Penting! Ini 7 Makanan untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Selain merawat wajah, mengomsumsi makanan ini juga penting

9 Oktober 2020

Penting Ini 7 Makanan Mengatasi Kulit Berminyak
Freepik/Katemangostar

Wajah berminyak bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengomsumsi makanan sehat. Popmama.com punya 7 jenis makanan yang bisa membantu mengatasi kulit berminyak. 

Saat kulit berminyak, wajah cenderung lebih cepat kusam dan berjerawat. Ada banya faktor yang menyebabkan hal ini, mulai dari gaya hidup sampai cara makan. 

Jika selama ini kamu sudah merasa maksimal dalam merawat wajah namun tidak menemukan perubahan signifikan, mungkin saatnya mencoba untuk mengatasinya dari tempat lain yaitu makanan. 

Inilah 7 jenis makanan yang bisa membantu mengatasi kulit berminyak. 

1. Gandum utuh kaya serat yang penting untuk kesehatan kulit

1. Gandum utuh kaya serat penting kesehatan kulit
Pixabay/tangyi178

Gandum utuh seperti beras coklat, barley, oat, dan bahkan jagung, memiliki serat yang tinggi dan baik untuk kesehatan kulit. 

Serat ini mampu memperbaiki pencernaan serta bisa menyerap lemak berlebih. Tak hanya berat badan bisa turun, namun kulit wajah bisa bebas minyak saat rutin mengonsumsi makanan ini. 

2. Air kelapa yang kaya akan vitamin C

2. Air kelapa kaya akan vitamin C
Parentinghealthybabies.com

Salah satu masalah kulit berminyak adalah kurangnya hidrasi. Dengan mengomsumsi air yang cukup, minyak di wajah pun bisa berkurang. 

Selain air putih, kamu juga bisa rutin mengonsumsi air kelapa karena tinggi vitamin C yang baik untuk kulit. Selain itu, air kelapa juga bisa menghindari kemungkinan wajah mengalami breakout dan pigmen wajah yang tidak rata. 

Editors' Picks

3. Pisang yang kaya vitamin D

3. Pisang kaya vitamin D
freepik.com/008melisa

Pisang mengandung sumber vitamin D dan postasium yang baik untuk tubuh. Fungsinya untuk mengeluarkan racun dari tubuh yang tentu baik untuk pencernaan dan juga kulit. 

Mengonsumsi pisang secara rutin bisa mengurangi kemungkinan pori terbuka lebar. Dengan begitu, kotoran dan debu tidak mudah masuk dan minyak pun bisa berkurang. 

4. Lemon yang kaya antioksidan

4. Lemon kaya antioksidan
freepik.com/freepik

Lemon merupakan salah satu buah yang sering menjadi andalan bagi kulit yang berminyak. Buah yang satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. 

Lemon memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih di wajah dan memberikan kesan lembut dan kenyal. Kamu bisa mengonsumsi honey lemon shot setiap pagi. Jika tidak iritasi, kamu bisa menggunakan sisa perasan lemon untuk diusap ke wajah. Segar!

5. Coklat hitam juga mampu mengatur minyak berlebih di wajah

5. Coklat hitam juga mampu mengatur minyak berlebih wajah
Freepik

Kamu bisa mengonsumsi coklat tanpa merasa bersalah. Eits, tapi hanya coklat hitam yang mengandung 70% kokoa ya!

Coklat hitam kaya akan flavonoid yang penting untuk menjaga kulit dari iritasi. Makanan yang satu ini juga bisa mengatur minyak berlebih di wajah. 

6. Brokoli mampu mengurangi produksi minyak di wajah

6. Brokoli mampu mengurangi produksi minyak wajah
Freepik

Untuk kamu yang ingin lebih banyak mengonsumsi sayuran, bisa memilih brokoli. Sayur yang satu ini tinggi akan vitamin A dan C. 

Brokoli tak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga punya pengaruh besar bagi wajah. 

Sayuran berbonggol ini bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Saat mengonsumsi brokoli secara rutin, kulit wajahmu bisa lebih sehat dan ternutrisi dengan baik. 

7. Flaxseed yang kaya akan omega 3

7. Flaxseed kaya akan omega 3
Freepik/azerbaijan_stockers

Flaxseed memiliki banyak kebaikan bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah mengurangi kemungkinan sakit jantung, menjaga kesehatan pencernaan, dan juga mengurangi produksi minyak di wajah. 

Ya, dengan mengonsumsi flaxseed secara rutin, kamu bisa menjaga produksi minyak di wajah dengan lebih baik. Kandungan asam lemak omega 3 di flaxseed mampu membuat wajah lebih segar dan bersinar. 

Itulah 7 makanan yang bisa kamu konsumsi rutin untuk wajah yang bebas minyak dan lebih sehat. Hindari makanan padat lemak jenuh dan fast food agar tubuh dan wajah tetap sehat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.