6 Mitos Kuku yang Masih Sering Dipercayai

Apa Mama masih mempercayainya?

14 Januari 2022

6 Mitos Kuku Masih Sering Dipercayai
Freepik/Racool_studio

Memiliki kuku yang terlihat sehat, rapi, dan juga indah menjadi impian dari banyak orang. Bahkan terdapat berbagai macam perawatan yang bisa dilakukan untuk membuat kuku selalu tampak cantik dan terlihat sehat.

Terdapat beberapa informasi yang bisa didapatkan mengenai kesehatan kulit, termasuk juga informasi yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Namun, ternyata tidak semua informasi yang ada sejak dahulu merupakan sebuah fakta yang bisa Mama terapkan.

Berikut, Popmama.com telah merangkum 6 mitos seputar kuku yang masih seringkali dipercaya oleh banyak orang. Yuk, disimak!

1. Kuku perlu untuk bernapas

1. Kuku perlu bernapas
Pexels/Valeria Boltneva

Hal ini merujuk pada penggunaan cat kuku yang seringkali dikaitkan dengan kebebasan kuku untuk bernafas. Sama halnya seperti rambut, kuku juga tidak dapat bernapas karena terbuat dari sel-sel mati yang tidak memerlukan oksigen.

Segala hal tentang saran untuk membiarkan kuku untuk bernafas tidaklah berdasar, tetapi Mama bisa mengistirahatkan kuku dari penggunaan cat kuku.

2. Mengikir kuku akan membuat kuku semakin sehat

2. Mengikir kuku akan membuat kuku semakin sehat
Pexels/Karolina Grabowska

Mengikir kuku seringkali dilakukan sesaat setelah memotong kuku agar kemudian terasa lebih halus. Hal ini sebenarnya tergantung dari bagaimana cara Mama mengikir kuku yang telah di potong sebelumnya.

Jika mengikir kuku dilakukan dengan cara yang kasar dan salah, hal itu akan membahayakan dasar kuku dan membuat kulit menjadi lecet. Jika memang ingin mengikir kuku, lakukan secara perlahan dengan gerakan satu arah agar tidak melukai lapisan kuku.

Editors' Picks

3. Minum susu dapat menghilangkan bintik putih

3. Minum susu dapat menghilangkan bintik putih
Pexels/Cats Coming

Apa Mama pernah mendengar bahwa kekurangan kalsium akan menimbulkan bintik putih pada kuku? Kekurangan kalsium identik dengan kurangnya konsumsi susu, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk rutin meminum susu.

Padahal bintik putih yang muncul pada kuku bukan disebabkan oleh kurangnya kalsium, tetapi bisa terjadi karena benturan yang tidak terasa atau karena penggunaan alat-alat perawatan kuku yang kasar.

4. Memotong kutikula akan mempercepat pertumbuhan kuku

4. Memotong kutikula akan mempercepat pertumbuhan kuku
huffpost.com

Memotong kutikula pada kuku mungkin akan membuat penampilan kuku terlihat lebih rapi dan lebih panjang. Namun, memotong kutikula bukan berarti akan mempercepat pertumbuhan pada kuku.

Fungsi dari kutikula sendiri adalah sebagai lapisan pelindung kulit terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Kutikula kuku juga perlu untuk dibersihkan agar terhindar dari penyakit.

5. Produk kuku dapat memberikan gizi pada kuku

5. Produk kuku dapat memberikan gizi kuku
Pexels/Son Tung Tran

Pernyataan yang mengatakan bahwa produk kuku dapat memberikan asupan gizi adalah hal yang tidak berdasar. Untuk mendapatkan nilai gizi pada tubuh, kita perlu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bernutrisi.

Produk kosmetik mungkin dapat membantu untuk memberikan perlindungan pada kuku, tetapi vitamin yang ada pada produk tersebut tidak dapat diberikan secara eksternal.

6. Mencampur cat kuku lama dengan penghapus cat kuku akan membuatnya tahan lebih lama

6. Mencampur cat kuku lama penghapus cat kuku akan membuat tahan lebih lama
Pexels/Element5 Digital

Jika Mama memiliki cat kuku yang sudah menggumpal dan mencoba mencampurkannya dengan pembersih cat kuku agar lebih tahan lama, maka segera hentikan hal ini.

Mencampurkan cat kuku dengan pembersihnya hanya akan merusak kesehatan kuku dan mengurangi umur simpan cat kuku.

Nah, itulah enam mitos mengenai kuku yang sampai saat ini masih ada dan banyak orang yang mempercayainya. Jadi, apakah Mama termasuk orang-orang yang percaya dengan mitos diatas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.