanlah warna asli dari anak ayam tersebut.

Namun ternyata ada lho, hewan yang secara alami memiliki tubuh yang berwarna-warni.

Apa sajakah itu?

Yuk, simak keindahan hewan yang paling berwarna-warni di dunia yang sudah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Lilac-breasted roller

1. Lilac-breasted roller
unsplash.com/David Clode

Hewan pertama dengan warna yang menakjubkan adalah lilac-breasted roller. Mereka merupakan burung nasional dari negara Kenya dan Botswana lho. Ciri khas yang melekat padanya adalah bulu di sekitar dadanya yang berwarna ungu muda. 

Kombinasi warna lain yang dimiliki burung ini terdiri dari biru tua, hijau, kuning, biru muda, dan toska. Sayangnya, burung yang satu ini hanya tinggal di sekitar Afrika saja.

2. Scarlet macaw

2. Scarlet macaw
unsplash.com/@rita_vicari

Tak lengkap rasanya membahas hewan yang berwarna-warni tanpa menyebut burung yang satu ini. Scarlet macaw memang merupakan burung ikonik yang terkenal dengan warna bulunya yang indah lho, Ma!

Perpaduan antara biru, merah, hijau, dan kuning membuat burung ini tampak memesona. Bukan hanya untuk mempercantik saja, bulu tersebut sangat berguna untuk kamuflase di antara buah dan bunga yang berwarna mencolok. 

Editors' Picks

3. Bebek mandarin

3. Bebek mandarin
unsplash.com/@veverkolog

Jika mendengar kata bebek, apa warna yang muncul di pikiran Mama? Kuning, abu-abu, atau cokelat, iya kan? Namun hal itu tampaknya tidak berlaku untuk bebek mandarin yang berasal dari Korea Selatan ini lho.

Bebek mandarin dikenal dengan bulunya yang indah. Tak hanya berwarna-warni, mereka memiliki corak yang tidak biasa. Campuran antara cokelat, kuning keemasan, hijau, merah, dan ungu membuat penampilan bebek yang satu ini sangat unik.

4. Ikan mandarin

4. Ikan mandarin
unsplash.com/@dorographie

Nama boleh mirip, tapi bebek mandarin dan ikan mandarin tidak memiliki keterkaitan apa-apa ya Ma. Kecuali untuk warna tubuhnya yang unik. Dilansir dari The Mysterious World, ikan mandarin termasuk ikan air asin yang berhabitat di Samudra Pasifik. 

Corak tubuh dan warnanya yang unik membuat mereka dijuluki sebagai ikan dengan warna paling brilian di dunia. Sebagian besar spesies ikan mandarin memiliki warna biru, hijau, oranye, dan kuning. 

5. Mandrill

5. Mandrill
unsplash.com/@yomex4life

Mandrill adalah primata yang banyak dijumpai di benua Afrika. Khususnya di bagian tengah. Karakteristik yang paling menonjol dari hewan ini adalah wajahnya yang galak tetapi berwarna-warni lho. 

Lihat saja, perpaduan antara merah, putih, biru, kuning, dan abu-abu membuat mandrill terlihat sangat berbeda dengan primata lainnya. Tak hanya di bagian wajah, Mama juga bisa menjumpai corak tersebut di pantat mereka, lho!

6. Bunglon panther

6. Bunglon panther
unsplash.com/@bamin

Bunglon panther tidak hanya bisa mengubah warnanya sesuai dengan lingkungan sekitar. Mereka juga dikenal memiliki tubuh yang berwarna-warni. Mulai dari kuning, hijau, biru, hingga merah bercampur membentuk corak yang unik.

Maka tak heran jika bunglon panther mendapatkan julukan reptil paling warna-warni di dunia. Sayang sekali, spesies ini hanya bisa dijumpai di hutan tropis Madagaskar.

7. Udang sentadu merak

7. Udang sentadu merak
idntimes

Udang yang biasa kita jumpai pada umumnya berwarna abu-abu atau putih. Namun tidak dengan udang sentadu merak lho. Tubuhnya sangatlah warna-warni, terdiri dari kombinasi hijau, merah, biru, dan oranye. 

Ternyata karakteristik ini cocok untuk membantu mereka berkamuflase di antara terumbu karang, menurut laman National Aquarium Baltimore. Selain warnanya yang menakjubkan, udang yang satu ini juga terkenal dengan tinjunya yang sangat kuat, lho!

Wah, menakjubkan sekali ya, hewan-hewan di atas! Mereka terlihat seakan keluar dari buku mewarnai.

Kira-kira hewan mana yang paling menarik untuk si Kecil ya Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.