5 Hal yang Menyebabkan Kuku Mudah Patah

Ternyata karena hal-hal inilah yang membuat kuku menjadi mudah patah

25 Januari 2021

5 Hal Menyebabkan Kuku Mudah Patah
Freepik/Racool_studio

Kuku merupakan salah satu daya tarik perempuan. Memiliki kuku yang indah menjadi impian banyak perempuan.

Namun, tak jarang perempuan yang memiliki kuku rapuh dan juga mudah patah. Kuku yang tipis seperti ini tentu tidak akan membuat nyaman karena kuku bisa patah kapan saja.

Menurut penelitian medis, hampir 20% populasi di dunia mengalami masalah kuku yang rapuh dan mudah patah.

Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, Popmama.comtelah merangkum 5 hal yang membuat kuku Mama mudah rapuh dan mudah patah. Yuk, disimak informasinya.

1. Terlalu sering melakukan manicure

1. Terlalu sering melakukan manicure
Freepik/wirestock

Manicure atau perawatan kuku tangan memang terlihat cantik dan lebih tahan lama dibandingkan dengan manicure dengan cara yang tradisional. Namun, seringkali perawatan kuku berupa pemakaian kuteks ini bisa menyebabkan kesehatan kuku menjadi menurun.

Hal ini terjadi karena biasanya untuk memakai kuteks, kuku akan di kikis dan dikikir untuk mendapatkan permukaan yang halus sehingga akan lebih mudah untuk di hias.

Untuk mengatasinya, Mama bisa mengistirahatkan kuku sebelum melalukan manicure dengan mengoleskan lotion atau minyak secara teratur ke kuku dan kutikula agar kuku tetap terjaga.

Editors' Picks

2. Seringkali terkena air

2. Seringkali terkena air
Freepik/Senivpetro

Aktifitas rumahan seperti mencuci piring atau aktifitas lainnya yang memang mengharuskan Mama untuk sering mencuci tangan juga dapat menyebabkan kuku menjadi lebih rapuh dan tipis. Selain itu, kegiatan ini memiliki kemungkinan yang lebih besar membuat kuku mengalami keretakan.

Kuku yang berulang kali terkena bahan kimia yang ada pada cairan pembersih cuci piring ini dapat melemahkan kuku dan membuatnya menjadi rapuh. Untuk menangani hal ini Mama bisa menggunakan sarung tangan karet untuk mencegah bahan kimia, sabun, dan air menyentuh kuku Mama.

3. Tidak memiliki cukup vitamin B7

3. Tidak memiliki cukup vitamin B7
Freepik

Terkadang, kuku yang mudah patah disebabkan oleh kekurangan vitamin atau nutrisi pada kuku dan hal yang paling umum adalah kekurangan vitamin B7 atau biotin. Biotin penting untuk kesehatan kuku karena dapat membantu mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi glukosa.

Seperti yang diketahui, glukosa digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Selain itu biotin juga membantu tubuh untuk membuat bahan penyusun protein seperti asam lemak dan juga asam amino serta dapat mengaktifkan metabolisme di sel-sel kuku. Minumlah suplemen biotin untuk menambahkan kandungan vitamin B7.

4. Sering menjadikan kuku sebagai alat

4. Sering menjadikan kuku sebagai alat
metro.co.uk

Saat cenderung menggunakan kuku untuk mengupas, mengikis, atau mencungkil maka bisa dengan mudahnya kuku menjadi patah. Hal semacam ini pasti sering dilakukan oleh banyak orang tanpa tahu akibat yang akan di dapatkan nya.

Untuk menghindari kuku yang patah, cobalah untuk menggunakan alat yang benar-benar diperuntukkan untuk melakukan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, jagalah kuku agar tetap pendek dan tidak terlalu panjang untuk menghindari cedera kuku yang lainnya.

5. Faktor usia sebabkan kuku cepat patah

5. Faktor usia sebabkan kuku cepat patah
Pexels/Anderson Guerra

Kuku seringkali menipis seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Canadian Family Physician menjelaskan bahwa kuku yang rapuh dan mudah patah seringkali terjadi pada orang tua.

Namun, untuk mencegah kerusakan kuku yang lebih parah cobalah untuk memperkuat kuku dengan mengoleskan pengeras kuku.

Nah, jadi itulah beberapa hal yang ternyata dapat membuat kuku menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Yuk, mulai menjaga kesehatan kuku Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.