Selain untuk Takjil, Kurma Bisa Menunjang Kecantikan Selama Puasa

Dikenal sebagai menu buka puasa, kurma juga bisa menunjang kecantikan perempuan

29 April 2020

Selain Takjil, Kurma Bisa Menunjang Kecantikan Selama Puasa
Freepik

Bulan puasa itu pasti identik dengan buah kurma ya, Ma.

Buah kurma seolah menjadi primadona dan favorit banyak orang di saat bulan puasa tiba. Kurma memang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, sehingga saat makan buah yang satu ini energi Mama yang terkuras setelah seharian berpuasa bisa cepat kembali.

Selain itu mengonsumsi buah kurma secara rutin sepanjang bulan puasa juga bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Berikut 7 manfaat buah kurma untuk kecantikan Mama yang Popmama.com rangkum untuk MMama.

1. Melembutkan kulit

1. Melembutkan kulit
Freepik

Seberapa sering makan kurma di bulan puasa tahun ini nih, Ma? Rutin mengonsumsi buah kurma bisa membuat kulit Mama semakin lembut lho.

Kelembutan kulit Mama bisa terbantu karena buah kurma sendiri mengandung banyak sekali vitamin A, C dan E. Vitamin yang terkandung di dalam buah kurma cukup baik dalam meregenerasi kulit.

Buah kurma sendiri bisa Mama pergunakan sebagai masker wajah nih. Masker buah kurma ini bisa membantu dalam melembutkan kulit wajah.

Untuk mendapatkan khasiat dari masker buah kurma, Mama harus konsisten dan rutin menggunakannya ya. Mama setidaknya memakai masker sekali dalam seminggu.

2. Mengatasi kulit kusam

2. Mengatasi kulit kusam
Freepik

Sebagai perempuan, Mama pasti melakukan kebiasaan yang justru membuat kulit semakin kusam ya.

Mulai dari salah memilih skincare, tidak membersihkan wajah setelah memakai produk kecantikan, terkena polusi dan papasan sinar matahari, pola tidur yang kurang baik hingga mengalami stres karena punya banyak masalah.

Beberapa faktor di atas itu akan memicu kulit wajah menjadi kusam, seolah tidak dirawat. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini. Mama membutuhkan kandungan vitamin A, B5 dan asam pantotenat di dalam buah kurma.

Kandungan buah kurma dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak terkesan kusam. Selain langsung mengangkat kulit mati, buah kurma juga mampu memperbaiki jaringan serta sel-sel kulit Mama yang sudah rusak.

Editors' Picks

3. Mencegah iritasi kulit

3. Mencegah iritasi kulit
Freepik

Kondisi kulit Mama termasuk yang sensitif atau tidak nih?

Untuk Mama yang punya ketakutan karena kulit yang sensitif, jangan terlalu panik ya.

Berhubung lagi bulan puasa, Mama harus bisa lebih rajin untuk mengonsumsi buah kurma nih. Kandungan yang cukup banyak pada buah kurma akan memberikan nutrisi untuk kesehatan kulit Mama.

Khasiat dari buah yang satu ini bisa mencegah timbulnya merah-merah pada kulit akibat iritasi. Kalau Mama ingin tetap menjaga kecantikan kulit, buah kurma bisa menjadi salah satu alternative yang wajib dikonsumsi.

4. Mencegah penuaan dini

4. Mencegah penuaan dini
Freepik/whatwolf

Memperhatikan dan menjaga kesehatan kulit harus tetap dilakukan ya, Ma.

Apalagi kalau kesehatan kulit Mama terjaga dengan baik bisa mencegah penuaan dini. Jangan sampai kerutan di wajah mulai perlahan-lahan muncul, padahal belum waktunya.

Sebuah penelitian berhasil membuktikan jika buah kurma mengandung antioksidan tinggi, sehingga cukup ampuh dalam mencegah kerusakan sel tubuh. Berguna sekali dalam mengatasi pengaruh buruk akibat radikal bebas.

Antioksidan dalam buah kurma memang bekerja di dalam tubuh, namun juga berguna saat menangkal radikal bebas yang bisa dengan mudahnya menyerang kulit dari luar.

Mama harus bisa mengonsumsi buah kurma secara teratur, setidaknya jadikan ini buah wajib disaat berbuka puasa dan sahur. Dengan begitu, kulit Mama akan semakin terhindar dari radikal bebas sehingga kulit wajah terlihat lebih awet muda.

Kalau kulit terlihat lebih kencang dan awet muda, Mama juga pasti akan semakin senang kan. Jadi tidak perlu lagi melakukan operasi-operasi yang tentunya punya efek samping tersendiri.

5. Mempercantik rambut

5. Mempercantik rambut
Freepik/whatwolf

Tak hanya menyehatkan kulit saja lho, Ma. Buah kurma juga bisa membantu Mama dalam mempercantik rambut.

Dengan rutin mengonsumsi kurma, rambut Mama jadi lebih indah dan bercahaya. Selain itu, Mama tidak perlu menggunakan pewarna buatan saat punya keinginan untuk menghitamkan rambut. Hanya tinggal mengoumsi buah kurma secara rutin, kehitaman rambut akan tetap terjaga.

Kalau Mama masih kurang percaya, langsung saja mengonsumsi buah kurma sepanjang bulan puasa ini. Lalu lihatlah perubahan yang terjadi pada rambut Mama ya.

6. Menjaga kesehatan rambut

6. Menjaga kesehatan rambut
Freepik

Vitamin B5 atau asam pantotenat merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan rambut nih. Apalagi perempuan biasanya sangat menjaga kesehatan rambutnya.  

Kalau Mama mengonsumsi buah kurma, ini akan mencegah beberapa masalah rambut. Mulai dari rambut yang kering, rapuh hingga bercabang. Kadang suka gemas sendiri ya Ma, kalau kondisi rambut sudah seperti ini.

Perlu Mama ketahui juga nih kalau buah kurma juga bisa menyehatkan kulit kepala dan akar rambut.

Nutrisi pada buah kurma akan membuat akar rambut serta kulit kepala menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya.

7. Mengatasi rambut rontok

7. Mengatasi rambut rontok
Unsplash/Tim Chow

Kandungan vitamin B di dalam buah kurma memang punya banyak manfaatnya nih untuk Mama. Vitamin B mampu mengatasi permasalahan rambut yang umum dialami setiap perempuan, termasuk Mama.

Untuk merasakan manfaat dari buah kurma, selain dikonsumsi secara rutin juga bisa dijadikan masker rambut.

Sari-sari dari buah kurma di dalam masker rambut membuat kerontokan akan berkurang secara perlahan-lahan. Mama hanya perlu konsisten melakukan ini agar terhindar dari kebotakan.

Selain itu, biji dari buah kurma juga baik dalam mengatasi kebotakan secara alami lho.

Kurma yang biasanya hanya dijadikan cemilan atau takjil untuk berbuka puasa, ternyata punya manfaat lain untuk kecantikan Mama.

Sekarang gimana nih Ma, sudah siap mengonsumsi buah kurma secara rutin?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.