TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental, Bisa Mengurangi Kecemasan

Praktik mindfulness juga memberi manfaat untuk kesehatan mental dan fisik jangka panjang

27 Desember 2021

Manfaat Mindfulness Kesehatan Mental, Bisa Mengurangi Kecemasan
Pexels/Andrea Piacquadio

Praktik mindfulness saat ini menjadi bagian dari perawatan kesehatan mental. Mengapa? Karena penelitian menunjukan bahwa mindfulness dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. 

Praktik mindfulness melibatkan metode pernapasan serta cara lain untuk membuat rileks tubuh dan pikiran. Latihan mindfulness secara teratur meningkatkan manajemen stres dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. 

Tidak hanya itu, praktik mindfulness juga memberi manfaat untuk kesehatan mental dan fisik jangka panjang. Mindfulness terbukti memperlambat penuaan pada tingkat genetik serta dikaitkan dengan otak yang lebih sehat. 

Penasaran apa saja manfaat lainnya dari latihan mindfulness? Berikut Popmama.com rangkum manfaat mindfulness bagi kesehatan mental yang dikutip dari laman American Psychological Association. 

1. Mindfulness mengurangi ruminasi atau perenungan

1. Mindfulness mengurangi ruminasi atau perenungan
Pexels/Andrea Piacquadio

Ruminasi yang dimaksud ialah kecenderungan memikirkan sesuatu berulang kali. Dilansir dari laman American Psychological Association, beberapa penelitian telah menunjukan bahwa mindfulness dapat mengurangi perenungan. 

Mindfulness dapat membuat seseorang mengalami sedikit gejala depresi serta memiliki kapasitas memori kerja yang jauh lebih baik dan lebih mampu untuk dipertahankan dibandingkan mereka yang tidak melakukan mindfulness. 

2. Mindfulness dapat mengurangi stres

2. Mindfulness dapat mengurangi stres
Pexels/Mikhail Nilov

Praktik mindfulness meningkatkan pengaruh positif dan mengurangi kecemasan serta pengaruh negatif, hal ini juga didasari oleh banyak penelitian yang menunjukan bahwa berlatih mindfulness mengurangi stres. 

kelompok mindfulness memiliki reaktivitas saraf yang lebih sedikit ketika mereka terpapar film sedih, dan mereka menunjukkan respons saraf yang sangat berbeda saat menonton film sedih dibandingkan sebelum mereka melakukan mindfulness. 

Praktik mindfulness dapat meningkatkan kemampuan orang untuk menggunakan strategi pengaturan emosi dengan cara yang lebih baik sehingga pengendalian emosinya lebih selektif, dan bahwa emosi yang dialami dapat diproses secara berbeda di otak. 

Editors' Picks

3. Meningkatkan memori kerja

3. Meningkatkan memori kerja
Pexels/Andre Furtado

Sebuah studi pada tahun 2010 oleh Jha Et Al yang dilansir dari laman American Psychological Association, mendokumentasikan manfaat dari mindfulness di antara kelompok militer yang berpartisipasi dalam praktik mindfulness selama 8 minggu dengan kelompok militer dan warga sipil yang tidak melakukan praktik mindfulness. 

Para peneliti menemukan bahwa kelompok militer yang tidak melakukan praktik mindfulness mengalami penurunan kapasitas memori kerja dari waktu ke waktu, sedangkan kapasitas memori kerja di antara warga sipil yang tidak melakukan praktik mindfulness stabil sepanjang waktu. 

Namun, dalam kelompok militer yang melakukan mindfulness, kapasitas memori kerja meningkat dengan latihan meditasi. Selain itu, latihan mindfulness berhubungan langsung dengan efek positif.

4. Latihan mindfulness membantu lebih fokus

4. Latihan mindfulness membantu lebih fokus
Pexels/Andrea Piacquadio

Praktik mindfulness memengaruhi kemampuan kita untuk memusatkan perhatian dan menekan beberapa informasi yang sekiranya mengganggu. Orang-orang yang melakukan mindfulness memiliki kinerja yang lebih baik secara signifikan. 

Mindfulness membuat kita memiliki kesadaran yang lebih tinggi, karena mindfulness ada kaitannya langsung dengan fleksibilitas kognitif dan fungsi perhatian. 

5. Mindfulness mengurangi reaksi emosional

5. Mindfulness mengurangi reaksi emosional
Pexels/Andrea Piacquadio

Mindfulness menurunkan reaktivitas emosional. Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang telah berlatih mindfulness selama satu bulan bahkan 29 tahun. Para peneliti menemukan bahwa latihan mindfulness membantu orang melepaskan diri dari hal-hal atau gambaran yang mengecewakan. 

Hal-hal yang mengecewakan termasuk di dalamnya mengecewakan secara emosional dan memungkinkan kita untuk lebih fokus pada tugas kognitif dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berlatih mindfulness. 

6. Lebih banyak fleksibilitas kognitif

6. Lebih banyak fleksibilitas kognitif
Pexels/Natalie

Selain membantu kita menjadi kurang reaktif terhadap hal-hal yang mengecewakan, mindfulness juga dapat memberikan kita fleksibilitas kognitif yang lebih besar. Mindfulness mengaktifkan wilayah otak yang berkaitan dengan respons yang lebih adaptif terhadap situasi stres atau negatif. 

7. Mindfulness dapat meningkatkan kesejahteraan

7. Mindfulness dapat meningkatkan kesejahteraan
Pexels/Andrea Piacquadio

Latihan mindfulness meningkatkan wawasan diri, moralitas, intuisi dan modulasi rasa takut. Tidak hanya itu, mindfulness meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesejahteraan dan pengurangan tekanan psikologis. 

Praktik mindfulness yang belum banyak dilakukan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mental jiak rutin dilakukan. Mindfulness meningkatkan kecepatan memproses informasi serta mengurangi pikiran berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan. 

Demikian informasi mengenai manfaat mindfulness untuk kesehatan mental. Semoga informasi ini dapat membantu kita semua agar mempunyai mental yang sehat melalui praktik mindfulness. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk