Enak dan Menyehatan, ini 7 Buah-buahan Pembersih Paru-Paru

Untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan bersih

2 April 2020

Enak Menyehatan, ini 7 Buah-buahan Pembersih Paru-Paru
Freepik

Sering mengirup udara kotor atau pun asap rokok tentu membuat kondisi paru-paru lebih cepat menghitam dan rusak. Untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru agar tetap sehat dan bersih dibutuhkan gaya hidup sehat.

Tak hanya gaya hidup sehat, kamu juga harus menyeimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya mampu membersihkan paru-paru. Seperti buah-buahan berikut ini yang memiliki kandungan mampu membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Selain berasal dari alam, buah juga minim resiko jika mengkonsumsinya. Berikut Popmama.com telah merangkum buah-buahan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu bersihkan paru-paru, yuk disimak!

1. Apel

1. Apel
Pexel/mareefe

Buah yang memiliki rasa manis dan lezat ini dianggap sebagai buah-buahan pembersih paru-paru, hal ini karena apel mengandung banyak vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan sistem pernapasan. Ketika sistem pernapasan sehat, tentu saja bisa membantu mencegah masalah penyakit paru-paru.

2. Blueberry

2. Blueberry
Freepik

Selain jeruk, blueberry ternyata juga mengandung antioksidan vitamin C yang sangat tinggi. Itulah mengapa buah yang memiliki warna gelap ini dipercaya mampu memberantas kerusakan radikan bebeas yang bisa menyerang paru-parumu.

Editors' Picks

3. Cranberry

3. Cranberry
Pixabay/michaelwedermann

Buah satu ini juga dipercaya mampu melawan bakteri di paru-paru yang menyebabkan infeksi. Kamu bisa memakan buah ini secara langsung ataupun dijadikan jus yang akan lebih menyegarkan dan tak mengubah khasiatnya.

4. Delima

4. Delima
Pixabay/Silviarita

Buah satu ini dikenal sebagai buah anti kanker bagi para perokok aktif. Buah delima dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit kronis dan berfungsi untuk menghambat tumbuh kembangnya sel-sel kanker. Penelitian juga menyebutkan buah ini memiliki ekstrak yang efektif dan terbukti menghambat tumor hingga kanker paru-paru.

5. Nanas

5. Nanas
Pixabay/Security

Memiliki rasa asam dan manis sekaligus, buah nanas juga disebut sebagai salah satu buah pembersih paru-paru. Mengandung enzim bromelain, buah ini siap bersihkan paru-paru dan toksin yang bernama nikotin. Cocok untuk dikonsumsi para perokok aktif untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru.

6. Anggur

6. Anggur
Freepik/jigsawstocker

Selain nanas, para perokok aktif juga bisa mengonsumsi buah anggur secara rutin untuk memantu bersihkan paru-parunya. Hal ini karena kandungan mineral dan vitamin pada anggur bisa membersihkan organ paru-paru dengan efektif dan mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh.

7. Pisang

7. Pisang
Pixabay/Alexas_Fotos

Buah yang memiliki warna khas kuning ini dipercaya mampu membersihkan paru-paru juga lho, ini karena kandungan kalium didalamnya yang membantu percepat proses pembersihan paru-paru dalam tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin, maka akan efektif membuat paru-parumu jauh lebih bersih.

Nah, itu dia beberapa daftar buah-buahan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu paru-paru agar tetap bersih dan sehat. Selain konsumsi makanan atau buah-buahan yang menyehatkan, yuk hentikan kebiasaan merokok dan mulai pola hidup yang lebih sehat dari sekarang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.