7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Bahan alami ini bisa bantu mengatasi wajah yang berminyak lho, Ma

9 Januari 2021

7 Bahan Alami Mengatasi Kulit Berminyak
Freepik/master1305

Kulit berminyak dapat terjadi ketika kelenjar keringat menghasilkan terlalu banyak sebum, kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit. Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak, namun tidak semua sebum dapat membantu melindungi dan melembabkan kulit.

Terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak yang kemudian akan membuat pori-pori tersumbat dan berjerawat. Banyak faktor yang menyebabkan meningkatnya produksi sebum perubahan hormon atau stres.

Kulit yang berminyak sulit untuk ditangani, tetapi biasanya dapat di obati dengan toner sebagai skincare yang dapat mengurangi jerawat akibat kulit yang berminyak. Namun, ternyata ada beberapa cara alami yang bisa Mama gunakan untuk mengurangi kulit berminyak.

Untuk itu, Popmama.comtelah merangkum 7 cara yang bisa Mama coba untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Ada apa saja, ya?

1. Rajin mencuci muka

1. Rajin mencuci muka
Freepik/torwaiphoto

Sepertinya bukan hal yang baru bagi kita semua jika mencuci wajah adalah hal yang paling utama dalam melakukan perawatan kecantikan. Banyak orang dengan kulit berminyak disebabkan oleh tidak mencuci muka setiap hari.

Jika Mama memiliki kulit yang berminyak, maka Mama harus mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Hindari penggunaan sabun pencuci muka yang terlalu keras untuk wajah Mama untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

2. Menggunakan masker dari tanah liat

2. Menggunakan masker dari tanah liat
Pexels/Shiny Diamond

Tanah liat yang diperuntukkan untuk kecantikan bisa membantu Mama mengatasi kulit berminyak. Tanah liat dapat membantu menyerap minyak yang berlebihan pada kulit dan menjaga kesehatan wajah dari berbagai kondisi kulit.

Mama bisa mencampurkan 1 sendok teh bubuk tanah liat dengan air mawar secukupnya hingga menjadi seperti pasta.

Setelahnya aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa saat sampai mengering, baru kemudian bilas dengan air hangat. Akan lebih baik jika menggunakan masker yang dibersihkan dengan cara dibilas dibandingkan dengan masker peel off.

Editors' Picks

3. Oatmeal untuk menenangkan kulit yang meradang

3. Oatmeal menenangkan kulit meradang
Pexels/Polina Kovaleva

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak yang berlebih. Selain itu, oatmeal juga membantu mengelupas kulit mati yang ada pada wajah.

Untuk digunakan sebagai masker, biasanya oatmeal akan digiling menjadi lebih halus kemudian campurkan dengan sedikit yogurt atau madu sampai terbentuk menjadi pasta.

Pijat adonan tadi ke wajah selama sekitar 3 menit kemudian bilas dengan air hangat. Atau Mama bisa mengaplikasikannya sebagai masker dan diamkan selama 10-15 menit sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

4. Antiseptik dalam madu untuk melembabkan

4. Antiseptik dalam madu melembabkan
Freepik/Racool_studio

Madu adalah salah satu bahan perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Antibakteri dan antiseptik nya memberikan manfaat yang sangat baik untuk kulit berminyak dan juga rentan akan jerawat.

Madu merupakan humektan alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan menghilangkan minyak yang ada pada kulit.

Mama bisa menggunakan madu untuk kulit berminyak dengan cara mengoleskannya secara tipis dan diamkan sampai mengering selama 10 menit, baru setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Kandungan asam salisilat dalam tomat untuk membuka pori-pori

5. Kandungan asam salisilat dalam tomat membuka pori-pori
Freepik/Alphacell

Kandungan asam salisilat yang ada dalam tomat biasa digunakan untuk mengatasi jerawat. Namun ternyata, kandungan asam dalam tomat juga dapat membantu untuk menyerap minyak berlebih yang ada pada kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat akibat minyak.

Cara mudahnya Mama bisa mencuci bersih tomat kemudian potong tipis-tipis dan letakkan pada wajah.

Atau Mama bisa mencampurkan 1 sendok the gula pasir dengan 1 buah tomat kemudian oleskan ke kulit dengan gerakan melingkar. Diamkan selama kurang lebih 5 menit baru kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

6. Kacang almond mampu menghilangkan kotoran di wajah

6. Kacang almond mampu menghilangkan kotoran wajah
leaf.nutrisystem.com

Kacang almond tidak hanya berfungsi untuk mengelupas kulit mati saja, tetapi juga membantu untuk menyerap minyak berlebih pada kulit dan juga menghilangkan kotoran di wajah. Mama bisa memanfaatkan khasiat dari almond dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Campurkan 3 sendok teh almond mentah yang sudah dihaluskan sebelumnya dengan 2 sendok makan madu mentah. Aplikasikan ke wajah dengan lembut sambil dipijat secara melingkar, kemudian diamkan hingga mengering baru dibilas dengan menggunakan air yang hangat.

7. Lidah buaya untuk melembabkan

7. Lidah buaya melembabkan
letsexpresso.com

Lidah buaya dikenal untuk meredakan luka bakar dan kondisi peradangan kulit yang lainnya. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu untuk mengatasi kulit yang bersisik akibat dari bercak berminyak sehingga akan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak,

Caranya cukup mudah karena Mama hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya dengan tipis ke kulit yang berminyak sebelum tidur dan mendiamkannya sampai pagi, baru setelah itu bilas dengan cara mencuci muka.

Lidah buaya dapat menyebabkan alergi bagi sebagian orang, oleh karena itu segera hentikan penggunaan lidah buaya jika mengalami reaksi tak biasa setelah pemakaian.

Beberapa cara ini mungkin tidak akan cocok untuk semua orang karena beberapa diantara mereka memiliki alergi terhadap bahan-bahan alami tersebut. Jika Mama merasakan gatal, kulit kemerahan, atau kulit terasa panas segera hentikan perawatan ini untuk menghindari masalah kulit yang lebih serius.

Semoga bisa bermanfaat untuk Mama yang ingin mengurangi minyak di wajah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.