5 Tips Membuat Anak Balita Tidur saat Sedang Tidak di Rumah

Buat suasana menjadi seperti di rumah, Ma

11 Januari 2022

5 Tips Membuat Anak Balita Tidur saat Sedang Tidak Rumah
Pexels.com/Helena Lopes

Banyak orangtua merasa kebingungan saat harus membawa si Kecil menginap di luar rumah, baik untuk berlibur atau menginap di rumah keluarga. Hal ini dikarenakan kondisi anak yang sulit tidur dan bisa saja mengganggu sistem pertumbuhan mereka.

Saat anak dibawa pergi dari rumah dan mengharuskan untuk menginap, biasanya mereka akan lebih sulit tertidur karena merasa asing dan tidak nyaman dengan kamar tidur yang mereka tempati.

Nah, untuk itu Popmama.com akan merangkumkan beberapa tips menidurkan anak balita saat sedang tidak di rumah. Dicoba yuk, Ma!

1. Buat suasana menyerupai rumah atau kamar tidurnya

1. Buat suasana menyerupai rumah atau kamar tidurnya
Freepik/Geargodz

Anak usia balita biasanya lebih sulit tidur ketika suasananya tidak nyaman atau berbeda dari kamar yang biasanya mereka tempati. Meski usianya masih belum memahami banyak hal, namun si Kecil sudah bisa merasakan adanya perubahan suasana ruangan yang sedang ditempatinya, Ma.

Untuk itu, agar si Kecil bisa tertidur dengan nyaman meski sedang tidak di rumah, Mama bisa mencoba membuat suasana ruangan menyerupai rumah atau kamar tidurnya. Cara ini dilakukan agar anak tidak terlalu merasa asing dan bisa lebih cepat tidur seperti biasanya.

Editors' Picks

2. Tetap konsisten dengan jadwal tidur

2. Tetap konsisten jadwal tidur
Freepik

Selain membuat kamar tidur menyerupai di rumah, Mama juga tetap perlu memerhatikan jadwal tidur si Kecil setiap hari. Meski sedang tidak di rumah, jangan sampai jam tidurnya terganggu dan membuatnya kekurangan tidur yang diperlukan, ya.

Selain memastikan jadwal tidur yang sesuai seperti biasanya, Mama juga tetap perlu melakukan rutinitas si Kecil sebelum tidur yang biasa dilakukan saat di rumah. Misalnya membacakan anak dongeng, maka lakukanlah agar anak merasa lebih nyaman dan siap untuk tidur.

3. Membawa perlengkapan tidur dari rumah

3. Membawa perlengkapan tidur dari rumah
wellesleyfreelibrary.org

Menyambung poin pertama, Mama mungkin perlu melakukan tps berikut agar suasana kamar yang ditempati anak bisa lebih nyaman untuknya tidur. Caranya adalah dengan membawa perlengkapan tidur dari rumah, seperti selimut, boneka kesayangannya, mau pun sprei.

Dengan begitu, anak pun akan merasa bahwa dirinya sedang beristirahat di dalam kamarnya yang ada di rumah. Cara seperti ini akan membantu anak untuk cepat beradaptasi dan tidak mengganggu jam tidurnya.

4. Mengalihkan perhatian anak

4. Mengalihkan perhatian anak
Freepik/user18526052

Jika beberapa tips di atas sudah dilakukan, selanjutnya Mama perlu mengalihkan perhatian si Kecil. Saat merasa tidak nyaman, biasanya mereka akan lebih sering menangis kemudian meminta pulang ke rumah. Di sinilah Mama dan Papa perlu bekerja sama untuk mengalihkan perhatiannya.

Cobalah untuk mengalihkan perhatian anak untuk melupakan keinginan tersebut dengan beragam cara. Bisa dengan mengajak anak bercerita sebelum tidur, membacakan dongeng, atau meminta anak bercerita tentang hal-hal yang mereka sukai. Lama kelamaan, anak pun mulai teralihkan dan merasa lelah, sehingga bisa lebih cepat tertidur.

5. Tetap sabar dan tenang

5. Tetap sabar tenang
Freepik/shurkin-son

Kunci utama yang diperlukan untuk menidurkan anak saat sedang tidak di rumah adalah tetap sabar dan tenang. Usahakan Mama memberikan pengertian pada si Kecil dengan tegas namun tidak sampai membentak mereka.

Meski kerap kali memancing emosi, Mama juga perlu memahami kondisi mereka yang harus beradaptasi dengan lingkungan baru selain di rumah. Jadi, tetap tenang dan lakukan cara-cara di atas dengan penuh kesabaran ya, Ma.

Semoga tips menidurkan anak saat tidak di rumah yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk Mama terapkan ya. Semangat selalu, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.