12 Ucapan Tahun Baru Imlek yang Penuh Doa dan Harapan

Dalam menyambut tahun baru Imlek, yuk Ma, ucapkan pesan positif dan penuh harapan

2 Februari 2019

12 Ucapan Tahun Baru Imlek Penuh Doa Harapan
flickr.com/LeonardKong

Tahun baru imlek akan dirayakan pada Selasa, 5 Februari 2019 oleh mayarakat Tionghoa di seluru dunia. Momen ini diperingati dengan berbagai tradisi khas imlek, mulai dari pembagian angpau dan acara makan malam bersama keluarga besar.

Tahun Baru Imlek adalah perayaan terpenting orang Tionghoa. Dalam menyambut Tahun Baru Imlek yang penuh suka cita dan rahmat, tidak ada salahnya untuk saling mengucapkan selamat hari raya Imlek kepada orang-orang di sekitar yang juga merayakan.

Berikut Popmama.com telah merangkum 12 ucapan selamat Tahun Baru Imlek yang bisa kamu ucapkan untuk keluarga, sahabat, teman, tetangga, dan kerabat.

1. Gong Xi Fa Chai

1. Gong Xi Fa Chai
geograph.org.uk

Ucapan Gong Xi Fa Chai sudah tidak asing lagi terdengar saat perayaan imlek. Namun, banyak orang yang salah mengartikan ucapan ini. Gong Xi Fa Chai  memang sering diucapkan ketika tahun baru imlek tetapi arti sebenarnya bukan selamat tahun baru melainkan selamat berbahagia dan kaya raya dan sejahtera.

Baca juga: 11 Makanan Khas Imlek yang Menjadi Menu Wajib

2. Guònián hǎo

2. Guònián hǎo
flickr.com/IQRemix

Bukan lagi Gong Xi Fa Chai ya Ma, ucapan yang memiliki arti selamat tahun baru adalah  Guònián hǎo. Ucapan ini bisa Mama gunakan sebagai kalimat pembuka sebelum memanjatkan doa dan harapan untuk orang yang dituju.

3. Xīnxiǎng shì chéng

3. Xīnxiǎng shì chéng
flickr.com/IQRemix

Ucapan Xīnxiǎng shì chéng memiliki arti semoga semua keinginan kamu terwujud. Mama bisa menggunakan ucapan ini kepada siapa saja saat tahun baru imlek. Terlebih, kepada seseorang yang memiliki banyak harapan pada tahun ini.

4. Shēntǐ jiànkāng

4. Shēntǐ jiànkāng
pixabay.com/Silentpilot

Ucapan Shēntǐ jiànkāng bisa digunakan untuk mengucapkan selamat tahun baru imlek kepada seseorang yang sedang sakit atau dalam perawatan. Sebab, Shēntǐ jiànkāng memiliki arti semoga sehat selalu dan bisa menjadi doa untuk seseorang yang mengharapkan kesehatan.

Biasanya diutarakan kepada orang yang sepuh juga seperti kepada Opa dan Oma. 

5. Jīlíng huópō

5. Jīlíng huópō
pxhere.com

Jīlíng huópō berarti  kehidupan yang cerah dan penuh semangat. Ucapan ini sangat cocok diberikan untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Terutama, anak di bawah usia 10 tahun.

Selain sebagai ucapan di tahun baru imlek, Jīlíng huópō sekaligus menjadi doa dan harapan agar si Kecil tumbuh pintar dan aktif.

6. Gōngzuò shùnlì

6. Gōngzuò shùnlì
pxhere.com

Ucapan Gōngzuò shùnlì bisa Mama gunakan untuk mengucapkan selamat tahun baru imlek kepada Papa nih Ma. Sebab, Gōngzuò shùnlì memiliki arti semoga pekerjaan berjalan lancar.

Dengan mengucapkan Gōngzuò shùnlì pada tahun imlek diharapkan orang yang dituju bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan lancar.

Baca juga: Kenali 5 Fakta Pemberian Angpao Saat Perayaan Imlek

Editors' Picks

7. Shēngguān fācái

7. Shēngguān fācái
flickr.com/Paul

Jika Mama memiliki rekan bisnis atau teman yang sedang mengapai kesuksesan karier, ucapan Shēngguān fācái bisa menjadi pilihan ya Ma. Ucapan ini bisa Mama gunakan pada perayaan tahun baru ilmek untuknya, karena Shēngguān fācái berarti semoga menang dan menjadi kaya raya.

8. Jīnbǎng tímíng

8. Jīnbǎng tímíng
maxpixel.net

Jīnbǎng tímíng berarti semoga sukses dalam ujian. Ucapan ini bisa Mama gunakan untuk kerabat atau adik yang sedang mempersiapkan ujian atau seleksi penting.

Ucapan Jīnbǎng tímíng bisa menjadi doa dan harapan agar orang yang dituju berhasil melewati ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan, serta keberuntungan sepanjang tahun.

9. Héjiā xìngfú

9. Héjiā xìngfú
commons.wikimedia.org

Ucapan Héjiā xìngfú memiliki arti kebahagiaan untuk seluruh keluarga. Sehingga ucapan ini bisa menjadi pilihan Mama pada tahun baru imlek untuk seseorang yang baru saja menikah atau dikaruniai anak.  

10. Gōngxǐ fācái, hóngbāo ná lái

10. Gōngxǐ fācái, hóngbāo ná lái
cnbc.com

Jika Mama memiliki teman dengan selera humor, mungkin Gōngxǐ fācái, hóngbāo ná lái bisa Mama gunakan sebagai ucapan untuknya pada tahun baru imlek. Sebab, Gōngxǐ fācái, hóngbāo ná lái bisa diucapkan dengan nada bercanda kepada teman Mama. Gōngxǐ fācái, hóngbāo ná lái memiliki arti semoga sejahtera dan sukses, mana angpau merah ku.

11. Suì Suì Píng'ān

11. Suì Suì Píng'ān
commons.wikimedia.org

Ucapan Suì Suì Píng'ān berarti damai sepanjang tahun. Ucapai ini sangat baik diucapkan kepada siapa saja yang merayakan tahun baru imlek. karena berisi doa dan harapan agar mendapatkan ketenangan selama satu tahun kedepan.

12. Yuàn Jiérì De Yúkuài Bàn Nín Zhěng Gè Xīnnián

12. Yuàn Jiérì De Yúkuài Bàn Nín Zhěng Gè Xīnnián
Instagram.com/xsazha
Yuk, berlibur di hari Imlek bersama keluarga, Ma!

Tidak jauh berbeda dari ucapan sebelumnya, Yuàn Jiérì De Yúkuài Bàn Nín Zhěng Gè Xīnnián memiliki arti semoga kesenangan musim ini bisa memenuhi seluruh tahun. Cocok sekali untuk diucapkan kepada semua orang ya Ma.

Nah, itulah Ma 12 ucapan selamat tahun baru imlek yang bisa Mama ucapkan untuk sahabat, teman, tetangga, dan kerabat. Yuk Ma, sampaikan pesan positif dan penuh harap pada imlek tahun ini.

Baca juga: 5 Inspirasi Makeup Dramatis untuk Rayakan Imlek di Tahun Babi Tanah

Baca juga: 7 Makna Dibalik Hiasan Rumah yang Serba Merah pada Perayaan Imlek

Baca juga: Tampil Unik dengan 5 Ide Outfit Couple untuk Perayaan Imlek