TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Lindungi kulit dari sinar matahari

2 Mei 2022

5 Tips Menggunakan Sunscreen Kulit Berminyak
Freepik/Timonko

Paparan sinar matahari yang berlebih tentunya dapat membuat permasalahan baru pada kulit, seperti misalnya muncul tanda penuaan dini dan juga warna kulit yang tidak merata. Untuk menghindari hal tersebut tentunya kamu perlu untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen.

Namun, menggunakan sunscreen seringkali menjadi permasalahan bagi pemilik kulit berminyak karena merasa tidak nyaman dan terasa greasy. Karena hal tersebut, pemilik kulit berminyak seringkali melewatkan sunscreen dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari.

Meskipun memiliki kulit yang berminyak, kamu harus tetap memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk kamu yang masih ragu, Popmama.com telah merangkum 5 tips memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak. Yuk, disimak!

1. Menggunakan sunscreen non-comedogenic

1. Menggunakan sunscreen non-comedogenic
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Pemilihan formula yang tepat pada sunscreen adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Tidak semua formula dalam sunscreen cocok untuk kulit kamu yang memang berminyak. Oleh karena itu, pilihkan sunscreen yang bebas dari minyak dan non-comedogenic.

Produk yang bebas minyak dan non-comedogenic menjadi produk yang memiliki formula yang sudah dirancang agar tidak menyumbat pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat. Pastikan bahan-bahan yang ada di dalam produk sunscreen sebelum membelinya, ya!

Editors' Picks

2. Memilih sunscreen dengan hasil akhir matte

2. Memilih sunscreen hasil akhir matte
Pexels/Shiny Diamond

Terkadang setelah menggunakan sunscreen wajah terlihat lebih berminyak dan greasy, bahkan bagi semua jenis kulit. Bahkan seringkali penggunaan sunscreen dapat membuat wajah terlihat dewy yang memang perlu dihindari oleh pemilik kulit berminyak.

Hasil akhir yang tampak dewy hanya akan membuat kulit kamu terlihat semakin berminyak. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sunscreen yang memiliki hasil akhir matte agar dapat bertahan lebih lama dan tidak membuat wajah tampak greasy.

3. Jangan gunakan sunscreen yang mengandung parfum

3. Jangan gunakan sunscreen mengandung parfum
Pexels/Sora Shimazaki
joker with card

Ada baiknya jika kamu menghindari sunscreen yang mengandung parfum atau wewangian apapun. Meskipun sebenarnya tidak memberikan dampak langsung pada kulit, menggunakan produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit menjadi bermasalah di kemudian hari.

Terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif, penggunaan wewangian pada sunscreen dapat menyebabkan kulit kamu menjadi iritasi, kemerahan, dan timbulnya jerawat. Pastikan untuk memilih sunscreen fragrance-free, ya!

4. Gunakan sunscreen tekstur gel

4. Gunakan sunscreen tekstur gel
Freepik/Fabrikasimf

Memilih tekstur sunscreen yang tepat juga perlu kamu perhatikan jika tidak ingin memiliki wajah yang tampak semakin berminyak. Gunakan produk sunscreen yang memang memiliki tekstur gel yang dapat menyerap dengan mudah di kulit.

Selain itu, sunscreen dengan tekstur gel juga dapat menghindari kemungkinan pori-pori tersumbat. Dengan begitu, wajah tidak akan terasa lengket bahkan setelah menggunakan sunscreen.

5. Pastikan memilih sunscreen dengan proteksi optimal

5. Pastikan memilih sunscreen proteksi optimal
Freepik/benzoix
Skincare mengandung retinol untuk ibu hamil

Tak hanya untuk mendapatkan kenyamanan pada saat memakai sunscreen, kamu juga perlu untuk memilih sunscreen yang memiliki proteksi optimal untuk kulit. Kamu bisa memilih sunscreen yang mengandung SPF 30 atau SPF 50 untuk melindungi kulit dengan maksimal.

Nah, itulah lima tips yang perlu kamu ketahui jika memiliki kulit berminyak dan ingin memakai sunscreen. Semua jenis kulir disarankan untuk memakai sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.

Jangan sampai lupa, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk