Bersikan Rumah Pasca Banjir, 8 Rekomendasi Merek Disinfektan Ruangan

Disinfektan ruangan sangat diperlukan agar rumah bersih dan sehat terbebas dari virus juga bakteri

21 Februari 2021

Bersikan Rumah Pasca Banjir, 8 Rekomendasi Merek Disinfektan Ruangan
Unsplash/claybanks

Di masa pandemi ini menjaga kesehatan dan keamanan keluarga adalah hal prioritas. Keadaan yang tidak menentu membuat kita sebagai orangtua tidak boleh putus asa dalam melindungi keluarga kita.

Melindungi keluarga tidak hanya dari sisi asupan makanan yang masuk kedalam tubuh dan juga vitamin yang dikonsumsi, tetapi juga melindungi dari sisi keamanan yang ada di dalam tempat tinggal kita terutama ruangan-ruangan yang sering ditempati. 

Bersikan Rumah Pasca Banjir, 8 Rekomendasi Merek Disinfektan Ruangan
Dok. idcomm.id

dr. Maydie Esfandiari, Sp.P., dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) memberikan penjelasan dalam press conference secara virtual bertema Puressentiel Purifying Air Spray, Berikan Perlindungan Ekstra Kesehatan Keluarga Dalam Menghadapi Pandemi pada 21 Januari 2021 mengatakan tubuh membutuhkan oksigen dari udara untuk kelangsungan metabolisme.

"Oleh karena itu penting untuk memiliki udara yang bersih dan berkualitas seperti tidak berwarna, berbau, dan berasa; terasa segar bila dihirup; serta tidak bercampur dengan benda asing. Namun, seiring waktu, kualitas udara semakin memburuk sehingga muncul berbagai gangguan penyakit yang berbahaya dan sering dikeluhkan seperti infeksi saluran napas atas (ISPA), kanker, jantung, kulit hingga kondisi yang paling dikhawatirkan saat ini yaitu terpapar Covid-19," kata dr. Maydie. 

Beliau pun turut menjelaskan bahwa berdasarkan pernyataan WHO, penularan virus Covid-19 melalui udara atau airbone dapat terjadi pada ruangan tertutup yang berventilasi kurang baik dan dipadati banyak orang.

Maka sangat penting untuk selalu menjaga kualitas dan sirkulasi udara bersih di dalam ruangan agar tubuh tetap sehat dan bebas dari virus, bakteri, serta jamur yang dapat menyerang sistem pernapasan.

“Perhatikan sirkulasi udara dan letakkan ventilasi pada posisi yang tepat, jaga kebersihan benda-benda yang rentan menyerap debu, bakteri, jamur seperti mesin pendingin, karpet ataupun boneka," kata dr. Maydie. 

"Pelihara tanaman yang memberikan oksigen tambahan hingga menggunakan semprotan disinfektan yang aman untuk saluran pernapasan. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta protokol kesehatan dengan ketat. Selalu gunakan masker, cuci tangan, hindari keramaian, jaga imunitas tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin serta gunakan peralatan makan sendiri,” imbuh dr. Maydie

Nah Ma, untuk mendukung kebersihan udara bebas virus dan bakteri, berikut ini Popmama.commenyertakan beberapa rekomendasi disinfektan untuk ruangan yang efektif membunuh virus dan bakteri. 

1. Detol spray and wear

1. Detol spray and wear
Bukalapak.com

Barang ini sangat berguna bagi kamu yang ingin mendisinfektan pakaian atau barang yang yang berbahan dasar kain.

Selain sebagai disinfektan, Detol spray and wear ini juga dapat digunakan sebagai pelicin sebelum menyetrika pakaian kamu.

Produk ini mengklaim dapat membunuh kuman, bakteri dan virus hingga 99%. Sayangnya barang ini sangat jarang ditemukan di supermarket tetapi banyak dijual di marketplace online.

2. Saniter spray air

2. Saniter spray air
Bukalapak.com

Saniter adalah salah satu brand disinfektan yang sering sekali digunakan oleh masyarakat. Selain sangat mudah ditemukan di supermarket, Saniter juga mempunyai harga yang cukup affordable.

Tidak hanya digunakan untuk mendisinfektan udara saja mereka juga mempunyai produk yang dapat membantu disinfektan barang yang berbahan kain, atau furniture rumah lainnya. Bau yang dihasilkan oleh Saniter spray air ini juga sangat segar.

Editors' Picks

3. Cap lang eagle eucaplyptus

3. Cap lang eagle eucaplyptus
Tokopedia

Cap lang tidak hanya menghasilkan minyak kayu putih tetapi mereka berinovasi menghasilkan produk disinfektan dengan aroma kayu putih. Terdapat cairan kayu putih yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

4. Ikyusan organic baby air disinfectant

4. Ikyusan organic baby air disinfectant
shopee.co.id

Ikyusan banyak menjadi pilihan para Mama terutama untuk ruangan yang sering menjadi tempat bermain bayi dan anak kecil.

Disinfektan ini organik, sehingga aman untuk bayi dan anak kecil. Mereka tidak menggunakan bahan kimia dalam produk ini, menghasilkan bau yang segar dan sangat cocok untuk Mama yang mencari disinfektan yang aman untuk bayi atau anak kecil.

5. Momami bye bye bacteria

5. Momami bye bye bacteria
Tokopedia.com

Produk ini juga dapat menjadi pilihan Mama yang menginginkan produk tanpa bahan kimia.

Momami bye bye bacteria adalah disinfektan yang terbuat dari bahan natural atau organik. Sangat amat bagi bayi dan anak kecil.

Cukup menyemprotkan pada ruangan yang diinginkan dan disinfektan ini akan melindungi Mama sekeluarga.

6. Glade surface disinfectant and air sanitizer

6. Glade surface disinfectant and air sanitizer
Bukalapak.com

Tidak hanya sebagai disinfektan udara saja. Produk Glade surface disinfectant and air sanitizer juga dapat digunakan sebagai disinfektan barang-barang dan furniture di rumah. Sangat praktis dan bisa menghemat biaya.

7. Puressentiel Purifying Air Spray

7. Puressentiel Purifying Air Spray
Dok. idcomm.id

Puressentiel merupakan merek ternama asal Perancis yang berfokus pada produk perawatan kesehatan, aromaterapi dan kosmetik untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Menggunakan minyak essensial terbaik serta bahan aktif organik dan alami bersertifikasi, menjadikan produk Puressentiel ramah lingkungan.

“Puressentiel Purifying Air Spray merupakan produk yang aman, efektif dan mudah digunakan. Produk ini dapat melengkapi hygiene kit keluarga Indonesia dalam memberikan perlindungan ekstra melalui pemurnian atau pembersihan udara di dalam rumah, kantor, ataupun mobil agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, terutama pada kondisi pandemi seperti saat ini," kata Ida Ayu Suksmawadanti, Brand Manager Puressentiel.

Ida Ayu mengatakan melalui kampanye #StaySafeWithPuressentiel, kami ingin mengingatkan kepada publik akan pentingnya selalu menjaga kebersihan udara di lingkungan kita. 

8. Wipol disinfectant spray

8. Wipol disinfectant spray
Tokopedia.com

Wipol tidak hanya hadir sebagai produk pembersih lantai saja. Tetapi Wipol juga mengeluarkan produk disinfektan yang dapat digunakan oleh Mama dalam melindungi keluarga di rumah.

Wipol disinfectant spray sangat cocok untuk melindungi keluarga dari kuman, bakteri dan virus. Produk ini dapat digunakan untuk membersihkan gagang pintu, furniture, hingga barang-barang berbahan plastik seperti lemari plastik dan berbahan besi. 

Apapun pilihan Mama, semua barang di atas mempunyai satu tujuan untuk melindungi keluarga kita dari bakteri, virus dan kuman-kuman jahat. Semoga dapat membantu Mama dalam memilih perlindungan keluarga tapi ingat sesuaikan juga dengan kemampuan keluarga kita ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.