5 Tips Bermain Ayunan yang Aman bagi Anak

Sebelum bermain ayunan, pastikan ayunan itu aman untuk si Kecil ya Ma!

23 Mei 2021

5 Tips Bermain Ayunan Aman bagi Anak
Pixabay/Skitterphoto

Ayunan adalah bagian dari masa kecil setiap orang dan pastinya ayunan sangat disukai anak-anak. Sering sekali anak-anak menghabiskan waktu bermain di ayunan dan perosotan yang berada di taman.

Ayunan tidak hanya menyenangkan bagi anak, tetapi ayunan juga menjadi penyebab utama cedera ketika bermain di taman tanpa diawasi oleh orang tua.

Nah untuk itu, Mama harus memastikan keselamatan anak ketika bermain ayunan.

Berikut Popmama.com akan memberikan tips penting untuk membantu Mama menjaga si Kecil agar tetap aman saat bermain ayunan.

1. Pastikan ayunan berada di tempat yang aman

1. Pastikan ayunan berada tempat aman
Pixabay/Biancamentil

Ayunan harus diberi jarak, agar menyisakan cukup ruang di antara ayunan yg satu dengan yang lainnya untuk menghindari terjadinya tabrakan.

Idealnya, ayunan harus berjarak setidaknya 60 cm satu sama lain.

Pastikan jarak dudukan dengan tanah berada di posisi yang tepat, agar anak dapat mengayun dengan aman dan terhindar dari risiko kakinya tergores.

Editors' Picks

2. Material ayunan

2. Material ayunan
Pixabay/Mammiya

Pastikan bentuk permukaan ayunan memanjang ke depan dan belakang, sehingga ketika berayun menjadi lebih aman.

Mama juga harus memastikan si Kecil memilih ayunan yang terbuat dari bahan yang lembut seperti karet atau plastik dan hindari ayunan yang terbuat dari kayu ataupun logam.

3. Perhatikan posisi anak saat berada di atas ayunan

3. Perhatikan posisi anak saat berada atas ayunan
Pixabay/eokateri

Ketika sedang bermain ayunan, pastikan si Kecil selalu dalam posisi duduk di ayunannya. Posisi berlutut atau berdiri bukanlah hal yang tepat.

Jangan biarkan anak mama tetap bermain ayunan jika ia tidak dalam posisi duduk.

Mama perlu mengetahui, dengan berlutut atau berdiri sangat membahayakan anak-anak karena mereka bisa terjatuh atau terlempar dari ayunan.

Untuk itu Mama harus mengajarkan si Kecil untuk duduk dan memegang tali samping ayunan saat berayun.

Berikan instruksi kepada anak ketika turun dari ayunan, pastikan ayunan harus berhenti terlebih dahulu baru kemudian anak mama turun dari ayunan tersebut.

4. Selalu awasi anak saat berayun

4. Selalu awasi anak saat berayun
Freepik/alexeyzhilkin

Saat anak sedang bermain ayunan, mama jangan pernah tinggalkan anak sendirian. Sebelum bermain ayunan, pastikan si Kecil adalah satu-satunya anak yang duduk di ayunan saat berayun.

Berikan peringatan kepada anak sebelum bermain untuk tidak memanjat atau melompat dari ayunan dan tidak berada di depan ayunan untuk menghindari cedera dan jatuh.

5. Jaga lingkungan sekitar ayunan

5. Jaga lingkungan sekitar ayunan
Pixabay/Songchanghun

Sebelum bermain ayunan, pastikan area sekitar ayunan bersih dari benda-benda atau mainan lainnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika di area ayunan terdapat benda-benda tajam, akibatnya si Kecil ketika turun dari ayunan bisa terjatuh karena menginjak benda-benda tersebut.

Itulah beberapa tips aman bermain ayunan untuk si Kecil yang bisa Mama perhatikan untuk menjaga keamanannya. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.