Masalah Kesehatan Anak Usia 4 Tahun: Masalah Tidur dan Imunisasi

Seperti apa masalah kesehatan dan fisik yang umumnya dialami anak usia 4 tahun? Simak di sini

18 November 2019

Masalah Kesehatan Anak Usia 4 Tahun Masalah Tidur Imunisasi
Freepik/spukkato

Di usia empat tahun, anak sedang dalam masa sangat aktif. Tidur, baik tidur siang maupun malam merupakan tantangan bagi orangtua.

Begitu pula urusan imunisasi, karena anak sudah mengerti rasa sakit dan ketakutan akibat jarum suntik.

"Aku Tidak Mau Tidur!"

"Aku Tidak Mau Tidur"
tulsapediatricsleepconsulting.com

Anak usia empat tahun memerlukan tidur selama 11,5 hingga 12 jam di malam hari. Waktu tidur ini memang cukup panjang, tetapi setara untuk mengembalikan energinya dan membantu pertumbuhannya. 

Namun, problem yang seringkali muncul adalah anak menolak tidur dan terjaga sepanjang malam. Apalagi jika di siang hari ia tidak beristirahat cukup. Alasan yang biasanya dikemukakan anak adalah takut gelap, takut monster atau hantu dan takut tidur sendirian. Hal ini mungkin tidak masuk akal bagi orang dewasa, tetapi bagi anak hal ini masalah besar yang mencemaskannya.

Yang bisa dilakukan orangtua adalah menciptakan ritual sebelum tidur yang menyenangkan dan menenangkannya. Misalnya, membacakan dongeng sebelum tidur. Atau menciptakan ritual imajinatif, seperti menyemprotkan 'spray anti-monster' ke seluruh penjuru kamar untuk memastikan ia bisa tidur tenang tanpa diganggu pemikiran-pemikiran menakutkan. 

Apapun pendekatan yang orangtua lakukan, pastikan melakukannya bertahap dan tidak tergesa-gesa agar anak dapat beristirahat dengan tenang dan mendapat waktu tidur yang cukup.

Editors' Picks

Menyiasati Drama Kunjungan ke Dokter

Menyiasati Drama Kunjungan ke Dokter
Freepik/A3pfamily

Di usia empat tahun, anak mulai punya rasa kekhawatiran terhadap suntikan. Bahkan jika itu hanya untuk kunjungan reguler ke dokter. Satu hal yang pasti, jangan berbohong pada anak. Akan jauh lebih baik jika ia tahu jika ia akan disuntik ketimbang tiba-tiba dokter melakukan tindakan. Hal ini akan mengakibatkan trauma di masa depan.

Sebelum berangkat ke dokter, jelaskan dengan bahasa sederhana tindakan apa yang akan didapatkannya nanti. Imunisasi memang rasanya sedikit sakit, tapi akan membuatnya sehat sehingga bisa bermain. Rasa sakitnya hanya akan bertahan semenit, lalu semuanya akan berakhir segera.

Mama bisa mempersiapkan benda-benda atau aktivitas kesukaan saat ia disuntik nanti. Misalnya, mainan, selimut kesayangan, video favoritnya atau pun nyanyian, yang bertujuan mengalihkan rasa takut dan sakit akibat suntikan nanti.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.