10 Artis Alumni Universitas Indonesia, Ada yang Cum Laude!

Berbakat dan berprestasi, ya!

23 Juli 2021

10 Artis Alumni Universitas Indonesia, Ada Cum Laude
kampusaja.com

Beberapa waktu belakangan, pemberitaan tengah dihebohkan dengan polemik rangkap jabatan dari Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro sebagai wakil komisaris utama Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI melarang rektor UI merangkap jabatan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk sebagai komisaris. Semakin memunculkan persoalan ketika pemerintah melakukan revisi Statuta UI dengan peraturan baru PP Nomor 75 Tahun 2021 bahwa rangkat jabatan rektor UI di BUMN hanya dilarang untuk jabatan direksi.

Pemberitaan terbaru, Ari Kuncoro dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil komisaris utama.

Bicara soal Universitas Indonesia, ternyata kampus negeri ini menghasilkan alumni keren dari dunia hiburan lho. 

Bagi public figure, terjun ke dunia entertainment tidak berarti mengesampingkan pendidikan. Banyak seleb tetap fokus menempuh pendidikan sampai universitas. 

Universitas Indonesia adalah salah satu universitas negeri yang favorit. Beberapa seleb sempat mengenyam pendidikan di sana dan berhasil lulus. Bahkan banyak juga yang lulus dengan nilai yang memukau. 

Dirangkum Popmama.com, inilah para seleb yang juga merupakan alumni dari Universitas Indonesia. 

1. Dian Sastrowardoyo berhasil meraih cum laude saat lulus

1. Dian Sastrowardoyo berhasil meraih cum laude saat lulus
Instagram.com/therealdisastr

Dian Sastro terkenal sebagai aktris yang tak hanya cantik namun juga berbakat. Di balik bakatnya yang berkilau di dunia entertainment, Mama 2 anak ini juga punya prestasi di bidang akademik yang tak kalah keren. 

Dian mengambil pendidikan S1-nya di jurusan Filsafat, Fakultas Ilmu Budaya, UI. Tak puas sampai di sana, ia juga melanjutkan studinya dengan melakukan lintas fakultas. 

Ia mengambil pendidikan S2 di Fakultas Ekonomi, UI. Meski sibuk bekerja dan menjadi ibu, pemeran Cinta dalam film AADC ini berhasil meraih predikat "Cum Laude" saat lulus. 

2. Nicholas Saputra lulusan jurusan Teknik Arsitektur nih

2. Nicholas Saputra lulusan jurusan Teknik Arsitektur nih
Instagram.com/unicefindonesia

Nicholas Saputra juga meramaikan deretan artis jebolan UI. Ia masuk ke jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, UI. Ia pun mengaku memilih universitas negeri karena tidak ingin membebani orangtuanya. 

Pria yang lulus tahun 2006 ini juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengikuti proses wisuda. Padahal, banyak sekali yang penasaran dengan penampakannya dengan toga. 

3. Tasya Kamila meneruskan kuliah di Columbia setelah lulus dari UI

3. Tasya Kamila meneruskan kuliah Columbia setelah lulus dari UI
Instagram.com/tasyakamila

Sebelum menyabet gelar Master of Public Administration di Columbia University, AS, Tasya lebih dahulu mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia. 

Mama 1 anak ini memilih jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UI. Tak main-main, lho, ia masuk ke sana dengan jalur undangan. Wah!

Meski sebenarnya ia ingin sekali masuk ke Fakultas Kedokteran, namun karena kesibukannya saat itu, ia akhirnya memutuskan untuk masuk ke Fakultas Ekonomi. Terlebih, mendiang ayahnya pun berkarir sebagai dosen akuntansi. 

4. Andien Aisyah jebolan jurusan FISIP UI

4. Andien Aisyah jebolan jurusan FISIP UI
Instagram.com/andienaisyah

Pelantun lagu Gemintang ini juga merupakan salah satu alumni UI. Ia mengenyam pendidikan S1 di jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, UI pada tahun 2003. 

Penyanyi jazz dengan suara yang merdu dan khas ini melewatkan wisudanya bersama Dian Sastro dan sempat menyumbangkan lagu di acara tersebut. 

Editors' Picks

5. Tika Bravani sempat jalani kuliah sambil bekerja

5. Tika Bravani sempat jalani kuliah sambil bekerja
Popmama.com/Sweet Escape

Tika Bravani juga salah satu jebolan FEUI tahun 2008. Pemeran Fatmawati dalam film "Soekarno: Indonesia Merdeka" ini bisa menyesuaikan kesibukannya bekerja dan belajar semasa kuliah. 

Meski banyak tawaran pekerjaan, ia tetap mengutamakan belajar. Akhirnya, kerja keras berbuah manis karena karirnya melesat jauh setelah lulus. 

6. Rachel Amanda alumni Fakultas Psikologi UI

6. Rachel Amanda alumni Fakultas Psikologi UI
instagram.com/auroramanda95

Mantan artis cilik Rachel Amanda punya kisah berbeda saat menjalani studinya di UI. Ia pertama kali lolos SNMPTN dan diterima di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. 

Setelah belajar setahun, ia menyadari bahwa ini bukanlah jurusan yang sesuai dengan minatnya. Akhirnya ia berusaha dari awal dan mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya. 

Ia akhirnya masuk ke Fakultas Psikologi UI dan lulus pada tahun 2018. 

7. Tompi mendapat gelar spesialis bedah plastik di UI

7. Tompi mendapat gelar spesialis bedah plastik UI
Instagram/dr_tompi

Dr Teuku Adifitrian atau yang biasa dikenal dengan nama Tompi adalah seorang alumni UI. Ia tak hanya menjalani pendidikan S1 di sini, namun juga melanjutkan S2 di fakultas yang sama. 

Tompi adalah seorang lulusan S1 dari Fakultas Kedokteran UI. Ia melanjutkan studi S2 dengan gelar spesialis bedah plastik. 

8. Raditya Dika juga melanjutkan kuliah di luar negeri setelah lulus dari UI

8. Raditya Dika juga melanjutkan kuliah luar negeri setelah lulus dari UI
Instagram.com/raditya_dika

Selanjutnya, penulis sekaligus Youtuber Raditya Dika yang juga merupakan salah satu alumni UI. Ia memilih pendidikan di fakultas Ilmu Politik, FISIP UI. 

Ia juga sempat melanjutkan kuliah S2 di luar negeri, tepatnya di Universitas Adelaide, Australia.  

9. Intan Nuraini menjadi alumni UI sebagai sarjana Sastra Indonesia

9. Intan Nuraini menjadi alumni UI sebagai sarjana Sastra Indonesia
Instagram.com/intan_nuraini23

Jurusan Sastra Indonesia menjadi pilihan Intan Nuraini dalam menjalankan masa belajarnya di Kampus Kuning ini.

Mengantongi gelar sarjana, Intan sempat berniat ingin menjadi guru taman kanak-kanak (TK). Ia mengatakan dalam sebuah wawancara, bahwa dari masa kuliah memang ingin menjadi guru TK karena sangat menyukai anak-anak. 

10. Annisa Pohan berhasil lulus S2 dengan predikat cum laude di UI

10. Annisa Pohan berhasil lulus S2 predikat cum laude UI
Instagram.com/annisayudhoyono

Nah, alumni yang terakhir adalah Annisa Pohan!

Annisa Pohan berhasil lulus S2 dengan predikat cum laude di Universitas Indonesia lho. Mantu dari Susilo Bambang Yudhoyono ini menyelesaikan program Magister Management di Universitas Indonesia selama 1,5 tahun.

Saat lulus tahun 2013 lalu, Annisa menegaskan kepada wartawan yang datang ke acara wisudanya bahwa dirinya mendapat gelar tersebut karena jerih payah dalam mengerjakan tugas dan ujian. Baginya nggak ada perlakuan khusus dari dosen meski ia saat itu adalah menantu presiden. 

Itu dia beberapa seleb yang merupakan lulusan UI dan berhasil memahat prestasi saat belajar. Jadikan contoh yang baik, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.