dr. Richard Lee Bongkar Kandungan Produk Skin Care Viral, Apakah Aman?

Produk Scarlett Whitening yang banyak digunakan dibongkar kandungannya oleh dr. Richard Lee

19 Januari 2021

dr. Richard Lee Bongkar Kandungan Produk Skin Care Viral, Apakah Aman
Instagram.com/dr.richard_lee

Body lotion menjadi salah satu item perawatan kulit yang paling dasar dan bisa digunakan oleh siapapun. Body lotion berguna untuk melembapkan kulit, membuat kulit cerah, dan meratakan warna kulit.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih body lotion yang aman karena saat ini banyak produk lotion yang tersebar tanpa adanya nomor BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Banyak produk lotion yang dijual dengan iming-iming dapat mencerahkan kulit secara instan.

Seperti yang disebutkan oleh Pakar Dermatologi dr. Richard Lee, MARS dalam akun YouTube-nya, penggunaan body lotion yang tidak aman akan membuat kulit menjadi kemerahan dan rusak.

Satu produk body lotion yang dikenal oleh banyak orang karena berbagai macam manfaatnya adalah Scarlett Whitening. Produk ini sudah digunakan oleh banyak orang karena dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kulit.

Untuk mengetahui manfaat lebih lanjut dari Produk ini, dr. Richard memberikan review mengenai Scarlett Whitening melalui akun YouTube Miliknya. Kali ini, Popmama.comtelah merangkum isi video yang di ulas oleh dr. Richard Lee.

1. Body lotion seperti apa yang tidak aman untuk kulit?

1. Body lotion seperti apa tidak aman kulit
Freepik/diana.grytsku

Dalam akun YouTube-nya, dr. Richard menjelaskan bahwa wajib kita memerhatikan kandungan yang terdapat pada lotion yang di pakai adalah hal yang sangat penting. "Jangan memakai body lotion yang mengandung Hydroquinone dan Mercury dengan iming-iming dapat mencerahkan dengan cepat," katanya. 

Khususnya hydroquinone, kandungan ini memerlukan resep dokter untuk digunakan dan tidak boleh digunakan sembarangan.

Fungsi body lotion adalah untuk melembapkan kulit yang kering, namun jika memakai lotion dengan kandungan ini secara terus menerus akan menyebabkan iritasi pada kulit yang kering.

Editors' Picks

2. Apakah Scarlett Whitening body lotion aman?

2. Apakah Scarlett Whitening body lotion aman
Instagram/scarlett_whitening

Dalam videonya, dr. Richard lee melakukan uji lab pada body lotion dan juga serum dari Scarlett Whitening untuk mengetahui apakah produk tersebut aman atau tidak.

Setelah memeriksa kandungan yang ada, produk ini bebas dari hydroquinone dan mercury. Dengan begitu, para pengguna body lotion dari scarlett whitening ini tidak perlu merasa khawatir. 

Selain itu, pada kemasan produk juga sudah terdapat logo halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan juga lulus uji BPOM.

3. Bagaimana mengetahui produk yang asli dan palsu?

3. Bagaimana mengetahui produk asli palsu
scarlettwhitening.com

Tak jarang produk yang terkenal akan memiliki tiruan produknya atau produk yang palsu sehingga terkadang membuat calon pembelinya merasa ragu untuk membeli. Namun, brand scarlett ini memberikan kemudahan dalam mengecek keaslian dari produk mereka.

Dalam kemasan produk, terdapat sebuah kode yang dapat kamu cek di official web milik mereka yaitu scarlettwhitening.com.

Cukup mudah karena kamu hanya perlu memasukan data diri berupa nama, email, kota, nomor telepon, dan nomor seri kode yang tertera pada produk.

4. Bahaya memakai produk kosmetik share in jar

4. Bahaya memakai produk kosmetik share in jar
Pexels/Sora Shimazaki

Dr. Richard lee juga mengatakan dalam videonya bahwa penggunaan produk kosmetik share in jar ini tidak dianjurkan karena seringkali hal ini dilakukan tanpa adanya pengawasan dari perusahaan aslinya.

Sebenarnya tidak apa jika memang ingin membeli produk share in jar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun, yang ditakutkan dalam hal ini adalah pencampuran produk dengan bahan-bahan lainnya yang tidak baik untuk kulit sehingga akan memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Ada baiknya jika membeli produk yang memang masih bersegel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit.

5. Jangan pakai body lotion dan krim wajah yang abal-abal

5. Jangan pakai body lotion krim wajah abal-abal
Unsplash/Laryssa Suaid

Terkadang iming-iming ‘putih secara instan’ ini menjadi pertimbangan utama dalam membeli produk lotion. Perlu kamu ketahui bahwa memiliki kulit yang bersih dan cerah tidak bisa didapatkan secara instan dan memerlukan proses.

Jika memakai produk lotion atau krim wajah yang abal-abal dapat menimbulkan berbagai macam efek samping pada kulit seperti gatal-gatal, kemerahan atau iritasi, stretch mark, membuat kulit menjadi tipis, kulit menjadi lebih tipis, dan tidak akan melindungi kulit dengan baik dari paparan sinar matahari secara langsung.

Untuk mendapatkan khasiat dari berbagai produk perawatan kecantikan memerlukan waktu yang cukup lama. Perlu kamu ingat untuk tidak tergiur dengan produk yang mengatakan akan memberikan perubahan secara instan.

Memiliki kulit yang sehat dan juga cantik memerlukan waktu sehingga kamu harus bersabar hingga khasiatnya benar-benar muncul. Selalu berhati-hati dalam memiliki produk perawatan kecantikan seperti Scarlett Whitening, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.