8 Jenis dan Fungsi Makeup Brush yang Harus Kamu Ketahui

Kamu sering menggunakan kuas makeup?

23 Juni 2020

8 Jenis Fungsi Makeup Brush Harus Kamu Ketahui
Freepik

Salah satu peralatan makeup yang bisa membantu kamu adalah kuas. Biasanya terdiri dari satu set atau satuan, kuas makeup akan mempermudah pengaplikasian riasan jadi lebih sempurna.

Bentuknya beragam, kuas kosmetik juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Supaya tidak salah pakai, kamu perlu ketahui lebih jauh berbagai jenis brush makeup agar hasil riasan lebih merata dan flawless.

Popmama.com akan menjabarkan 8 jenis makeup brush beserta fungsinya. Tentunya beragam jenis kuas di bawah ini merupakan kuas inti yang wajib kamu miliki jika ingin melakukan riasan lengkap dari langkah awal hingga akhir.

1. Eyeshadow brush

1. Eyeshadow brush
Freepik

Sesuai namanya, kuas yang ujungnya mungil ini dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata.

Bentuknya yang melengkung untuk memudahkan proses membaurkan eyeshadow agar riasan mata bisa bertransisi dengan lembut, sehingga pemakaian eyeshadow terlihat lebih natural.

Kuas makeup ini bisa mengaplikasikan eyeshadow di kelopak mata dengan intens, baik eyeshadow matte maupun shimmer.

Cara pakainya sangat mudah, gerakan brush pada kelopak mata sampai tercipta gradasi. Hindari menekan brush dengan kencang, cukup lakukan gerakan memutar secara lembut.

2. Fan brush

2. Fan brush
Freepik/elnurfreepik

Jenis kuas makeup selanjutnya ialah fan brush.

Bentuknya yang pipih dan melebar seperti kipas fungsinya untuk mengaplikasikan highlighter pada tulang pipi atau rahang.

Sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan fan brush. Padahal kuas ini wajib dimiliki untuk menggunakan produk berbentuk powder, cream atau cair ke sekitar tulang pipi, hidung, dahi, dan dagu. 

Selain itu fan brush bisa merapikan bronzer, blush on maupun bedak tabur pada pipi untuk memberikan pigmen blush yang sempurna dan lembut.

Cara pakainya hanya sapukan ke tulang pipi dan dapat digunakan sebagai finishing makeup.

3. Eyeliner brush

3. Eyeliner brush
Freepik/Rawpixel.com

Jenis kuas selanjutnya ada eyeliner brush. Fungsinya untuk mengaplikasikan eyeliner cair maupun eyeliner bubuk.

Dengan memakai eyeliner brush maka kamu bisa menciptakan winged eyeliner.

Pada umumnya kuas makeup ini berbentuk tipis dan memiliki ujung meruncing yang berukuran sangat kecil. Oleh karenanya eyeliner brush dapat menjangkau area-area yang membutuhkan sudut atau kurva.

Cara pakainya cukup gunakan ujung tajam kuas eyeliner untuk membentuk garis di bagian bawah kelopak mata.

Editors' Picks

4. Mascara brush

4. Mascara brush
Freepik/fabrikasimf

Makeup memang membuat wajah seseorang menjadi lebih menarik, salah satunya penggunaan mascara.

Jenis kuas makeup berikutnya ada mascara brush. Di mana mascara merupakan cara yang sangat mudah untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal.

Kuas ini lebih dikenal dengan sikat bulu mata, yaitu juga dapat digunakan untuk menyikat alis agar tampak natural.

Penggunaan mascara brush akan menjadikan tampilan bulu mata kamu lebih presisi dan bulu mata pun tertutupi dengan maskara. Pengaplikasian kuas ini agar tidak menggumpal dan berantakan saat memakai mascara.

Tapi sebaiknya pilihlah mascara brush terbaik untuk menghasilkan bulu mata yang terlihat tebal dan panjang.

5. Foundation brush

5. Foundation brush
Freepik

Jenis kuas makeup yang bisa kamu pakai yaitu foundation brush. Kuas ini biasanya berbentuk pipih dengan bulunya yang sangat rapat dan halus. Namun, ada beberapa produk yang juga meluncurkan kuas foundation berujung datar.

Fungsi utama dari kuas ini adalah untuk membaurkan foundation di permukaan kulit wajah agar menghasilkan kesan matte dan natural.

Foundation brush dikatakan berkualitas apabila kamu bisa menggunakan dan membaurkan foundation tanpa masalah atau berantakan.

Bulu-bulu pada kuasnya yang lembut membuat hasil akhir foundation yang lebih merata. Cara pakainya hanya sapukan kuas foundation yang sudah dibubuhi foundation dengan mengikuti arah rambut wajahmu.

6. Lash brow brush

6. Lash brow brush
Freepik/Wavebreakmedia

Biasanya lash brow lebih familiar dipanggil sikat alis. Kuas alis ini sangat fleksibel karena bisa digunakan pada produk berbahan bubuk atau gel.

Sikat alis memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda.

Sisi yang berbentuk sisir berfungsi untuk menyisir bulu mata dan membersihkan gumpalan maskara yang mungkin tertinggal saat pengaplikasian maskara.

Sedangkan sisi satunya yang berbentuk mirip sikat gigi gunanya untuk menyisir alis.

Membentuk dan mengisi alis sangatlah penting, sebab alis bisa membingkai dan mempertajam wajah seseorang. 

Cara pemakaiannya cukup mudah, ambil sedikit powder brow atau gel brow menggunakan ujung brush. Lalu bingkai alis sesuai bentuk yang kamu inginkan dan isilah bagian-bagian kosong alis agar tercipta hasil warna yang lebih merata.

7. Lip brush

7. Lip brush
Freepik/pressahotkey

Lip brush dirancang untuk membentuk garis bibir dan mengatur intensitas warna lipstik sesuai keinginan.

Biasanya penggunaan lip brush untuk mengaplikasikan lipstick palette atau lipstick matte. Bentuknya tipis dan ujungnya yang lancip, sehingga mampu membentuk garis bibir secara presisi.

Bulu-bulu kuasnya akan membantu kamu menyempurnakan pengaplikasian lipstik menjadi lebih sempurna.

Selain itu menggunakan lipstik dengan lip brush membuat bibir flawless dan lebih higienis dibanding memulas lipstik secara langsung ke bibir. Tentu hal itu akan merawat kulit bibir kamu yang terjaga kebersihannya. 

Cara pakainya dengan penuhi lipstik di kuas dan mulailah ratakan lipstik favoritmu di bibir.

8. Powder brush

8. Powder brush
Freepik

Berbeda dari jenis makeup brush sebelumnya, powder brush memiliki bulu yang padat dan tebal. Powder brush biasanya digunakan untuk mengikat foundation dan membubuhkan bedak pada seluruh wajah.

Ujung bulunya cenderung menebal dengan fungsi sebagai pembauran dari foundation, contouring, dan compact powder atau loose powder.

Biasanya powder brush memiliki tiga pilihan ukuran, yakni kecil, medium, dan besar. Tentu saja setiap ukuran brush mempunyai ketepatan berbeda pada wajah masing-masing orang, tergantung luasan detail wajah orang tersebut

Cara penggunaan powder brush cukup mudah, kamu hanya tinggal mengambil sedikit bedak tabur di ujung kuas dan tepuk-tepuk perlahan ke bagian wajah yang ingin ditutupi. Maka riasan wajahmu akan tampak natural.

Ternyata makeup brush memang sangat berguna untuk memaksimalkan riasan wajah seseorang. Jangan lupa untuk menjaga kuas tetap awet dan bersih, cucilah kuas maksimal seminggu sekali. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.