Big No No! Ini Mitos Fashion untuk Perempuan Bertubuh Gemuk yang Salah

Perempuan bertubuh gemuk bebas berekspresi lewat fashion

3 Juni 2020

Big No No Ini Mitos Fashion Perempuan Bertubuh Gemuk Salah
Freepik/Rawpixel.com

Banyak yang mengatakan bahwa perempuan gemuk tidak boleh memakai sembarang jenis pakaian agar tidak terlalu menampakkan bentuk tubuhnya. Padahal, tidak seharusnya ada aturan seperti itu.

Tidak ada yang salah jika Mama bertubuh gemuk. Mama tetap dapat mengekspresikan diri lewat fashion. Mama bebas memilih ragam model pakaian, jenis bahannya, serta warna-warna yang diinginkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Popmama.com akan memaparkan mitos fashion untuk perempuan gemuk yang salah. Ini supaya mindset seseorang bertubuh gemuk jadi berubah.

1. Dilarang memakai baju bercorak garis-garis horizontal

1. Dilarang memakai baju bercorak garis-garis horizontal
natalieinthecity.com

Mitos fashion perempuan gemuk yang salah pertama adalah dilarang memakai baju bercorak garis-garis horizontal.

Tarryn Oppel, Fashion Editor dari Jet Club mengatakan bahwa apa pun arah garisnya, vertikal atau horizontal, itu tetap akan terlihat Mama yang memakainya. Jadi, tidak ada alasan untuk menghindari pemakaian baju bercorak garis horizontal.

Kuncinya di sini adalah styling. Padukan dengan bawahan yang lebih gelap, seperti celana hitam atau celana jeans biru tua). Dengan begitu, garis-garis horizontal dapat menambah keunggulan pada pakaian. Dilapisi jaket berbahan ringan juga tampak menarik.

2. Pakai baju warna gelap agar tubuh tampak lebih kecil

2. Pakai baju warna gelap agar tubuh tampak lebih kecil
kohls.com

Memakai baju warna gelap, seperti hitam membuat tubuh tampak lebih kecil merupakan mitos fashion perempuan gemuk yang salah.

Tentu, head-to-toe hitam bisa terlihat sangat chic. Namun, ketika memakainya saat cuaca panas akan terasa sangat menyengat.

Menampilkan warna cerah dalam pakaian menghasilkan keajaiban dan aksen bermotif tropis atau Aztec sebenarnya dapat mengalihkan perhatian dari sosok Mama.

Rona warna-warni pun dapat meningkatkan suasana hati. Ketika perasaan senang, tampilan Mama pun akan tampak baik.

Namun, jika Mama bersikeras untuk bersembunyi dengan pakaian warna gelap, pastikan kainnya memudahkan masuknya udara, seperti bahan chiffon. Tambahkan aksesori dengan warna yang asyik, berani, dan cerah.

Editors' Picks

3. Jangan memakai pakaian ketat yang mengikuti garis lekuk tubuh

3. Jangan memakai pakaian ketat mengikuti garis lekuk tubuh
allteenstalk.com

Bukan hanya perempuan bertubuh ramping saja yang boleh mengenakan pakaian ketat. Bagi yang bertubuh gemuk, pakaian jenis bodycon juga tampak luar biasa.

Pamerkan bentuk tubuh dengan bangga karena tidak ada yang buruk dengan hal itu.

Jika memungkinkan, tambahkan aksen pakaian dengan ikat pinggang untuk menciptakan bentuk. Ingat, pakaian longgar membuat Mama terlihat lebih besar.

4. Skinny jeans bukan untuk perempuan bertubuh gemuk

4. Skinny jeans bukan perempuan bertubuh gemuk
target.com

Skinny jeans termasuk salah satu mitos fashion untuk perempuan gemuk yang salah, selama Mama memperhatikan hal-hal berikut.

Padu padankan skinny jeans hitam, abu-abu tua, atau indigo blue dengan atasan bertali atau tunik untuk menciptakan keseimbangan.

Kenakan heel untuk membuat tubuh tampak lebih panjang. Hindari platform yang sangat tebal. Itu lebih cocok dengan wide-leg jeans.

Jika Mama suka mengenakan skinny jeans dengan sneakers, Tarryn menyarankan untuk memasangkannya dengan jaket denim panjang atau blazer untuk menyeimbangkan proporsi.

5. Memakai aksesori berukuran besar membuat tubuh tampak lebih lebar

5. Memakai aksesori berukuran besar membuat tubuh tampak lebih lebar
liveabout.com

Meski memakai aksesori berukuran besar, tubuh Mama akan tampak seperti biasanya saja.

Pilih aksesori yang berani dan tegas karena akan terlihat lebih proporsional dengan bentuk tubuh Mama. Pakailah kalung, anting, gelang, atau tas ukuran besar sesuka Mama.

6. Stiletto hanya diperuntukkan bagi yang bertubuh ramping

6. Stiletto ha diperuntukkan bagi bertubuh ramping
gymbuddynow.com

Mitos fashion untuk perempuan gemuk yang salah besar adalah stiletto hanya diperuntukkan bagi yang bertubuh ramping.

Orang-orang percaya bahwa hak tinggi membuat tubuh bagian bawah tampak lebih panjang sehingga tubuh bagian atas terlihat lebih besar. Padahal, hak tinggi membuat kaki tampak langsing sehingga tubuh terlihat lebih tinggi dan ramping

Sepatu hak tinggi bebas bagi setiap perempuan yang ingin memakainya. Jadi, gunakan dan padankan dengan gaun, celana, atau pakaian etnik.

Sekarang, jangan terpaku mitos ini lagi ya, Ma. Pakai apa pun yang Mama suka untuk mengekspresikan diri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.