Mengungkap 5 Cara Menyembuhkan Kuku yang Cantengan

Siapa yang tahan dengan rasa nyeri saat cantengan pada kuku kaki

15 Juni 2019

Mengungkap 5 Cara Menyembuhkan Kuku Cantengan
Freepik/Bearfotos

Kamu pernah mengalami cantengan?

Ya, cantengan atau paronikia merupakan sebuah kondisi infeksi bakteri yang terjadi antara lipatan kulit dan kuku pada jempol kaki. Kondisi ini menyebabkan bengkak dan rasa yang sangat nyeri hingga bernanah pada jari kuku kamu.

Cantengan biasanya terjadi karena kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, sehingga menyebabkan kuku bertumbuh ke dalam kulit dan menjadi cedera.

Berikut ada 5 cara mengatasi kuku cantengan yang perlu diketahui. Langsung simak ringkasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Merendam kaki di air hangat

1. Merendam kaki air hangat
Freepik/Macrovector

Kamu yang mengalami kuku cantengan bisa atasi dengan merendam kuku kaki di air hangat yang sudah dilarutkan garam Inggris atau garam biasa.

Rendamlah jari kakimu yang cantengan selama 15 hingga 30 menit dan lakukan sebanyak 3 kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri maupun pembengkakan.

Dengan merendam kuku yag cantengan di suhu hangat, tujuanya untuk membantu menjaga area jari yang cantengan menjadi bersih, membunuh kuman di kaki dan mengurangi pembengkakan.

2. Gunakan serat atau bola kapas

2. Gunakan serat atau bola kapas
Freepik/nipapornnan

Mengatasi kuku yang sakit akibat cantengan, kamu bisa menyelipkan bola kapas dengan lembut. Pastikan mengganti bola kapas secara teratur untuk menghindari bakteri bersarang di kuku. Hal ini hanya solusi sementara.

Caranya yaitu, pertama-tama rendamlah bola kapas ke cairan antiseptik sebelum menyelipkannya di jari kaki. Metode tersebut untuk memberi jarak antara kuku dan kulit yang terinfeksi dan membantu menggeser kuku untuk tumbuh ke arah yang benar.

Selain itu penggunaan bola kapas mampu mengurangi nyut-nyutan di area yang cantengan.

Editors' Picks

3. Oleskan tea tree oil

3. Oleskan tea tree oil
Freepik/Jcomp

Cantengan biasanya terjadi pada bagian ibu jari kaki, karena kuku di jari tersebut cenderung lebih tebal.

Cara mengobati cantengan berikutnya ialah dengan membuat kuku tebal ini menjadi lunak dengan mengoleskan tea tree oil. Penggunaannya mampu melawan infeksi yang disebabkan jamur di kuku.

Tea tree oil itu sendiri mengandung antiseptik yang dapat membantu meringankan rasa nyeri dan mengurangi infeksi. Kamu dapat mengunakannya beberapa tetes pada kaki.

4. Hindari memakai sepatu sempit

4. Hindari memakai sepatu sempit
Freepik

Cantengan adalah suatu kondisi yang sangat menyiksa. Kaki yang cantengan tidak bisa memakai sepatu, sebab tekanan yang diakibatkan sepatu akan menambah rasa sakitnya.

Cara megobatinya dengan tidak memakai sepatu yang terlalu sempit seperti high heels, hingga membuat jemari kaki saling berdempetan.

Menggunakan sepatu yang terlalu sempit dapat memberikan tekanan pada jari-jari kaki, sehingga dapat menyebabkan kuku tumbuh semakin ke dalam jaringan di sekitarnya. Nah, sebaiknya gunakan sepatu yang longgar terlebih dulu hingga cantengannya sembuh. 

5. Periksa ke dokter

5. Periksa ke dokter
Freepik/minervastudio

Saat kuku cantengan, pasti rasanya sangat sakit. Sedangkan kuku yang terkena cantengan atau paronychia biasanya masuk ke dalam dan menusuk daging, sehingga membengkak dan saat nyeri.

Untuk mengobatinya, kamu bisa pergi ke dokter untuk membantu mencabutkan kuku yang menancap terlalu dalam di kulit. Doker pun akan mengeluarkan nanah untuk mengurangi perluasan infeksi.

Jika tidak diobati secepat mungkin, kuku cantengan dapat menginfeksi tulang di bawahnya dan menyebabkan infeksi yang serius.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!