Perhatikan 5 Cara Menangani Ketika Anak Tersedak

Jangan panik saat anak tersedak, perhatikan 5 langkah-langkahnya yuk...

6 Oktober 2018

Perhatikan 5 Cara Menangani Ketika Anak Tersedak
Pexels/Bess Hamiti

Mama pasti khawatir ketika tiba-tiba anak mengalami insiden tidak menyenangkan, salah satunya tersedak. Tersedak disebabkan oleh tersumbatnya trachea (batang tenggorokan) oleh benda asing. Biasanya diikuti gejala tidak dapat berbicara hingga kekurangan oksigen.

Meskipun hal ini terlihat sederhana namun, tersedak perlu untuk diwaspadai. Karena biasanaya terjadi ketika si kecil ketika sedanag belajar makan sendiri. Oleh sebab itu, Mama perlu memperhatikan dan lekas membantunya agar tidak terjadi penyumbatan jalan nafas saaat si kecil  tersedak.  Lalu bagaimana cara tepat mengatasi anak yang tersedak, simak yuk ulasan artikel di bawah ini:

1. Pastikan kondisi anak

1. Pastikan kondisi anak
Pexels/Juan Pablo Arenas

Saat anak tersedak, langkah awalnya ialah jangan panik. Mama harus tetap tenang dan pastikan kondisi anak dalam keadaan sadar atau tidak. Jika benda yang yang ia telan masih batas aman, Mama bisa berikan ia minum. Tapi apabila anak tak dapat berbicara atau bernafas, maka sebaiknya bawa anak segera ke pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD).

Editors' Picks

2. Carilah gejalanya

2. Carilah gejalanya
Pexels/Tahir Shaw

Jika anak tidak bisa menangis, itu berarti jalur pernapasannya tersumbat sehingga anak tidak akan mampu mengeluarkan sumbatan dengan batuk. Beberapa gejala anak tersedak yaitu terdengar suara aneh, memegangi tenggorokan, kulit memerah atau biru hingga terlihat pucat. 

3. Jangan masukkan jari ke mulut anak

3. Jangan masukkan jari ke mulut anak
Pexels/Public Domain Pictures

Saat anak terlihat tanda-tanda tersedak, sebaiknya Mama jangan panik dan tidak mengeluarkan benda atau sumbatan dengan mengambilnya pakai jari. Memasukkan jari ke dalam mulut anak akan menyebabkan objek tersebut semakin masuk ke dalam dan bisa merusak tenggorokan si Kecil. 

4. Manuver heinlich

4. Manuver heinlich
Pexels/kelvin octa

Apabila anak sedang bermain dan mengalami tersedak pada benda asing yang masuk ke dalam mulutnya, maka Mama bisa menolongnya dengan cara manuver heinlich. Yaitu Mama berdiri di belakang anak, letakkan lengan di bawah lengan anak hingga melingkar di pinggangnya. Dan kepalkan tangan Mama tepat di antara pusar dan tulang dada si Kecil. Terakhir angkat anak ke atas dan belakang tubuh anak sebanyak 5 kali. 

5. Manuver back blow

5. Manuver back blow
Pexels/Public Domain Pictures

Langkah lainnya yang bisa Mama lakukan yaitu manuver back blow. Di mana Mama harus tengkurapkan si Kecil pada tangan, topang leher, dan dagunya dengan telapak jari. Sebaiknya posisi kepala anak lebih rendah dari posisi dadanya. Lalu tekan punggungnya tepat di kedua bahunya dengan telapak tangan sebanyak 5 kali gerakan. 


Nah, itulah kelima cara menangani ketika anak mengalami tersedak. Namun ada baiknya orangtua melakukan pencegahan agar si Kecil tidak tersedak, yaitu jangan ajak anak mengobrol saat mereka sedang makan atau minum. Semoga bermanfaat. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.