5 Cara Pemakaian Makeup Waterproof yang Tepat

Perlu diperhatikan ya agar kulit nggak rusak

16 Mei 2019

5 Cara Pemakaian Makeup Waterproof Tepat
Freepik

Kini banyak pilihan produk kosmetik semakin beragam.

Bagi kamu yang selalu memakai kosmetik yang tahan lama dan tak mudah luntur, produk waterproof menjadi pilihan dalam kesehariannya.

Pakai riasan waterproof tentunya jadi lebih hemat waktu. Namun agar makeup yang kamu pakai dapat terhindar dari risiko kulit rusak.

Baca dulu tipsnya dari Popmama.com di bawah ini agar kulit tetap sehat terjaga. Berikut 5 cara pemakaian makeup waterproof yang tepat.

1. Hindari produk dengan kandungan silikon

1. Hindari produk kandungan silikon
Unplash/Harper Narragon

Kandungan silikon umumnya ditemukan dalam foundation waterproof jenis krim. Fungsi dari silikon itu sendiri dalam alas bedak adalah menjaga agar riasan tidak cepat luntur meski terkena air hujan atau saat berwudhu.

Tapi sayangnya kandungan silikon di sebuah produk makeup dapat menyebabkan iritasi, jerawat dan menyumbat pori-pori pada kulit.

Silikon adalah salah satu komposisi dalam produk kecantikan yang juga akan membuat skin care tidak bisa terserap dengan baik pada kulit.

2. Mengaplikasikan moisturizer yang tepat

2. Mengaplikasikan moisturizer tepat
Freepik

Produk makeup berbahan dasar waterproof tetap perlu mengaplikasikan moisturizer pada wajah.

Penggunaan moisturizer yang sesuai akan membantu foundation kamu tetap menempel dengan baik dan optimal pada wajah, sehingga dapat menghindari tampilan makeup yang menggumpal. 

Jadi pastikan sebelum memakai makeup kamu sudah memoleskan krim mousturizer di wajah, ya.

Editors' Picks

3. Memakai produk yang mengandung bahan polimer

3. Memakai produk mengandung bahan polimer
Freepik/javi_indy

Ternyata polimer adalah bahan dasar yang paling umum ditemukan dalam kosmetik berbahan dasar waterproof. Fungsinya pun dapat membuat riasan jadi lebih tahan lama menempel di kulit wajah.

Sementara kandungan polimer lebih aman daripada silikon.

Dalam poin ini kamu dapat mencari produk kosmetik yang mengandung polimer jenis acrylates copolymer dan isododecan, karena dua kandungan tersebut dinilai lebih aman dan tidak akan membahayakan kulit wajahmu.

4. Memilih makeup remover dengan formula yang tepat

4. Memilih makeup remover formula tepat
Freepik/margarita88

Siapa bilang makeup waterproof lebih sulit dihapus dan memerlukan usaha lebih untuk bisa dihilangkan?

Nah, untuk membersihkan hasil riasan yang tepat kamu harus membutuhkan makeup remover dengan kandungan minyak yang memang dikhususkan menghilangkan makeup waterproof.

Pilihlah makeup remover yang memiliki formula khusus, sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam menghapus makeup di wajah. Saat membersihkannya usahakan mengusap wajah dengan perlahan.

5. Memerhatikan waktu pemakaian

5. Memerhatikan waktu pemakaian
Unplash/Raphael Lovaski

Langkah selanjutnya dalan memakai makeup waterproof yakni lebih selektif dalam memilih produk dengan kandungan yang jelas dan tidak menyebabkan masalah di kulit.

Namun makeup waterproof tidak disarankan untuk dipakai setiap hari, ya. Sebab makeup waterproof tidak memiliki formula dengan komposisi yang aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu sebaiknya kamu tidak memakai makeup waterproof terlalu sering dan dalam batasan waktu yang wajar. Kamu hanya boleh menggunakannya selama delapan jam saja. Jika melebihi batas waktu itu, biasanya akan menimbulkan masalah kulit.

Usahakan pemakaiannya maksimal 2 kali dalam seminggu, dengan begitu kulitmu masih bisa bernapas lega.

Itulah 5 tata cara mengaplikasikan makeup waterproof dengan tepat. Di balik keistimewaannya, apabila terlalu sering memakai makeup waterproof bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Pasalnya kosmetik dengan waterproof lebih mudah menutup pori-pori kulit wajah.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!