TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Film tentang Kiamat, Menegangkan!

Bisa membuat penontonnya lebih ingat akhirat

11 Agustus 2022

7 Rekomendasi Film tentang Kiamat, Menegangkan
Popmama.com/Aristika Medinasari

Ada banyak genre film yang bisa Mama dan keluarga nikmati sebagai pilihan hiburan. Apabila Mama mencari jenis film yang berisi adegan-adegan menegangkan, mungkin bisa memilih film tentang kiamat. 

Film tentang kiamat biasanya akan memunculkan adegan yang dapat membuat penontonnya merasa deg-degan. Mama pun bisa memiliki gambaran yang cukup jelas apabila waktu berakhirnya dunia ini terjadi. 

Selain bisa jadi pilihan tontonan yang seru, film tentang kiamat juga mungkin bisa membuat pemirsanya untuk segera bertaubat. Sebab, fenomena yang digambarkan cenderung mengerikan sehingga membuat penontonnya lebih mengingat kematian. 

Lantas, apa saja film tentang kiamat yang bisa Mama saksikan pada waktu luang? Berikut Popmama.com berikan rekomendasinya!

1. 2012

1. 2012
catchplay.com

Film berjudul "2021" yang rilis pada tahun 2009 ini merupakan film tentang kiamat yang paling fenomenal. 

Mama yang belum pernah menontonnya, wajib untuk menyaksikan film karya sutradara Roland Emmerich ini. 

Film tersebut dibuat karena pada saat itu merebak isu bahwasanya kiamat akan terjadi di tahun 2012. 

Untuk alur ceritanya sendiri bermula ketika suku Maya dan para pengikutnya yang percaya bahwa hari akhir akan terjadi pada 21 Desember 2012.

Menyadari situasi ini, pemerintah Amerika Serikat bersama organisasi rahasia IHC (Institute for Human Continuity) pun membangun sebuah tempat luas di bawah Pegunungan Himalaya untuk berlindung.

Namun sayangnya, rencana untuk menyelamatkan manusia dan harta bendanya tak berjalan semulus yang dikira. Sebab, ada banyak sekali goncangan menegangkan yang mulai bermunculan di muka bumi.

Mulai dari gempa bumi hingga tsunami dahsyat. Bahkan, ada juga hujan meteor yang mengancam seluruh keselamatan penduduk bumi.

2. How It Ends

2. How It Ends
forbes.com

Rekomendasi film tentang kiamat berikutnya yang bisa Mama tonton, yaitu How It Ends. 

Film yang diluncurkan pada tahun 2018 ini menceritakan tentang pasangan muda bernama Will dan Sam yang menantikan kehadiran buah hati pertama mereka. 

Keduanya berencana melakukan perjalanan ke rumah Sam yang terletak di Chicago untuk memberitahukan kabar bahagia mengenai kehamilannya. 

Namun sayang, orang tua sang istri tidak cocok dengannya sehingga Will gagal mengungkapkan tujuan awalnya. Di pagi hari setelah bangun dari tidurnya, Will pun berniat menghubungi Sam melalui panggilan video. 

Hal-hal aneh pun mulai terjadi, Will mendengar sederet suara misterius dan panggilan video itu pun terputus. Ketika memutuskan ingin kembali ke rumah, semua tujuan penerbangan pun dibatalkan. 

Situasi semakin menegangkan ketika film memperlihatkan berbagai kekacauan yang terjadi di dunia. Apakah Will dapat menyelamatkan diri dan menemui Sam dari peristiwa alam mengerikan ini? Tonton filmnya segera, Ma.

Editors' Picks

3. San Andreas

3. San Andreas
usatoday.com

San Andreas bisa menjadi salah satu film tentang kiamat selanjutnya yang dapat Mama tonton jika suka adegan-adegan menegangkan dalam layar kaca. 

Film yang dirilis pada tahun 2016 tersebut memiliki genre thriller action. Dengan menampilkan aktor kenamaan Dwayne Johnson sebagai Ray Gaines, seorang pilot helikopter. 

Karya arahan sutradara Brad Peyton ini menampilkan peristiwa bencana alam berupa gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,1 SR di wilayah Los Angeles. 

Ray yang sedang mengudara dan mengetahui hal tersebut pun lantas bergegas menjemput sang istri, Emma dan anak mereka bernama Blake. 

Namun dalam perjalanan, helikopter yang dikendarai mengalami kerusakan sehingga membuat mereka terpaksa menempuh jalur darat. 

Sayangnya, situasi justru semakin memburuk karena bencana alam lain bermunculan. Salah satunya tsunami sehingga suasana kian kacau.

4. Don't Look Up

4. Don't Look Up
latimes.com

Film tentang kiamat lainnya yang sukses membuat para penonton tegang, yakni "Don't Look Up" yang belum lama rilis sekitar tahun 2021 lalu. 

Don't Look Up bercerita tentang tokoh bernama Randall Mindy dan Kate Dibiasky yang berprofesi sebagai seorang astronom. Keduanya kemudian melakukan penelitian dengan pergi ke luar angkasa. 

Dalam perjalanan risetnya tersebut, Kate menemukan adanya pergerakan komet yang dapat meluluhlantahkan bumi dalam kurun waktu 6 bulan mendatang. 

Dari hasil penemuannya itu, Randall dan Kate pun bergegas kembali ke bumi untuk menyampaikan berita sekaligus bersiap melakukan pencegahan agar selamat dari ancaman bencana.

Sayangnya, penemuan yang dilontarkan oleh kedua astronom tersebut tak dihiraukan. Bahkan, dijadikan sebagai bahan lelucon oleh banyak orang.

Seolah tak peduli akan tanggapan orang lain, mereka pun tetap berusaha untuk menyusun rencana penyelamatan diri sebelum bencana itu benar-benar datang.

5. Krakatoa: The Last Days

5. Krakatoa The Last Days
moviemeter.nl

Mama pasti sudah tak asing lagi dengan Gunung Krakatau, bukan? Gunung berapi aktif ini tercatat pernah meletus di tahun 1883 dengan dampak yang sangat dahsyat di berbagai negara, tak hanya di Indonesia. 

Sejarah letusan gunung yang berada di Selat Sunda tersebut pun dijadikan sebagai film berjudul "Krakatoa: The Last Days". Dengan berisikan sederet adegan menegangkan yang menggambarkan peristiwa kiamat. 

Tak main-main, film yang dirilis pada tahun 2006 itu dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dari seorang ahli geologi dari Belanda, Rogier Verbeek (Kevin McMonagle).

Dalam film, diceritakan bahwa letusan Gunung Krakatau merupakan bencana alam gunung berapi yang paling mengerikan dalam sejarah dunia. 

Selain menelan banyak korban jiwa, meletusnya Gunung Krakatau juga menghilangkan sebagian besar tempat. Misalnya pulau-pulau kecil di sekitar Gunung Krakatau sehingga hanya menyisakan tiga pulau di bagian selatannya.

Tsunami pun terjadi di mana-mana, langit menjadi gelap selama bertahun-tahun. Bahkan, membuat perubahan pada iklim global karena turunnya suhu permukaan bumi hingga 1,2 derajat Celcius. 

6. Armageddon

6. Armageddon
d23.com

Film tentang kiamat yang juga cukup populer hingga saat ini, yaitu Armageddon yang rilis pada tahun 1998 silam. 

Karya film yang disutradarai oleh Michael Bay tersebut menceritakan tentang para ilmuwan NASA yang meramalkan adanya asteroid besar, yang akan menghantam bumi dalam waktu dekat. 

Oleh karena itu, ilmuwan NASA berupaya keras untuk mencari cara supaya hal tersebut dapat dihentikan dan kehidupan di bumi tetap damai. 

Salah satu cara yang ditempuh untuk mencegahnya adalah dengan mengebor dan memasang bom nuklir di perut asteroid tersebut. 

Demi melancarkan misinya, NASA kemudian bekerja sama dengan kelompok pengebor minyak bumi yang dikenal memilii reputasi terbaik karena berhasil mengebor lapisan permukaan bumi yang paling keras untuk mendapatkan minyak. 

Nah, dari sinilah berbagai drama yang menegangkan terjadi. Apalagi, waktu yang dimiliki kedua tim hanya tersisa selama 18 hari. Akankah misinya berhasil? Segera tonton film ini untuk mengetahui kelanjutan ceritanya, Ma.

7. Children of Men

7. Children of Men
imdb.com

Rekomendasi film tentang kiamat selanjutnya yang bisa Mama tonton, yaitu Children of Men rilisan tahun 2006.

Film ini bercerita tentang umat manusia yang berada dalam ambang kepunahan. Sebab, tidak ada lagi manusia yang lahir ke bumi. 

Namun, pengecualian ini terjadi pada satu ibu saja yang sedang mengandung anaknya. Oleh karena itu, perempuan tersebut dianggap sebagai harapan satu-satunya bagi seluruh umat manusia yang ada dalam film.

Perempuan yang tengah mengandung itu pun berusaha diselamatkan oleh seorang laki-laki sehingga ia bisa melahirkan di tempat aman, di tengah kekacauan situasi akibat sosial dan politik. 

Misi ini diharapkan menjadi sebuah keajaiban sehingga manusia di bumi bisa terus melanjutkan kehidupannya. 

Itu dia beberapa film tentang kiamat yang bisa Mama pilih untuk hiburan di kala waktu senggang. Manakah judul film yang paling menarik hati, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk