Hindari Kesalahan Memberikan Cemilan pada Anak Berikut ini Yuk Ma!

Ternyata ini kesalahan memberikan cemilan pada anak yang sering Mama lakukan

5 November 2018

Hindari Kesalahan Memberikan Cemilan Anak Berikut ini Yuk Ma
Pexels/rawpixel.com

Hampir setiap orang suka ngemil, tak terkecuali anak. Cemilan pada anak, dapat menjadi salah satu asupan makanan yang dibutuhkan si Kecil dalam menunjang tumbuh kembangnya.

Mama yang anaknya berat badannya kurang, bahkan bisa menjadikan cemilan sebagai salah satu makanan pendamping guna memenuhi kebutuhan gizi anak.

Sayangnya, meski cemilan menjadi salah satu “jembatan” dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak, terkadang ada kesalahan dalam memberikan cemilan anak yang Mama lakukan.

Agar cemilan yang Mama berikan bermanfaat dan tidak membuat anak mengalami obesitas atau malas makan, berikut hal-hal yang harus Mama hindarkan dalam memberikan cemilan kepada anak:

1. Memberikan cemilan yang tidak sehat

1. Memberikan cemilan tidak sehat
Freepik

Terkadang tanpa disadari, kesalahan dalam memilih camilan untuk anak Mama lakukan. Dengan alasan lebih praktis dan anak suka, tak jarang Mama memberikan anak makanan ringan berupa cookies, kue, permen, keripik, atau makanan dalam kemasan lainnya.

Mama yang kerap memberikan camilan tersebut pada anak harus membatasinya. Sebab makanan tersebut cenderung berkalori tinggi, mengandung natrium dan gula yang tinggi, juga rendah akan kandungan nutrisinya. Jadi berikan camilan si Kecil lebih bijak ya Ma!

2. Terlalu sering memberikan cemilan

2. Terlalu sering memberikan cemilan
Freepik/Rawpixel.com

Terlalu sering meberikan cemilan kepada anak, terutama dalam jumlah yang banyak juga tidak baik lho Ma.

Sebab anak dapat menjadi malas makan sehingga saat jam waktu makan tiba, anak menjadi tidak berselera karena perut terbilang masih kenyang.

Selain karena membuat anak kenyang, anak juga jadi picky eater atau pilih-pilih makanan dan pada beberapa kasus, anak juga dapat menjadi obesitas karena terlalu banyak makan.

Baca juga: Begini Cara Nagita Slavina Saat Raftahar Suka Pilih-PIlih Makanan

Editors' Picks

3. Memberikan cemilan mendekati waktu makan

3. Memberikan cemilan mendekati waktu makan
Freepik

Kesalahaan memberikan cemilan kepada anak berikutnya adalah memberikan cemilan tersebut mendekati waktu makan.

Mama yang terbiasa melakukan hal ini harus merubahnya. Sebab, memberikan makanan ringan mendekati waktu makan dapat mengurangi nafsu makan anak. Anak dapat menjadi malas makan nantinya.

4. Memberikan cemilan dalam porsi besar

4. Memberikan cemilan dalam porsi besar
Freepik/Bearfotos

Meskipun anak menyukai cemilan yang Mama berikan atau Mama buat, namun jangan memberikan camilan tersebut dalam porsi yang besar.

Karena selain dapat menurunkan selera makan anak, cemilan dalam jumlah yang besar juga berisiko menyebabkan anak makan terlalu banyak. Ini dapat membuat anak kelebihan berat badan lho Ma!

Itulah kesalahan memberikan camilan yang terkadang tak disadari kerap Mama lakukan. Mama perlu segera merubah kebiasaan tersebut agar anak dapat hidup lebih sehat.

Baca juga: Ide Kreasi Cemilan untuk Anak! Dijamin Lebih Enak dan Sehat

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!