TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Afirmasi Positif untuk Kekuatan Diri yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Yuk, ciptakan pola pikir positif untuk hidup yang lebih bahagia

30 Juni 2022

5 Afirmasi Positif Kekuatan Diri Bisa Dilakukan Setiap Hari
Freepik/benzoix

Waspada, motivasi rendah bisa menjadi gejala umum dari depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Oleh karena itu, seseorang perlu melakukan self help dan self care sebanyak yang kamu bisa. Sementara afirmasi memiliki kekuatan tersendiri menciptakan pola pikir positif dan memberikan dukungan emosional atau dorongan.

Dilansir dari Scienceofpeople, afirmasi positif adalah kata-kata yang diucapkan pada diri sendiri untuk meningkatkan suasana hati. Termasuk menarik hal-hal positif dalam hidup dan lebih dekat dengan tujuan kamu. Ini dapat ditulis, dibaca, didengarkan atau hanya diulang di kepala. Afirmasi positif bila diulang secara konsisten, dapat membentuk kembali pikiran dan memengaruhi tindakan.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 afirmasi positif yang dapat dilakukan setiap hari. Yuk, rasakan manfaatnya!

1. Menemukan kebahagiaan di dalam hidup

1. Menemukan kebahagiaan dalam hidup
Freepik/wayhomestudio

Hari ini kamu harus hidup dengan lebih percaya diri dan optimis, terutama karena kehadiran afirmasi yang positif. Dimana pikiran dan citra diri akan membentuk diri kamu. Tapi sayangnya, kebanyakan orang selalu mengatakan bahwa mereka berharap menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.

Padahal menjadi bahagia sebenarnya sebuah pilihan. Jadi afirmasi untuk berpikir positif sangat penting untuk kebahagiaan dan kesejahteraan. Kesimpulannya bahwa kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu pilih. Mulailah merasa lebih bahagia di masa sekarang tanpa merasa harus mencapai tujuan lain. Mulailah mengucapkan dan ulangi afirmasi ini sepanjang hari:

"Saya positif dan menciptakan kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang lain."

Editors' Picks

2. Menikmati kebersamaan dengan diri sendiri

2. Menikmati kebersamaan diri sendiri
Freepik/wayhomestudio

Ingatlah, penurunan dopamin menyebabkan seseorang bisa memiliki lebih sedikit motivasi. Bahkan berbagai alasan, sebagian dari kamu merasa lebih mudah mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri. Terkadang malah benar-benar sangat buruk pada diri sendiri. Pada akhirnya sering memikirkan ketidakmampuan yang kamu rasakan.

Sementara agar tidak tertutup dan merasa seperti tidak memiliki banyak kesamaan dengan banyak orang, maka rangkullah siapa diri kamu. Mulailah menggunakan afirmasi cinta diri yang akan membuat kamu merasa lebih baik. Jadi penting untuk menikmati kebersamaan dengan diri sendiri, dapat mempercayai diri sendiri dan mengenali kualitas baik kamu. Ucapkanlah afirmasi yang menjadi versi terbaik dari diri sendiri seperti:

"Saya mencintai diri saya sendiri. Saya mencintai tubuh saya. Saya mencintai pikiran saya. Saya suka siapa saya."

3. Pikirkan yang telah dicapai dan bangga kepada diri sendiri

3. Pikirkan telah dicapai bangga kepada diri sendiri
Freepik/wayhomestudio

Tampaknya mudah untuk merasa bangga ketika kamu melihat orang yang dicintai berhasil. Padahal di sisi lain kamu juga perlu merasa bangga pada diri sendiri. Ini adalah sesuatu yang perlu semua orang praktikkan. Namun sayangnya begitu banyak dari kamu yang lupa untuk memuji diri sendiri. Bahkan ketika kamu jelas-jelas pantas mendapatkannya.

Jadi sebenarnya disini kamu harus memiliki rasa percaya diri atau harga diri untuk mengakui dan menikmati pencapaian. Ya, mulailah merasa bangga pada diri sendiri. Apalagi ketika kamu telah melewati begitu banyak pasang surut yang dialami. Pikirkan semua hal yang telah dicapai dan rintangan yang kamu atasi. Jangan lupa juga melewatinya dengan penuh syukur dan mengucapkan afirmasi positif seperti:

"Saya orang yang percaya diri dan mampu. Saya kuat dan layak untuk dihargai."

4. Tidak menyalahkan diri sendiri dan belajar dari kesalahan

4. Tidak menyalahkan diri sendiri belajar dari kesalahan
Freepik/wayhomestudio

Apakah kamu merasa kurang semangat untuk hidup? 

Jika demikian, mungkin beberapa kesalahan yang telah dibuat tidak meningkatkan kualitas hidup kamu. Padahal sebenarnya suatu kesalahan bisa menjadi kesempatan belajar yang berharga. Cobalah menemukan pelajaran dalam kesalahan yang membantu meningkatkan keterampilan dan memperluas pengetahuan.

Jika ingin membangun kepercayaan diri, maka sangat penting belajar dan tumbuh dari kesalahan. Hindari menyalahkan diri sendiri. Tidak apa-apa ketika kamu telah membuat beberapa kesalahan. Pada kenyataannya, itu hanya bagian alami dari kehidupan. Kesalahan memungkinkan untuk menjadi versi diri kamu yang lebih baik, sehingga kamu selalu bisa terus berkembang. Tanyakan pada diri sendiri:

“Pengetahuan baru apa yang saya miliki dari kesalahan ini? Bagaimana saya bisa menggunakan pengetahuan ini sekarang?"

5. Menyelaraskan diri dengan visi yang dimiliki

5. Menyelaraskan diri visi dimiliki
Freepik/lookstudio

Bahwa pada kenyataannya, afirmasi positif bekerja dan dapat mempromosikan kehidupan yang lebih sehat. Mulailah membangkitkan afirmasi positif dan bagaimana membuat segala kekhawatiran menjadi terkendali. Terutama ketika kamu bangun di pagi hari.

Tepat saat membuka mata, ucapkan dan mengulangi afirmasi yang menjernihkan pikiran dan hati kepada diri sendiri setiap pagi. Tentu ini akan membantu memprogram pikiran bawah sadar.

Akhirnya kamu mulai memikirkan hal-hal yang akan mendorong untuk menyelaraskan diri dengan visi yang dimiliki. Bagi kamu yang ingin menghilangkan semua kecemasan, maka ucapkan afirmasi positif seperti:

"Saya bersyukur untuk bangun hari ini. Saya bersyukur atas apa yang saya miliki. Saya bersyukur berada di sini."

Nah, itulah kelima afirmasi positif yang dapat kamu lakukan setiap hari. Ketika kamu berada di saat tenang atau damai, cobalah membawa diri ke keadaan bersyukur. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk