6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Bahannya mudah untuk ditemukan

13 Januari 2022

6 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Luka Menghitam
Freepik/wayhomestudio

Seringkali luka yang ada pada kulit akan meninggalkan bekas dan membuatnya sulit untuk dihilangkan dan seiring berjalannya waktu akan menghitam. Bekas luka yang mulai menghitam tentunya dapat mempengaruhi penampilan dan terasa tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri.

Tapi Mama tak perlu lagi merasa khawatir, karena kali ini Popmama.com telah merangkum 6 cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam pada kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami. Yuk, disimak!

1. Madu yang kaya akan anti-mikroba

1. Madu kaya akan anti-mikroba
Pexels/Pixabay

Seperti sudah menjadi hal yang umum bahwa madu memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan kulit. Madu dikenal memiliki sifat anti-mikroba, anti jamur, dan juga anti radang yang dapat mengembalikan wana kulit asli.

Mama hanya perlu mengoleskan madu secara rutin pada daerah luka yang menghitam dan diamkan selama 20-30 menit. Baru setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Mendukung pergantian sel dengan mentimun

2. Mendukung pergantian sel mentimun
Pixabay/Monica1607

Tak hanya untuk dikonsumsi, mentimun juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam pada kulit. Mentimun dipercaya dapat mendorong pergantian sel-sel kulit baru karena kaya akan mineral dan vitamin.

Iris mentimun secara tipis kemudian aplikasikan pada daerah bekas luka dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam 1 minggu.

Editors' Picks

3. Minyak zaitun yang kaya akan vitamin K

3. Minyak zaitun kaya akan vitamin K
Pixabay/stevepb

Minyak alami yang satu ini memang dikenal memiliki berbagai macam manfaat untuk kulit, seperti salah satunya adalah dapat menghilangkan bekas luka. Minyak zaitun kaya akan vitamin K, vitamin E, antioksidan, dan jug asam yang tinggi sehingga akan bekerja secara efektif untuk menghilangkan bekas luka.

Mama bisa mencampurkan minyak zaitun secukupnya dengan sejumput baking soda lalu gosok pada bekas luka. Lakukan secara perlahan dan gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Jeruk nipis untuk memperkuat kolagen

4. Jeruk nipis memperkuat kolagen
Pixabay/azzurrodesign

Kolagen memang sangat dibutuhkan oleh kulit agar tetap terjaga kesehatannya. Jeruk nipis dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C dan juga flavonoid yang merupakan antioksidan untuk memperkuat kolagen yang akan bekerja secara efektif untuk mengembalikan warna kulit yang menghitam.

Iris tipis jeruk nipis kemudian gosok pada area kulit yang memiliki bekas luka menghitam, kemudian diamkan selama 10-25 menit baru setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam 1 minggu ya, Ma.

5. Gunakan lidah biaya untuk mendorong sel kulit baru

5. Gunakan lidah biaya mendorong sel kulit baru
Freepik/Daviles

Lidah buaya memang dikenal memiliki berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan kulit atau rambut. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin E dan vitamin A yang dapat menghilangkan bekas luka.

Selain itu lidah buaya juga mengandung auksin yang dapat membantu untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Mama bisa menggunakan lidah buaya asli yang sudah dikupas dan dibersihkan sebelumnya dan aplikasikan pada bekas luka. Lakukan selama 15 menit baru kemudian bilas dengan bersih.

6. Mencerahkan kulit dengan kunyit

6. Mencerahkan kulit kunyit
Pixabay/stevepb

Kandungan anti-oksidan dan juga kurkumin yang ada pada kunyit dapat membuat kulit menjadi lebih cerah sehingga dapat digunakan untuk mengatasi bekas luka yang menghitam. Tak hanya itu saja, kunyit juga akan membuat kulit menjadi lebih lembut.

Haluskan kunyit secukupnya dan campur dengan sedikit madu dan aduk hingga merata. Baru setelahnya aplikasikan secara merata dan diamkan selama 20-30 menit baru setelahnya bilas dengan menggunakan air dingin.

Nah, itulah enam bahan alami yang bisa Mama gunakan untuk mengatasi bekas luka yang menghitam pada kulit. Bahan-bahannya bisa dengan udah Mama temukan lho. Jadi, Mama tertarik untuk mencoba cara yang mana?

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk