TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Liburan Sekolah di Jakarta Aquarium, Rasakan Wisata Akuarium Indoor

Yuk, ajak anak mama untuk menikmati wisata akuarium indoor terbesar di Indonesia

24 Juni 2022

Liburan Sekolah Jakarta Aquarium, Rasakan Wisata Akuarium Indoor
Instagram.com/jakartaaquarium

Jelang liburan sekolah di bulan Juni dan Juli 2022 nanti, orangtua bisa menyiapkan berbagai kegiatan seru untuk mengisi liburan anak agar lebih seru dan tidak membosankan.

Selain melalui kegiatan bersama di rumah, Mama dan Papa juga bisa mengajak anak berkunjung ke tempat wisata yang ada. Salah satunya ke Jakarta Aquarium & Safari (JAQS), yang merupakan wisata akuarium indoor terbesar di Indonesia. 

Bertempat di salah satu pusat perbelanjaan di Ibu Kota, Mama bisa memboyong si Kecil untuk belajar mengenal berbagai jenis satwa air mau pun hewan unik yang ada di dalamnya. 

Sebelum berkunjung, yuk simak informasi yang Popmama.com siapkan berikut ini terkait penjelasan Jakarta Aquarium & Safari beserta lokasi lengkap dan harga tiket masuknya.

1. Apa itu Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium & Safari atau disingkat JAQS merupakan wisata akuarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Melalui website resminya, wisata ini merupakan pengelolaan dari Taman Safari Indonesia yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

Wisata akuarium indoor tersebut sudah resmi dibuka untuk publik sejak tahun 2018 silam oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Mama dan si Kecil bisa merasakan interaksi intim dengan satwa yang disediakan, seperti Kerapu Raksasa, Penguin Humboldt, Naga Laut, dan masih banyak lagi!

Sebagai wisata akuarium indoor terbesar di Indonesia, tempat wisata ini memiliki luas hingga 1 hektar, lho! Dari luas tanah tersebut, JAQS terdiri dari dua lantai dan dua belas zona berbeda. Nggak heran ya, jika disebut sebagai tempat wisata indoor terbesar yang ada di tanah air.

Untuk total satwa yang ada di dalam akuarium ini, diketahui lebih dari 3500 spesies. Di mana untuk menemui hewan safari (non-akuatik), Mama bisa mengajak si Kecil untuk mengunjungi lantai atas. Sementara lantai bawah dikhususkan untuk satwa air atau akuatik.

Editors' Picks

2. Lokasi dan harga tiket masuk

2. Lokasi harga tiket masuk
Instagram.com/jakartaaquarium

Bagi Mama dan Papa yang tertarik mengajak si Kecil berwisata di tempat yang penuh dengan satwa menarik, yuk segera kunjung Jakarta Aquarium & Safari di NEO SOHO @Podomoro City. Tepatnya di lantai LG 101 - LGM 101, Jalan S. Parman Kav 28, Jakarta Barat - 11470.

Untuk jam bukanya sendiri yakni menyesuaikan waktu bukanya mall NEO SOHO yakni dari jam 10 pagi hingga 9 malam. Namun, gerbang masuk JAQS akan ditutup di jam 8 malam. Jika ingin membawa si Kecil, Mama bisa melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu melalui website mereka di ticket.jakartaaquariumsafari.com.

Berikut harga tiket masuk JAQS yang dibedakan menjadi dua jenis, untuk dewasa (berlaku untuk semua orang dengan tinggi badan di atas 120 cm) dan juga untuk anak (berlaku untuk anak di atas 2 tahun dengan tinggi badan maksimal 120 cm).

Weekday Reguler (Dewasa: Rp 142.500 dan Anak: Rp 109.250)

  • Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat
  • 1x Masuk Ke Jakarta Aquarium
  • Menyaksikan Semua Pertunjukan Binatang
  • Berinteraksi Dengan Hewan
  • Menonton Pertunjukan Pearl Of The South Sea dan Bertemu Dengan Mermaid

Weekday Premium (Dewasa: Rp 190.000 dan Anak: Rp 142.500)

  • Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat
  • Akses keluar masuk area selama 4 jam
  • Bebas menyaksikan proses pemberian makan hewan ( Otter, Penguin, Piranha, Main Tank )
  • Berinteraksi dengan hewan ( Binturong, Meerkat, Macaw, Madagascar Cockroach, Touch Pool )
  • Meet and Greet dengan Mermaid dan menyaksikan pertunjukan Pearl of the South Sea Show
  • Akses ke Sea Explorer Simulator

Weekend Regular (Dewasa: Rp 166.250 dan Anak: Rp 142.500)

  • Sabtu, Minggu, Libur Nasional
  • 1x Masuk Ke Jakarta Aquarium
  • Menyaksikan Semua Pertunjukan Binatang
  • Berinteraksi Dengan Hewan
  • Menonton Pertunjukan Pearl Of The South Sea dan Bertemu Dengan Mermaid

Weekend Premium (Dewasa: Rp 213.750 dan Anak: Rp 166.250)

  • Sabtu, Minggu, Libur Nasional
  • Akses keluar masuk area selama 4 jam
  • Bebas menyaksikan proses pemberian makan hewan ( Otter, Penguin, Piranha, Main Tank )
  • Berinteraksi dengan hewan ( Binturong, Meerkat, Macaw, Madagascar Cockroach, Touch Pool )
  • Meet and Greet dengan Mermaid dan menyaksikan pertunjukan Pearl of the South Sea Show
  • Akses ke Sea Explorer Simulator

3. Banyak spot menarik

3. Banyak spot menarik
Jakartaaquariumsafari.com

Meski letaknya berada di sebuah pusat perbelanjaan, namun tempat wisata ini memang tak pernah sepi pengunjung, Ma. Ada banyak orangtua yang membawa putra putri mereka untuk menikmati keindahan bawah laut di dalam wisata akuarium indoor tersebut.

Tak hanya menyaksikan berbagai jenis satwa akuatik mau pun non-akuatik, ada pula beragam pertunjukan seru yang bisa dinikmati. Selain itu, Mama dan si Kecil juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik dan Instagram-able untuk berfoto.

Belum lagi, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas tempat makan yang unik dan seru nih, Ma. Di mana tersedia Pingoo Restaurant yang menyajikan makanan lezat dengan ditemani dek pantai yang indah, serta hewan Penguin yang pastinya sangat menggemaskan. 

4. Festival musim panas a la Jepang

4. Festival musim panas a la Jepang
Jakartaaquariumsafari.com

Di samping bisa melihat langsung berbagai satwa akuatik dan non-akuatik yang jarang ditemukan, JAQS juga kembali menawarkan program menarik yang bisa Mama dan si Kecil nikmati. Program kali ini merupakan festival musim panas a la Jepang yang bertajuk “MOSHI MOSHI”.

Festival MOSHI MOSHI sudah mulai dibuka pada 10 Juni lalu dan berakhir hingga 31 Juli 2022 mendatang. Berlibur a la Jepang tak perlu jauh-jauh, kini Mama bisa merasakan langsung di Jakarta Aquarium & Safari dengan tema Golden Gai Jepang.

Nantinya, di spot satu ini Mama dan anak bisa berfoto-foto seru di lorong tematik Shibuya yang cukup terkenal di Jepang, menguji adrenalin di wahana Shark Bite, mencicipi berbagai makanan khas Jepang, hingga mengambil mutiara Jepang dari cangkang kerang atau Pearl Harvesting.

Pastinya nggak kalah seru dengan melihat serangkaian satwa yang ada di dalam zona JAQS. Yuk, coba kunjungi juga spot a la Jepang satu ini.

5. Rute berkunjung ke Jakarta Aquarium

5. Rute berkunjung ke Jakarta Aquarium
Instagram.com/jakartaaquarium

Bagi Mama dan Papa yang berencana mengunjungi JAQS bersama si Kecil, berikut rute perjalanan yang bisa ditempuh sesuai dengan kendaraan yang digunakan, antara lain:

Naik kendaraan pribadi

Jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau pun motor, kita akan mencoba mengasumsikannya perjalanan dimulai dari tengah-tengah Kota Jakarta yaitu di Monumen Nasional (Monas). Maka rutenya adalah menuju ke Jalan Merdeka Barat, kemudian ke arah kiri menuju Jalan Majapahit. Dari titik ini, Mama dan Papa bisa lanjut ke Jalan Suryo Pranoto dan Jalan Tomang Raya, kemudian ke arah kanan menuju Jalan Letjen S. Parman. Nantinya di sebelah kiri jalan akan terlihat JAQS di Mall NEO SOHO.

Naik Transjakarta (Busway)

Jika Mama berencana mengajak si Kecil berkeliling Jakarta menggunakan Transjakarta atau Busway maka rute yang bisa ditempuh untuk mengunjungi JAQS adalah dengan pemberhentiaan terakhir di halte Transjakarta terdekat dengan Mall NEO SOHO, yaitu Halte S. Parman Podomoro City yang melayani koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), 9A (PGC-Pluit), 8 (Lebak Bulus via Tomang), dan 8A (Grogol 2). 

Nah, dari sini sudah nggak jauh kok, Ma. Cukup berjalan kaki sebentar sekitar 400 meter, lalu Mama dan si Kecil pun akan tiba di Mall NEO SOHO.

Naik KRL Commuter Line

Selain Busway, bagi Mama yang datang dari arah Bogor, Depok, Jakarta Kota dan ingin mengunjungi JAQS lebih mudah, maka bisa menggunakan KRL Commuter Line dan turun di Stasiun Tanah Abang atau Duri.

Dari stasiun Duri, lanjut naik KRL ke arah Tangerang dan turun di Stasiun Grogol. Kemudian, dari stasiun Grogol menyambung kendaraan Transjakarta koridor 9 dan turun di Halte S. Parman Podomoro City. Namun jika ingin lebih cepat, Mama bisa turun di Stasiun Tanah Abang da melanjutkan moda transportasi online untuk sampai ke JAQS.

Demikianlah informasi terkait Jakarta Aquarium & Safari yang bisa Mama ketahu sebelum mengajak si Kecil berkunjung. Bisa jadi ide wisata berlibur yang seru dan mengedukasi, yuk berkunjung ke Jakarta Aquarium!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk