7 Pilihan Obat Batuk untuk Anak yang Menggunakan Bahan Alami

Pilihan obat batuk alami yang berkhasiat dan tidak berbahaya.

11 Oktober 2020

7 Pilihan Obat Batuk Anak Menggunakan Bahan Alami
Freepik/User6624752

Batuk merupakan penyakit yang umum menyerang anak-anak. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan makan si Kecil, ataupun karena infeksi virus. 

Meskipun batuk bukan tergolong penyakit yang berbahaya bagi anak-anak, Mama tetap perlu mengobatinya. Rasa gatal dan tidak nyaman pada tenggorokan akibat batuk akan sangat menyiksa dan menganggu si Kecil. Mama pastinya tidak mau hal ini terjadi bukan?

Obat batuk memang sangatlah banyak, namun ada baiknya Mama memilih obat batuk alami untuk mengatasi batuk yang terjadi pada anak mama. Obat batuk alami memiliki banyak khasiat, dan tidak memberikan efek samping pada tubuh. 

Di Popmama.com Mama dapat menemukan 7 pilihan obat batuk alami anak yang aman. Obat batuk ini mudah diperoleh dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan si Kecil.

1. Madu

1. Madu
Freepik

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa madu lebih baik dari obat-obatan untuk melegakan batuk yang terjadi pada anak-anak sebagaimana yang dilansir dari parents.com

Madu memiliki antioksidan yang tinggi, membantunya untuk melawan radikal bebas dan virus. Madu juga dapat membantu melegakan tenggorokan si Kecil ketika batuk menyerang. 

Rasa manis yang dimiliki madu membuat si Kecil pasti senang mengonsumsi obat batuk alami yang satu ini. 

2. Lemon

2. Lemon
edisoninst.com

Buah kuning dan asam ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali untuk mengobati penyakit batuk si kecil.

Mengutip dari thehealthy.com, lemon dapat membantu memecahkan lendir dan mengeluarkannya ketika anak mama batuk. Tidak hanya itu, ia juga mampu melegakan tenggoroan dengan mudah dan cepat. 

Lemon sendiri kaya akan kandungan vitamin C yang amat baik bagi tubuh. Vitamin ini dapat membantu tubuh menghindari serangan bakteri dan virus, termasuk virus penyebab batuk. 

Untuk flu dan batuk, si Kecil dapat meminum lemon 2-3 kali sehari. Mama dapat menambahkannya dengan madu agar mengurangi rasa asam pada lemon.

 

Editors' Picks

3. Jahe

3. Jahe
Healthline.com

Tidak perlu diragukan lagi, jahe merupakan salah satu obat-obatan tradisioal yang banyak digunakan sejak dahulu. Jahe banyak digunakan untuk mengatasi penyakit flu, demam, bahkan batuk. 

Jahe merupakan obat alami yang berkhasiat untuk menangani batuk kering. Rempah-rempah ini mempunyai formula antiperadangan yang sangat membantu mengurangi intensitas batuk. Sifat hangat yang dihasilkan jahe juga membantu melegakan tenggorokan yang kering dan gatal. 

Salah satu cara terbaik mengonsumsi jahe sebagai obat batuk ialah dengan menyeduhnya ke dalam secangkir air hangat. Mama dapat menambahkan madu dan perasan lemon untuk membuatnya lebih berkhasiat. 

4. Nanas

4. Nanas
Pixabay/Hans

Buah nanas memiliki rasa yang manis dan segar ketika dikonsumsi. Tidak hanya itu, ternyata buah ini juga sangat bermanfaat untuk meredakan batuk.  

Melansir dari medicalnewstoday.com, buah nanas memiliki enzim bromelain yang terdapat sangat banyak pada intinya. Enzim bormelain bersifat anti-inflamasi membuatnya dapat memecah lendir di tenggorokan dan mengeluarkannya dari tubuh. Secara tidak langsung, enzim bromelain dalam nanas dapat menekan batuk.

Perlu Mama perhatikan, sebaiknya anak yang memiliki alergi terhadap bromelain tidak mengambil cara pengobatan batuk alami satu ini. 

5. Daun Saga

5. Daun Saga
yourbeadinfo.blogspot.com

Tidak banyak yang tahu kalau daun saga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Daun yang memiliki nama lain Abrusprecatorius dapat membantu meredakan batuk yang terjadi pada anak mama, 

Daun saga dikenal memiliki bahan ekspektoran yang mana dapat membantu melonggarkan lendir di tenggorokan. Bahan ini juga membantu melegakan tenggorokan dan menghilangkan serak-serak.

Daun saga sebaiknya dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya. Caranya, Mama perlu mengambil satu genggam daun saga, lalu cuci hingga bersih, dan rendam dalam air panas. Saring air rebusan agar daun terpisah dari air, lalu minumlah. 

6. Sup ayam

6. Sup ayam
Freepik/Fabrikasimf

Mengonsumsi makanan atau minuman hangat selalu dapat membantu melegakan tenggorokan, khususnya ketika batuk. Salah satu makanan hangat yang dapat menjadi obat batuk alami ialah sup ayam.  

Menurut beberapa penelitian, sup ayam dapat membantu melawan batuk dan flu. Makanan ini membantu mengencerkan lendir pada tenggorokan yang menganggu. Selain itu, sup ayam juga memiliki efek anti-inflamasi ringan yang membantu meringankan gejala batuk.

Bahan lainnya yang terdapat dalam sup seperti bawang dan sayuran juga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil. Tidak ada salahnya Mama memasak makanan sehat satu ini ketika si Kecil batuk. 

7. Asam Jawa

7. Asam Jawa
allrecipes.com

Ternyata Mama juga dapat memperoleh obat batuk alami untuk si Kecil dari bahan-bahan tradisional, salah satunya asam jawa. Asam jawa yang biasa digunakan untuk masakan ternyata memiliki khasiat mengobati batuk. 

Kandungan acid dalam asam jawa dapat mengobati batuk. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga berkhasiat mengobati demam dan kembung. 

Mama dapat mengolah asam jawa menjadi minuman hangat sebagai obat batuk. Caranya cukup mudah, seduh asam jawa dengan segelas ai hangat lalu tambahkan gula merah. Gula merah sendiri dapat meningkatkan khasiat dari asam jawa. Terakhir, minumlah seduhan tersebut selagi hangat. 

Berikan obat-obatan alami mungkin bisa dicoba Ma.

Itulah pilihan obat batuk alami anak yang bahannya mudah ditemukan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.