Luar Biasa, Ini Manfaat Jasmine Tea Infusion untuk Kesehatan

Ternyata aroma melati dapat menurunkan tingkat stres loh, Ma

9 Februari 2020

Luar Biasa, Ini Manfaat Jasmine Tea Infusion Kesehatan
Doc. Popmama/Adelinekinanti

Setiap orang pasti pernah merasakan suasana hati yang kurang baik. Ketika mengalami kondisi ini rasanya tubuh terasa malas melakukan berbagai macam kegiatan bahkan menyelesaikan pekerjaan saja bisa tidak selesai.

Penyebab dari suasana hati yang kurang baik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah stres dan cemas.

Kondisi ini memang terlihat normal, namun dampaknya dapat memengaruhi kegiatan sehari-hari.

Salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres dan cemas ternyata bisa melalui teh.

Teh adalah salah satu minuman yang sering dijumpai di mana saja. Banyak teh dipasaran yang disajikan dalam bentuk kemasan siap minum maupun diseduh. Teh juga memiliki banyak jenis, salah satu yang populer adalah teh infusion atau tisane.

Teh infusion memang lebih dikenal dengan sebutan tisane. Tisane merupakan minuman herbal yang biasa dianggap sebagi teh herbal. Namun sebenarnya tisane ini sama sekali tidak mengandung teh atau dengan kata lain tidak dicampurkan dengan tanaman camellia sinensis.

Istilah tisane berasal dari bahasa Yunani. Kata ini digunakan untuk menyebut minuman yang dibuat dari seduhan tanaman barley. Menurut ahli kopi dan teh, Lindsey Goodwin, semua jenis minuman yang dibuat dari seduhan atau rebusan herbal selain camellia sinensis bisa disebut tisane.

Tisane adalah teh yang biasanya berasal dari bunga, akar, rempah-rempah, atau daun-daunan. Beberapa yang sering dijadikan tisane adalah chamomile, mawar, kayu manis, dan mint.

Selain memiliki bahan dasar yang berbeda dengan teh biasa, tisane juga memiliki kandungan kafein berbeda.

Jika teh biasa memiliki kadar kafein sekitar 35-90 mg per cangkir. Tisane sama sekali tidak mengandung kafein sehingga bisa diminum sebelum tidur.

Di Indonesia sendiri, jasmine atau bunga melati menjadi salah satu tisane yang digemari. Namun orang-orang lebih mengenalnya sebagai jasmine white tea daripada tisane atau teh infusion.

Jasmine white tea memiliki aroma yang khas dan menenangkan. Selain itu, jasmine white tea ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan.

Berikut ini sudah Popmama.com rangkum manfaat jasmine tea infushion yang baik untuk kesehatan.

Editors' Picks

1. Menurunkan tingkat stres

1. Menurunkan tingkat stres
Freepik

Racikan dari jasmine white tea diketahui dapat menghasilkan aroma yang wangi dan bisa membuat tubuh lebih rileks.

Banyak penelitian medis yang menunjukkan bahwa jasmine dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan methyl jasmonate yang terdapat di bunga melati juga dapat menurunkan kemungkinan seseorang terkena kanker serviks.

Sedangkan menurut riset European Journal of Applied Physiology, aroma bunga melati dapat menenangkan saraf sehingga dapat memperbaiki mood dan menurunkan tingkat stres.

Sel saraf yang tenang dan rileks juga bisa berdampak pada kualitas tidur seseorang. Tubuh yang sehat tentu akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak sehingga lebih segar ketika bangun.

2. Mencegah penuaan dini

2. Mencegah penuaan dini
Freepik

Selain memiliki aroma yang khas dan menenangkan, jasmine white tea juga memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh sehingga memengaruhi kesehatan kulit. Antioksidan dikenal sebagai penangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan.

Dengan meminum jasmine white tea secara rutin juga diketahui dapat membakar lemak dalam tubuh. Kandungan kafeinnya yang rendah juga dapat menjadi pilihan minuman ketika diet sehat.

Namun, mengonsumsi teh infushion atau tisane ini sebaiknya tidak ditambah dengan gula maupun susu sebagai pemanis. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat kandungan teh sendiri menjadi tidak berfungsi untuk kesehatan.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

3. Menjaga kesehatan gigi mulut
Freepik

Kandungan antioksidan yang dimiliki jasmine white tea juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Antioksidan diketahui dapat membunuh bakteri di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut bahkan karies gigi.

Bila mengonsumsi teh sering dikhawatirkan dapat berdampak pada warna gigi.

Jasmine white tea sendiri memiliki kandungan kafein yang jauh berbeda dari teh biasa dan kopi sehingga tidak dikhawatirkan akan membuat gigi menjadi kuning.

Selain itu, menjaga pola hidup seperti memilih makanan yang sehat dan rajin menyikat gigi juga dapat mengurangi risiko gigi kuning dan bau mulut.

Jika ingin merasakan manfaat dari jasmine white tea untuk kesehatan mulut, disebutkan pada acara media gathering  Darlie Care Tea pada Jumat (7/2/2019), bahwa produk ini memiliki varian baru yaitu jasmine white tea yang dapat menjaga kebersihan mulut dan membuat nafas lebih segar setelah menyikat gigi.

Mengonsumsi teh infusion atau tisane secara rutin dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, namun perlu diperhatikan cara penyajiannya. Misalnya dengan tidak menambahkan pemanis dan memberikan jarak antara waktu makan dan minum teh itu sendiri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.