5 Aplikasi Game Edukatif Anak yang Ada di Android, Download Yuk Ma!

Bermain sambil belajar, yuk kenalkan anak dengan beberapa game edukatif berikut

24 November 2021

5 Aplikasi Game Edukatif Anak Ada Android, Download Yuk Ma
Pexels/Amina Filkins

Di era teknologi seperti sekarang ini, penggunaan gadget atau pun smartphone memang sudah bukan lagi hal yang baru. Bahkan, penggunaannya seperti sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi berbagai kalangan usia.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut merasakan perkembangan teknologi tersebut dengan maraknya penggunaan gadget pada mereka. 

Meski pesatnya perkembangan teknologi memudahkan banyak pekerjaan yang ada, namun penggunaannya pada anak-anak tetap perlu pengawasan dari orangtua ya, Ma. Jangan biarkan anak begitu bebas bermain dengan gadget atau smartphone yang Mama berikan.

Salah satu cara yang bisa Mama lakukan adalah mengunduh aplikasi permainan edukatif agar anak bisa belajar sambil bermain. Tujuannya adalah agar anak bisa tetap belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Pemilihan game edukatif pun harus selektif dan tidak boleh sembarangan, Ma. Sebagai rekomendasi, berikut Popmama.com telah merangkum 5 daftar game edukatif di Android yang aman bagi anak-anak. 

1. Dokter Gigi

Dokter adalah cita-cita yang paling banyak dipilih. Meski belum sepenuhnya paham, namun tak sedikit anak-anak yang akan menjawab demikian ketika ditanya apa cita-citanya.

Nah, jika anak mama ingin menekuni pekerjaan mulia tersebut dan mengambil profesi dokter gigi, cobalah unduk aplikasi bernama Dokter Gigi yang tersedia di Play Store. Permainan Dokter Gigi yang dikembangkan oleh Yovo Games ini cocok dengan usia anak-anak 5 tahun ke atas.

Melalui permainan ini, anak mama akan diajarkan untuk membersihkan hingga merawat gigi yang baik dan benar. Hanya berukuran 21 MB, aplikasi edukatif ini tidak akan memakan banyak penyimpanan dan mampu memberikan pengertian kepada anak bagaimana pentingnya merawat gigi.

Editors' Picks

2. My Virtual Pet Shop

Permainan edukasi untuk anak lainnya adalah My Virtual Pet Shop. Aplikasi berukuran 40 MB ini bisa Mama unduh di Play Store.

Permainan ini nantinya akan melatih anak untuk meningkatkan rasa tanggung jawab mereka. Hal ini karena anak harus merawat serta mengurus hewan peliharaan mereka yang ada dalam permainan.

Jika si Kecil begitu menginginkan hewan peliharaan, namun Mama dan Papa belum bisa mengabulkan keinginannya tersebut, permainan My Virtual Pet Shop bisa jadi pilihan yang tepat untuk membantu anak melatih memelihara hewan peliharaan dengan penuh tanggung jawab.

3. Learn The Animals

Untuk anak usia balita, aplikasi Learn The Animals bisa Mama unduh di Play Store sebagai game edukatif yang cocok untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Sesuai dengan nama aplikasinya, nantinya anak akan belajar mengenali jenis hewan yang sering dilihat sehari-hari hingga hewan yang jarang ditemui.

Tak hanya mengenal jenis-jenis hewan, Learn The Animals meliputi permainan menyusun nama hewan yang muncul pada layar, juga mengenali hewan berdasarkan bentuk, warna, dan suara. 

Pemilihan permainan edukatif satu ini akan sangat bermanfaat dan membuat waktu bermain anak menjadi lebih produktif. Nggak selalu cara yang monoton, belajar mengenal hewan juga bisa menyenangkan kok!

Bagi Mama yang ingin mengunduh aplikasi satu ini, pastikan gadget atau smartphone yang anak gunakan memiliki cukup ruang ya. Sebab permainan edukatif ini membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar, Ma.

4. Spongebob Moves In

Siapa tak mengetahui animasi Spongebob. Hampir semua kalangan mengetahui animasi bawah laut satu ini. Nah, jika si Kecil menyukai Spongebob, Mama bisa mencoba mengunduh Spongebob Moves In yang ada di Play Store.

Game yang dikembangkan oleh Nickelodeon ini akan membantu meningkatkan kreativitas anak mama. Nantinya, anak harus membangun Bikini Bottom sendiri dengan imajinasi mereka. Selain itu, anak juga perlu menyelesaikan misi yang ada pada game tersebut.

Ukuran aplikasi satu ini memang cukup besar, yakni 210 MB. Jadi, pastikan kapasitas penyimpanan smartphone yang digunakan cukup memadai ya, Ma!

5. Pou

Selain My Virtual Pet Shop, perminan Pou mungkin sudah tak asing bagi Mama sekalian. Permainan eduktafi ini juga akan melatih anak untuk memiliki rasa tanggung jawab. Sebab dalam aplikasi yang karakternya berbentuk seperti telut ini, anak diharuskan merawat Pou seperti merawat hewan peliharaan.

Game Pou juga dianggap seperti game jadul yang bernama Tamagotchi. Pasti Mama pernah dong bermain permainan satu itu? Nah, di era sekarang sudah dimudahkan dengan versi mobile nih, Ma. Sehingga bisa lebih memudahkan anak untuk bermain sambil belajar.

Selain menyenangkan, anak-anak juga diajak untuk belajar dengan cara yang tidak membosankan. Sehingga akan terserap ke dalam otak anak dengan baik, serta membantunya belajar rasa tanggung jawab. 

Itulah beberapa aplikasi game edukatif yang cocok untuk anak. Semua aplikasi di atas bisa Mama untuk melalui Play Store yang ada di Android. Yuk, ajak anak bermain sambil belajar melalui aplikasi di atas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.