TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Obat Cacar Air untuk Balita, Bisa Diobati dari Rumah

Mama dapat menerapkan obat cacar air untuk balita ini di rumah untuk mempercepat penyembuhan

9 Agustus 2022

6 Obat Cacar Air Balita, Bisa Diobati dari Rumah
Freepik/Natusm

Cacar air adalah salah satu penyakit yang kerapkali dialami anak usia di bawah 10 tahun. Penyakit yang ditularkan oleh virus varicella-zoster ini menyebar melalui air liur maupun cairan dari benjolan cacar yang pecah.

Orangtua harus segera memeriksakan anak ke dokter apabila dicurigai mengalami cacar air agar mendapatkan pengobatan yang tepat, sembari memberikan perawatan rumahan.

Berikut ini Popmama.com merangkum obat cacar air untuk balita yang dapat mama terapkan di rumah saat anak menderita cacar air.

1. Acyclovir

1. Acyclovir
Freepik/Savvapanf

Acyclovir adalah obat antivirus yang biasanya diberikan sebagai antivirus untuk mempercepat penyembuhan ruam dan lenting akibat cacar air.  

Acyclovir tersedia dalam 3 bentuk, yaitu tablet, salep, dan cairan infus. Obat ini bekerja lebih efektif apabila diberikan pada anak dalam waktu 24-48 jam sejak kemunculan ruam pertama di kulit.

2. Obat pereda demam dan nyeri

2. Obat pereda demam nyeri
Freepik/user18526052

Cacar air biasanya menimbulkan gejala berupa demam dan nyeri pada tubuh anak. Gejala ini dapat diatasi dengan pemberian ibuprofen atau paracetamol. Namun, agar lebih aman, sebaiknya mama berkonsultasi dengan dokter untuk pemberian obat-obatan yang ditujukan untuk meredakan demam dan nyeri agar dosis yang diberikan sesuai.

Editors' Picks

3. Lotion pereda gatal

3. Lotion pereda gatal
Pixabay.com/AdoreBeautyNZ
Ilustrasi

Di apotek terdapat berbagai lotion pereda gatal yang dapat digunakan untuk menenangkan kulit anak yang terasa gatal akibat ruam dan lenting. Caladine, contohnya. Lotion pereda gatal ini digunakan sebagai perawatan pendamping untuk membantu anak agar lebih nyaman. 

Hati-hati saat mengoleskan lotion ya, Ma. Pastikan mengoleskan lotion dengan lembut agar lenting cacar tidak pecah.

4. Mandi dengan oatmeal

4. Mandi oatmeal
Pixabay/sunxiaoji

Oatmeal bukan hanya saja enak disajikan sebagai makanan, melainkan juga dapat menjadi obat cacar untuk balita. Mencampurkan oatmeal ke dalam air mandi anak dapat memberikan rasa nyaman pada kulit anak yang gatal karena oatmeal memiliki sifat antiradang. 

Cara mandi dengan oatmeal sebagai obat cacar air untuk balita sangat mudah kok, Ma. Mama bisa menumbuk halus oatmeal tanpa rasa hingga halus. Campurkan ke dalam bak mandi yang sudah diberi air dingin kemudian biarkan anak mandi menggunakan air tersebut.

5. Mandi dengan soda kue

5. Mandi soda kue
Pixabay/NatureFriend

Perawatan lain yang dapat diterapkan sebagai obat cacar air untuk balita adalah dengan mandi air soda kue. Karena sifatnya yang dapat menetralkan asam pada kulit, soda kue cocok digunakan untuk campuran air mandi penderita cacar air.

Mama cukup mencampurkan soda kue secukupnya ke dalam bak mandi yang sudah diisi air hangat. Biarkan anak berendam di dalamnya selama 15 menit hingga seluruh badannya terkena air soda kue. Kemudian bilas tubuh anak dengan air bersih.

6. Kompres dengan teh chamomile

6. Kompres teh chamomile
Pixabay/congerdesign

Siapa sangka ternyata teh chamomile dapat menjadi perawatan pendukung obat cacar air untuk balita? Mama cukup menyeduh teh chamomile menggunakan air hangat di baskom. Kemudian celupkan kain atau handuk ke dalam larutan teh chamomile tersebut dan basuhkan ke area kulit anak yang gatal. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya. 

Itulah beberapa obat cacar air untuk balita beserta perawatan pendukungnya. Umumnya cacar air pada anak membutuhkan waktu antara 7-14 hari hingga sembuh sepenuhnya. Selama rentang waktu tersebut, pastikan anak tidak keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang agar virus tidak menyebar lebih banyak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk