Eksklusif: Duma Riris dan Judika Mengajarkan Kedua Anaknya Mendoakan Orang Lain Sedari Kecil

Bagi Duma Riris, pendidikan agama yang diperkenalkan ke anak-anak bisa menjadi investasi jangka panjang

11 Desember 2020

Eksklusif Duma Riris Judika Mengajarkan Kedua Anak Mendoakan Orang Lain Sedari Kecil
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Agama tentu menjadi pondasi utama yang perlu diperkenalkan keluarga kepada anak sejak usia dini. Pengenalan agama yang baik tentu akan membantu mengembangkan karakter anak serta semakin dekat dengan sang Pencipta.  

Sebagai mama dua orang anak, Duma Riris juga sudah memperkenalkan serta memberikan pendidikan agama sedari kecil untuk Cleo (6) dan Judeo (4). Bersama dengan Judika, ia memiliki cara tersendiri agar kedua anaknya mempunyai kedekatan dengan sang Pencipta dan memahami agama yang dianut. 

"Menurut saya pribadi sebagai orangtua, memperkenalkan agama ke anak itu merupakan sebuah investasi panjang panjang. Agama akan menjadi landasan atau pedoman hidup untuk anak-anak, sehingga mereka bisa menghadapi kehidupan yang sebenarnya nanti," ucap Duma Riris ketika diwawancarai eksklusif pada Jumat (4/12/2020). 

Bagi Duma, ketika nilai-nilai agama sudah tersampaikan dengan baik ke anak tentu akan membantu membentuk karakter mereka ke arah yang lebih positif. 

Jika Mama ingin mengetahui cara Duma Riris dan Judika mengajarkan kedua anaknya pembelajaran mengenai agama, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara eksklusif. 

Simak wawancara eksklusif bersama Duma Riris sebagai Millennial Mama Of The Month Desember 2020 yuk, Ma!  

1. Duma Riris mengajarkan kedua anaknya untuk selalu mendoakan orang lain

1. Duma Riris mengajarkan kedua anak selalu mendoakan orang lain
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Sejak kecil, Cleo dan Judeo sudah diperkenalkan bahwa ada banyak keanekaragaman agama. Setiap agama pun mempunyai nilai-nilai baik dan selalu menyebarkan cinta kasih. 

"Cleo dan Judeo itu masih anak-anak, jadi mengenalkan agama ke mereka masih yang dasar belum terlalu ribet. Selain mengenalkan untuk selalu doa setiap mau makan, saya dan Judika juga menerapkan doa sebelum tidur secara konsisten," ucap Duma. 

Doa setiap malam hari terus diterapkan oleh Duma ke anak-anaknya, sehingga menjadi kebiasaan positif yang ditanamkan sejak kecil. 

"Setiap jam 10 malam, saya dan suami mengajak anak-anak berdoa untuk mendoakan semua orang. Cleo dan Judeo di momen tersebut bisa mendoakan siapa saja mulai dari keluarga, asisten rumah tangga bahkan supir. Pesannya di sini biar mereka bisa mendoakan hal-hal yang baik kepada siapa saja," jelasnya. 

Duma pun menceritakan momen unik, ketika anak-anaknya main ke rumah Anang Hermansyah untuk bertemu Arsy. Dari pertemuan pertama tersebut, Duma terkejut karena kedua anaknya mendoakan Arsy ketika momen jam doa malam. 

"Jadi di momen jam doa malam itu, anak-anak mendoakan agar Arsy agar tetap sehat dan bisa menjadi teman karena mereka pun memang baru pertama kali bertemu," jelas mama dua anak ini. 

Cara Duma mendidik kedua anaknya ini bisa menjadi referensi tersendiri, termasuk ketika mendoakan hal-hal baik untuk orang lain. 

Kebiasaan positif yang dijalani secara konsisten setiap harinya dapat menjadi bekal tersendiri di dalam hidup anak. 

Editors' Picks

2. Rutin melakukan ibadah kecil selama pandemi Covid-19

2. Rutin melakukan ibadah kecil selama pandemi Covid-19
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Terkait dengan pengenalan agama, Duma Riris dan Judika sudah membiasakan anak-anaknya untuk menjalani ibadah bersama. Jika sebelumnya kedua anak-anak mereka pergi ke gereja untuk beribadah setiap minggu, namun saat pandemi Covid-19 diharuskan untuk melakukan ibadah kecil di rumah secara virtual. 

Cleo dan Judeo yang sudah paham tentang virus corona pun mengerti kalau ibadah setiap minggu di tahun ini harus dijalani secara virtual.

"Ibadah online untuk anak-anak yang sekarang sudah dilengkapi dengan cerita animasi. Jadi Cleo dan Judeo tidak mengikuti ibadah online bersama orang dewasa, namun ada sesi tersendiri," ucap Duma. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif, Duma mengatakan bahwa ibadah online yang dijalani oleh kedua anaknya lebih ke arah animasi dan cerita-cerita Alkitab. 

"Ibadah online setiap minggunya, mereka akan menonton beragam animasi yang memiliki pesan-pesan pembelajaran tersendiri," jelasnya. 

Menurut Duma, ibadah online versi anak-anak ini membantu karena tidak membuat Cleo dan Judeo menjadi mudah bosan.

3. Duma Riris dan Judika memberikan fasilitas penunjang, sehingga kedua anaknya semakin dekat dengan sang Pencipta

3. Duma Riris Judika memberikan fasilitas penunjang, sehingga kedua anak semakin dekat sang Pencipta
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Sebagai orangtua yang berperan memberikan bimbingan untuk kedua anak-anaknya, Duma Riris dan Judika menyediakan fasilitas penunjang agar mereka lebih mengenal sang Pencipta. 

"Cleo dan Judeo sebenarnya memiliki buku cerita Alkitab yang versi anak-anak, sehingga kalau dibuka membuat mereka lebih tertarik karena berisikan banyak gambar. Apalagi banyaknya gambar di dalam versi Alkitab ini membuat isinya tidak berat ketika dibaca oleh anak-anak," jelas Duma. 

Dari ketertarikan kedua anak Duma ketika membaca Alkitab versi bergambar menjadi peluang tersendiri untuk memperkenalkan agama sejak sedini mungkin. Ketika memiliki waktu luang bersama anak-anak, Duma pun membacakan berbagai kisah untuk Cleo dan Judeo. 

Cara Duma dan Judika ini bisa ditiru karena dapat meningkatkan daya tarik anak-anak, sehingga bisa menemukan celah untuk memperkenalkan agama sejak kecil.

4. Doa Bapa Kami seringkali diucapkan sebagai penutup ketika sedang berdoa 

4. Doa Bapa Kami seringkali diucapkan sebagai penutup ketika sedang berdoa 
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Bapa kami yang ada di dalam surga,
Dimuliakanlah nama-Mu,
Datanglah kerajaan-Mu,
Jadilah kehendak-Mu,
Di atas bumi seperti di dalam surga,
Berilah kami rejeki pada hari ini,
Dan ampunilah kesalahan kami,
Seperti kami pun mengampuni
yang bersalah kepada kami.
Dan janganlah masukkan kami
ke dalam pencobaan,
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

(Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya. Amin).

Doa Bapa Kami ini sudah mulai diperkenalkan oleh Duma Riris kepada anak-anaknya sebagai penutup setiap kali sedang berdoa. 

"Kalau Cleo sudah mulai hafal doa Bapa Kami yang ada di surga. Ini terlatih dari hari ke hari karena kalau doa penutup sering ada doa Bapa Kami," jelas Duma Riris. 

Ketika diwawancara oleh Popmama.com, Duma mengatakan bahwa Cleo sudah lancar dan hafal doa Bapa Kami. Sementara itu, kalau Judeo masih belum terlalu fasih dan hafal hanya di bagian setiap ujung kalimatnya saja. 

Perlu Mama ketahui bahwa Doa Bapa Kami memiliki tiga hal utama yang bisa diajarkan kepada anak-anak sejak dini, antara lain: 

  • Penyembahan kepada Bapa di surga. 
  • Permohonan kepada Bapa di surga. 
  • Penyerahan diri kepada Bapa di surga.

Selain doa tersebut dapat mengajarkan teladan tersendiri, anak-anak pun bisa  berkomunikasi kepada sang Pencipta.

5. Duma Riris memiliki tips tersendiri ketika memperkenalkan agama kepada anak-anaknya 

5. Duma Riris memiliki tips tersendiri ketika memperkenalkan agama kepada anak-anaknya 
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Setiap orangtua tentu memiliki strategi masing-masing ketika ingin memperkenalkan agama kepada kedua anaknya, begitu juga dengan apa yang dijalani oleh Duma Riris dan Judika. 

Kepada pembaca Popmama.com, Duma Riris memberikan tips tersendiri berdasarkan pengalamannya ketika mulai memberikan pemahaman mengenai agama kepada Cleo dan Judeo.  

"Kalau saya dan Judika sederhana sekali untuk mulai memperkenalkan agama ke anak-anak, dimulai dengan memberikan contoh kepada mereka. Anak lebih mudah meniru, jadi orangtua sebisa mungkin untuk memberikan contoh nyata. Dengan cara seperti ini, anak kecil akan lebih mengerti," jelas Duma. 

"Cobalah berikan contoh dimulai dengan berdoa di berbagai momen, saat lagi makan atau tidur. Ketika anak-anak melihat ini, mereka akan mengikuti dan menjadi sebuah kebiasaan positif," lanjutnya. 

Menurut Duma, anak-anak yang masih kecil sebenarnya tidak dijelaskan terlalu panjang terkait sedang memperkenalkan agama kepada mereka. Memberikan contoh bisa menjadi cara terbaik agar anak pelan-pelan belajar memahami sambil diajak untuk berdiskusi. 

Mengajak kedua anaknya untuk pergi ke rumah ibadah juga menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan agama. 
Walau di tengah pandemi Covid-19 seluruh aktivitas keagamaan dibatasi untuk kesehatan bersama, Duma tetap menyediakan sedikit waktu Cleo dan Judeo untuk mengikuti ibadah online. 

"Orangtua juga bisa memperkenalkan agama ke anak mereka melalui cerita, buku atau video animasi. Hanya saja kalau saya pribadi memilih untuk memberikan contoh di depan anak-anak, sehingga Cleo dan Judeo bisa meniru kebiasaan positif tersebut," ucap mama dua anak ini. 

Itulah beberapa cerita menarik dari Duma Riris yang sudah mulai memperkenalkan agama dan mengajarkan anak-anaknya untuk mendoakan orang lain sedari kecil. 

Semoga cerita dari Duma Riris ini bisa memberikan inspirasi tersendiri untuk keluarga lain ya, Ma. 

#MillennialMama of the Month Edisi Desember 2020 – Duma Riris

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Putri Syifa Nurfadilah
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Irma Erdiyanti
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Moch Reza Fahmi
Art Designer – Aristika Medinasari
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Duma's wardrobe - Jolie Clothing & Cottonink
Duma's Earing and necklace set (look 1) - La Komple
Duma's Earing (look 2 & 3) - Serayu  
Cleo and Judeo's wardrobe - Gingersnap 

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month

Duma Riris
Millennial Mama

Duma Riris

"Rehat sejenak mengembalikan kekuatanku untuk memberikan yang terbaik"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.