TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30 Kata Mutiara untuk Anak Islami yang Bagus dan Bermakna

Bantu anak lebih semangat dengan mengucapkan kata-kata dan nasihat Islami setiap hari!

7 Juli 2022

30 Kata Mutiara Anak Islami Bagus Bermakna
Freepik/catalyststuff

Kata mutiara untuk anak Islami ini bisa memotivasi si Kecil sehari-hari. Anak sendiri adalah anugerah sekaligus amanah yang dititipkan Tuhan kepada orangtua. Hadirnya anak di tengah-tengah kehidupan rumah tangga tak hanya sebagai pelengkap keluarga saja.

Pasalnya orangtua harus mendidik dan membesarkan anak dan itu tak bisa sembarangan. Tingkah laku anak dipengaruhi oleh setiap tindakan dan perkataan orang tua. Sehingga ia sangat butuh bimbingan dan pengetahuan baik hal-hal yang benar atau hal-hal yang dilarang. 

Nasihat yang membangun yang diucapkan kepada anak bisa menjadi salah satu pendidikan terbaik yang diberikan orangtua. Apalagi jika nasihat itu tentang dasar ajaran agama. 

Dalam Islam, persoalan mendidik anak sudah banyak disinggung dalam Alquran maupun hadis. Misalnya yang paling terkenal adalah perkataan Ali bin Abi Thalib tentang mendidik anak sesuai zamannya. 

Kata-kata bijak Islami tentang anak ini mungkin bisa menjadi panduan sekaligus nasihat bagi orangtua dalam mendidik anak. 

Berikut Popmama.com rangkum 30 kata mutiara untuk anak Islami yang bagus dan bermakna.

1. Kata mutiara untuk anak Islami bermakna pengingat kepada Allah SWT

1. Kata mutiara anak Islami bermakna pengingat kepada Allah SWT
Freepik/Paansaeng

Sejatinya sebagai seorang manusia dan umat Islam, mengingat Allah SWT adalah sebuah kewajiban. Tak hanya saat kita susah tetapi juga saat senang dan bahagia. Jangan lupa ajarkan anak perihal hal ini melalui nasihat berikut:

Sesungguhnya jalan dan takdir Allah SWT adalah yang terbaik. Yang Allah kehendaki adalah pilihan paling benar untuk hamba-Nya.

Pilih teman-temanmu dengan hati-hati, rencanakan masa depanmu dengan tujuan, dan bingkai kehidupanmu dengan iman.

Manusia yang paling baik tak hanya baik budi pekertinya, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain.

Bertemanlah dengan orang-orang salih, karena banyak kebaikan yang bisa ditularkan kepadamu.

Nak, mengapa Allah memberi kita dua telinga namun hanya satu mulut? Jawabannya adalah agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Janganlah sampai kita melupakan Allah saat kita senang, maka di waktu sulitmu Allah akan mempermudah jalannya.

Editors' Picks

2. Kata mutiara untuk anak Islami bermakna didikan yang baik dari orangtua

2. Kata mutiara anak Islami bermakna didikan baik dari orangtua
Freepik/Gpointstudio

Orangtua hendaknya menjadi contoh terbaik untuk anak mereka. Ketika dari kecil anak melihat banyak hal-hal baik dari orangtuanya ia pun akan mengikuti hal serupa. Minimal ia akan melihat orangtua tersebut.

Berikut nasihat baik yang bisa disampaikan kepada anak dari kita sebagai orangtua:

Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil. Karena lebih mudah membentuk dan mengasuhnya, belum tersentuh oleh kebiasaan yang sukar ditinggalkan.

Didiklah anak untuk mengenal dan mencintai Allah. Karena anak adalah amanah, dan setiap amanah akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak.

Harta berharga bukan tentang apa yang orangtua tinggalkan untuk anak-anaknya, melainkan apa yang orangtua tinggalkan dalam diri anak-anak itu.

Ajarkanlah anakmu Al-quran, ajarkan sejarah, untaian syair-syair dan ajarkan sunnah.

Didiklah anakmu untuk menjaga pikirannya selalu baik dan positif, karena itu akan membuat wajahnya bersinar setiap hari.

Anak tak bisa berjalan dan berlari tanpa contoh yang baik dari orangtua. Ajarilah mereka cara berjalan dan berlari mengarungi kehidupan sesuai jalan Allah SWT.

3. Kata mutiara untuk anak Islami bermakna tidak mudah menyerah

3. Kata mutiara anak Islami bermakna tidak mudah menyerah
Freepik/freepik

Dalam perjalanan hidup, banyak hal yang akan ditemui anak kita ke depannya. Oleh karena itu penting sekali untuknya mendapat semangat dari orangtua agar tidak mudah menyerah. Berikut kata mutiara sekaligus nasihat baik yang bisa disampaikan:

Sebuah harapan akan menguatkan untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik kepada Allah SWT sembari berusaha.

Keberhasilan bukan hanya saat kamu bisa mencapai apa yang diinginkan. Tapi saat bisa melihat senyum orangtua karena keinginan anak yang tercapai dan ia bahagia.

Sedih karena kehilangan orang terpenting di hati itu wajar, tetapi tidak ada seorang pun yang datang dan pergi di kehidupan tanpa seizin Allah, tak ada yang kebetulan.

Kita boleh berkeluh kesah dan mengadu kepada Allah, tapi jangan menyerah untuk menyambut hari esok lebih baik.

Menang tidak selalu berarti menjadi yang pertama. Menang juga bisa berarti kita melakukan lebih baik dari yang pernah kita lakukan sebelumnya.

Wajar jika sedih nak, tapi kita selalu punya Allah SWT yang setia mendengar doa hambanya.

4. Kata mutiara untuk anak Islami yang menyejukkan hati

4. Kata mutiara anak Islami menyejukkan hati
Freepik/rawpixel.com

Setiap orang pasti akan menemui masalahnya masing-masing. Namun, sebagai anak-anak kadang tak tahu bagaimana cara menghadapi rentetan masalah tersebut. Tugas orangtua adalah membimbing tetapi tidak membatasinya, mengawasi agar anak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Berikut adalah deretan kata mutiara untuk anak Islami yang bisa menyejukkan hatinya:

Semua anak terlahir baik, karena Allah SWT sudah titipkan padanya fitrah yang lurus. Peran orangtua adalah membantu anak tersebut.

Ingat nak, saat semua orang menghina dan menjauhi karena kekalahanmu, tapi ibumu tidak pernah menjauh ataupun malu untuk tetap bersamamu.

Kalau kamu punya pikiran yang baik, wajah seolah bersinar seperti matahari, dan kamu akan selalu terlihat baik.

Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaan itu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu.

Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita tak akan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan.

Nak, jangan lupa salat dan beribadah saat dilanda kesedihan mendalam. Insyaallah maka Allah akan memberikan keindahan padamu disuatu hari nanti.

5. Kata mutiara untuk anak Islami bermakna untuk terus mengejar mimpi

5. Kata mutiara anak Islami bermakna terus mengejar mimpi
Freepik/pressfoto

Umur anak yang masih muda membutuhkan orangtua untuk menyemangati dirinya dalam meraih impian. Saat ia kecil mungkin masih menggebu-gebu, tetapi semakin tumbuh dewasa seolah mimpi itu mulai pudar jika tak dijaga semangatnya.

Tugas kita sebagai orangtua menyemangatinya agar mimpi itu tak pernah padam dalam diri anak. Berikut nasihat dan kata mutiara untuk anak Islami yang bisa diucapkan kepadanya:

Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik.

Jangan takut untuk gagal. Kegagalan tidak fatal, ambil pelajarannya, lalu bangkit kembali dan coba lagi dengan berdoa kepada Allah SWT.

Belajarlah untuk memaafkan, dirimu yang pertama dan kemudian yang lain. Hatimu akan lebih tenang dan damai dalam menjalani hidup.

Jika hari ini terasa berat, tidak apa-apa dan wajar. Tarik napas perlahan dan ucapkan istigfar agar tenang.

Menjalani hidup dengan akhlak mulia akan membuatmu bermakna. Hidupmu akan bermanfaat untuk banyak orang.

Jangan sampai masalah hari ini menghentikan mimpimu esok hari, yakinlah Allah SWT akan membantu dalam setiap langkahmu.

Itulah tadi 30 kata mutiara untuk anak Islami yang bagus dan bermakna. Ini bisa diucapkan untuk orangtua ke anak atau anak-anak ke temannya untuk saling menyemangati satu sama lain. Tetap semangat dan selalu ingat Allah SWT dalam setiap lini kehidupan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk