TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Sandalwood untuk Kecantikan, Bisa Buat Wajahmu Lebih Glowing

Bisa membuat kulit menjadi lebih cerah

10 Oktober 2021

5 Manfaat Sandalwood Kecantikan, Bisa Buat Wajahmu Lebih Glowing
Pinterest/Men’s Fitness

Permasalahan pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kurang tidur, polusi, stres, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, Mama perlu untuk menjaga gaya hidup sehat dan memperbaiki kebiasaan buruk.

Tak hanya itu saja, Mama juga perlu melakukan perawatan dari luar untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit dengan menggunakan produk skincare dengan kandungan yang beragam, salah satunya adalah sandalwood atau kayu cendana.

Bahan alami ini berasal dari India dan biasa diolah menjadi pasta, bubuk, atau dibuat menjadi minyak esensial. Sandalwood memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk merawat kulit.

Untuk Mama yang belum mengetahui manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh sandalwood, Popmama.com telah merangkum 5 manfaatnya berikut ini!

1. Meningkatkan kelembapan kulit

1. Meningkatkan kelembapan kulit
Freepik/kitthanes
Dok. Jovee

Sandalwood dilengkapi dengan kandungan emollient di dalamnya sehingga dapat berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit yang kering. Tak hanya dari luar, sandalwood juga dapat membantu melembapkan kulit dari dalam tubuh.

Namun, jangan sampai mencampurkan sandalwood oil dengan minyak alami seperti lavender karena dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Editors' Picks

2. Mengatasi jerawat dan milia

2. Mengatasi jerawat milia
Freepik/Nestea06
joker with card

Jerawat menjadi permasalahan kulit paling umum yang dialami oleh banyak orang dan kemunculan nya dapat mengganggu penampilan. Sandalwood memiliki kandungan anti-bakteri dan juga sifat antiseptik yang dapat berguna untuk mengeringkan jerawat.

Tak hanya itu saja, sandalwood juga dapat mengatasi milia yang ada pada wajah. Mama bisa menggunakan bubuk sandalwood yang dicampurkan dengan bubuk kunyit untuk mengatasi jerawat dan milia.

3. Mencegah penuaan

3. Mencegah penuaan
Freepik/Racool_studio

Kulit akan mengalami penuaan seiring dengan berjalannya waktu, tetapi Mama bisa memperlambat prosesnya dengan melakukan berbagai macam cara. Salah satunya adanya dengan menggunakan sandalwood yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Dengan begitu, sandalwood akan membantu untuk mengurasi stres oksidatif pada kulit yang mana dapat menjadi penyebab munculnya berbagai macam tanda penuaan seperti kerutan halus.

4. Mampu mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori

4. Mampu mencerahkan kulit mengecilkan pori-pori
Freepik/lookstudio

Untuk mendapatkan kulit yang cerah, Mama perlu melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang menempel. Pori-pori dapat terlihat lebih besar jika tersumbat oleh kotoran dan juga bakteri

Mama bisa menggunakan bubuk sandalwood untuk dijadikan sebagai bahan eksfoliasi yang dapat membersihkan kotoran, dan mencampurkan sandalwood dengan esensial oil untuk membuat pori-pori mengecil.

5. Menenangkan kulit yang iritasi

5. Menenangkan kulit iritasi
Freepik/benzoix

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, sandalwood dapat berguna untuk membantu mengatasi peradangan pada kulit. Masalah kulit seperti dermatitis, psoriasis, dan eczema dapat diatasi dengan menggunakan sandalwood.

Salain itu, sandalwood juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang iritasi, mengalami sunburn, dan juga dapat mengembalikan kulit yang belang akibat sinar matahari berkat sifat astringent di dalamnya.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa Mama dapatkan saat menggunakan sandalwood baik itu dalam bentuk esensial oil, produk skincare atau yang dijadikan sebagai bubuk. Jadi, setelah mengetahui manfaat dari sandalwood atau kayu cendana ini, apakah Mama tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk