Terkait Virus Corona, 6 Seleb Ini Buka Suara di Media Sosial

Setiap keluarga tentu memiliki cara tersendiri agar tidak terkena penyebaran virus corona nih, Ma!

3 Maret 2020

Terkait Virus Corona, 6 Seleb Ini Buka Suara Media Sosial
Instagram.com/tantrisyalindri/achasinagaichasoebandono

Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto telah mengumumkan kasus pertama virus corona atau Covid-19 di Indonesia pada hari Senin (2/3/2020) kemarin. 

Dilansir dari IDN Times, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kasus tersebut diketahui pemerintah setelah adanya isu warga negara asing (WNA) Jepang yang positif terkena virus corona sedang berkunjung ke Indonesia.

Covid-19 masih membuat dunia ramai karena penyebarannya sangat cepat. Apalagi diketahui bahwa virus ini telah kurang lebih sejak akhir 2019 dan World Health Organization (WHO) menganggap wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional.

Dikutip dari peta Covid-19 yang dibuat oleh Universitas Johns Hopkins CSSE tercatat bahwa penderita virus corona paling banyak ditemukan di Cina dengan jumlah 80.143 kasus.

Perlu diketahui bahwa jumlah kasus Covid-19 sudah mencapai 90.427 secara global pada Kamis (3/3/2020) pukul 08.15 WIB. 

Terkait penyebaran virus ini yang sudah ditemukan di Indonesia, beberapa seleb yang telah memiliki anak atau sedang hamil juga angkat suara. 

Tantri Kotak, Alyssa Soebandono, Tya Ariestya, Thalita Latief, Rachel Vennya dan Acha Sinaga melalui Instagram pribadi mereka ikut menyikapi penyebaran virus corona. 

Jika Mama ingin tahu selengkapnya, kali ini Popmama.com telah merangkum berdasarkan cerita mereka di Instagram. 

1. Tantri Kotak meningkatkan kekebalan tubuh lewat makanan sehat

1. Tantri Kotak meningkatkan kekebalan tubuh lewat makanan sehat
Instagram.com/tantrisyalindri

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun perlu sekali ditingkatkan agar tubuh kuat dalam mengatasi berbagai kuman penyakit. Hal ini dikarenakan saat tubuh lemah, maka kuman tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi. 

Terkait dengan jumlah kasus Covid-19 yang sudah sangat meningkat, maka Tantri Kotak pasca persalinan mulai kembali mengonsumsi makanan sehat

Melalui unggahan pribadinya di Instagram, Tantri menjelaskan bahwa dirinya sendiri sedang meningkatkan kekebalan tubuh dengan asupan bergizi. 

"Memulai makan sehat kembali. Ini bukan diet. Jadi masih boleh cemal cemil, tetapi tetap harus cemilan sehat. Wes musim virus yuk benerin antibodi kita dengan asupan bergizi dan lifestyle yang oke. Stay safe ya gais," kata Tantri Kontak. 

Perlu diketahui bahwa dalam meningkatkan kekebalan tubuh, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dengan baik. 

Beragam jenis makanan yang perlu diperhatikan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh agar dapat menghalau infeksi, seperti:  

  • Brokoli mengandung banyak serat serta antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C dan E. 
  • Bayam mengandung banyak beta karoten, vitamin C dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. 
  • Bawang putih mengandung zat allicin yang mampu menjaga kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.
  • Buah-buahan seperti pepaya, jeruk, lemon, kiwi, mangga, jambu dan stroberi dapat berperan dalam menjaga sistem kekebalan. 

Walau terkesan sederhana, namun asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari memang perlu diperhatikan dengan baik. 

2. Alyssa Soebandono mengingatkan untuk tetap memberikan edukasi pada anak

2. Alyssa Soebandono mengingatkan tetap memberikan edukasi anak
Instagram.com/ichasoebandono/

Alyssa Soebandono tak hanya sibuk menjalani rutinitas kesehariannya saja, namun sebagai seorang Mama dan istri dirinya pun berusaha selalu mementingkan serta menjaga kesehatan keluarga.

Penyebaran kasus Covid-19 yang sudah sampai ke Indonesia pun membuat Alyssa tak henti-hentinya untuk berperan dalam memproteksi keluarga dari segala virus.  

Dalam unggahan Instagram @Amrazing alias Alexander Thian saat membahas tentang virus corona yang telah resmi masuk Indonesia, Alyssa pun ikut berkomentar. 

Terkait pencegahan, Mama dua anak ini pun sudah mulai mengedukasi anak-anaknya agar tidak menyentuh area wajah. 

Bisa jadi tambahan terutama untuk yang punya anak-anak. Mulai bisa dikasih edukasi tentang tidak menyentuh area muka karena justru anak-anak belum paham. 

Tetapi, masker bisa menjadi salah satu cara supaya anak-anak nggak pegang area muka. Lalu, yang perlu diingat juga ketika kita nggak mau salaman, bukan berarti sombong. 

Tapi ini cara kita mencegah. Senyuman tulus bisa mewakili, kok. Sama, cuci tangan dengan cara yang benar. Terkesan lebay? Mungkin. 

Menurut Mama dua anak ini, tangan menjadi sumber kuman. Apalagi tangan digunakan untuk makan, pegang uang, pegang gagang pintu dan banyak hal lainnya. 

"Jadi kalau dikit-dikit kita cuci tangan, bukan berarti clean freak. Memang itu seharusnya kita lakukan, sejak dulu, sekarang dan nanti. Stay hydrated and boost your immune system. Stay safe and healthy everyone," ucap Alyssa. 

Editors' Picks

3. Tya Ariestya menggunakan semprotan anti virus di rumahnya

3. Tya Ariestya menggunakan semprotan anti virus rumahnya
Instagram.com/tya_ariestya

Setiap keluarga tentu memiliki cara tersendiri untuk memproteksi orang-orang yang dicintainya agar terhindar dari penyebaran Covid-19. 

Direct massage Tya Ariestya sempat ramai karena banyak pengikutnya di Instagram mulai menanyakan tentang semprotan anti virus yang dimilikinya. 

Terkait dengan semprotan anti virus perlu Mama ketahui bahwa ini bisa digunakan bila ingin rumah tetap steril. Hanya aja perlu bijak dalam memilih berbagai produk pilihan di pasaran. 

Usahakan untuk mencari bahan dasar natural tanpa tambahan zat kimia agar aman digunakan setiap hari. 

4. Thalita Latief mulai memproteksi keluarga melalui lingkungan di rumah 

4. Thalita Latief mulai memproteksi keluarga melalui lingkungan rumah 
Instagram.com/thalitalatief

Sekarang semua mulai panik karena Bapak Presiden sudah declare kalau virus berbahaya itu sudah masuk ke ibukota. 

Sedihnya giliran warganya mau siap-siap di rumah, segala anti bacterial seperti masker, hand sanitizer dan tissue basah kosong melompong di supermarket besar ataupun apotik-apotik besar. 

Gimana mau jaga-jaga penunjangnya aja nggak ada dan nggak sediakan yang lebih untuk masyarakat bisa berjaga-jaga. Selain kita menjaga asupan gizi yang baik dan juga ekstra vitamin, tetapi cuaca juga lagi ekstrim. 

Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi harus kita minimalisir. 

Nasib deh yang pada punya anak. Semangat!

Begitulah salah satu unggahan yang sempat dituliskan oleh Thalita Latief. Sebagai seorang Mama dirinya mengaku kecewa karena ketika sedang ingin mulai menjaga diri serta keluarga lewat lingkungan rumah, namun ketersediaan barang-barang yang dibutuhkan justru habis. 

Thalita pun sempat menuliskan komentar di Instagram milik Aming yang sedang membahas harga masker yang melonjak mahal. 

"Setuju. Aku muter banget nggak dapat juga hari ini, aku seorang ibu punya anak. Pengen juga jaga diri start dari lingkungan rumah, tetapi semua habis supermarket atau pun apotik. Bingung mesti apa," tulis Thalita di kolom komentar Aming. 

5. Rachel Vennya menyarankan untuk tidak terlalu panik, namun tetap waspada 

5. Rachel Ven menyarankan tidak terlalu panik, namun tetap waspada 
Instagram.com/rachelvennya

Masuknya kasus Covid-19 ke Indonesia memang memberikan dampak yang luar biasa, salah satunya kepanikan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya keluarga yang mulai membeli bahan-bahan makanan hingga berbagai produk untuk mencegah penyebaran virus. 

Foto serta video yang beredar di dunia maya terkait kepanikan warga Indonesia membuat Rachel Vennya merasa prihatin. 

“Aku sedang ada di sisi di mana, aku lebih takut kehabisan bahan makanan karena orang-orang lebih panik lagi dan mereka menghabiskan stok makanan di supermarket,” ucap Rachel. 

Pada unggahan InstaStory pribadinya, Rachel mengatakan bahwa waspada terhadap virus corona memang harus ditingkatkan apalagi memang belum ditemukan obatnya. Hanya saja, Mama dua anak ini mengingatkan agar tetap tenang karena kepanikan hanya dapat merugikan orang lain. 

"Tetap waspada, tetapi jangan panik yah guys. Kasihan yang nggak bisa beli stok makanan nanti kehabisan. Nanti harga bahan makanan, jadi mahal. Kasihan yang benar-benar membutuhkan," ucap Rachel. 

"Jangan karena dengan adanya virus corona, kita jadi tertular virus serakah. Selamat malam semua," tutupnya. 

Semoga terkait kepanikan yang terjadi pasca pemberitaan masuknya Covid-19 ke Indonesia tidak semakin parah dan justru akan merugikan orang lain ya, Ma. 

6. Acha Sinaga mengingatkan untuk banyak berdoa untuk meminta perlindungan sang Pencipta

6. Acha Sinaga mengingatkan banyak berdoa meminta perlindungan sang Pencipta
Instagram.com/achasinaga

Kehadiran Acha Sinaga di media sosial memang selalu memberikan motivasi dan inspirasi positif untuk banyak orang. Selain seringkali membagikan mengenai kesehatan yang perlu dijaga oleh ibu hamil, Acha pun kembali memberikan motivasi serta pengertian mengenai pemberitaan tentang masuknya Covid-19 ke Indonesia. 

“Untuk teman-teman di Indonesia, especially di Jakarta. Jangan panik karena corona. Di daerah rumahku di sini dulu sempat kena 1 orang terinfeksi pas awal corona masuk Sydney, tetapi aku yang hamil dan daya tahan tubuh lebih rendah puji Tuhan aman kok,” ucap Acha Sinaga. 

Menurut Acha hal yang terpenting untuk saat ini dilakukan yaitu berdoa meminta perlindungan kepada sang Pencipta. Selain berdoa ada beberapa hal yang penting yakni:

  • Kalau di luar rumah, usahakan untuk jangan memegang muka.
  • Bawa hand sanitizer atau tisu basah di tas just incase. 
  • Jaga daya tubuh jangan sampai drop. 
  • Kalau bisa jangan makan atau minum sembarangan dulu. 

“Penting sekali jaga diri dan berdoa, proteksi Tuhan nggak ada lawan,” kata Acha. 

Terkait penyebaran virus corona yang terjadi di Sydney beberapa waktu lalu, Acha mengatakan kalau masyarakat di sana sudah mulai tenang dibandingkan saat baru pertama kali ditemukan. 

Itulah beberapa seleb yang berkomentar di media sosial mengenai Covid-19 yang kini telah resmi masuk ke Indonesia.

Semoga beberapa tips dari mereka bisa membantu Mama sekeluarga tetap sehat. Semangat dan terus menjaga kesehatan!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.