Resep dan Cara Membuat Rolade Ayam a la Chef Marinka

Rolade ayam a la Chef Marinka yang bisa jadi ide camilan di akhir pekan

26 September 2021

Resep Cara Membuat Rolade Ayam a la Chef Marinka
Instagram.com/rinrinmarinka

Bagi Mama yang memiliki keluarga pencinta olahan daging ayam, resep rolade ayam satu ini mungkin bisa jadi inspirasi yang cocok untuk menemani akhir pekan di rumah.

Salah satu menu yang bisa Mama coba di rumah adalah rolade. Tentu sudah tak asing dengan makanan satu ini dong ya, Ma. Kuliner yang mendapat pengaruh dari budaya Eropa ini berasal dari bahasa Prancis yang mana namanya adalah rouler atau berarti digulung.

Jika rolade pada umumnya menggunakan campuran daging cincang yang dilapisi terigu, telur, sagu, dan lain semacamnya, Chef Marinka dalam sesi kelas memasak yang diselenggarakan Sahabat Ibu Pintar pada Sabtu (25/9), justru membuatnya dengan versi original menggunak pure daging ayam.

Bagi Mama yang penasaran dan tertarik membuat rolade ayam yang seperti masakan khas Eropa, berikut Popmama.com telah merangkum resep dan cara membuat rolade ayam a la Chef Marinka.

Editors' Picks

Bahan-bahan yang digunakan:

Bahan-bahan digunakan
Pixabay/congerdesign

Bahan untuk olahan rolade:

  • Dada ayam 
  • Smoked beef
  • Jamur chopper
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Olive oil
  • Butter
  • Creame cheese atau selai keju (opsional)
  • Daun kucai

Bahan untuk olahan sayuran saat plating:

  • Asparagus
  • Tomat cherry
  • Kentang yang sudah dikukus

Bahan untuk saus rolade:

  • Terigu 1 sendok makan
  • Butter 1 sendok makan
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Air kaldu
  • Desean mustard

Cara membuat olahan rolade ayam:

Cara membuat olahan rolade ayam
Screenshot Cooking Class with Chef Marinka
  1. Siapkan daging ayam, pilih bagian dada. Setelah sudah dibersihkan, potong dengan teknik butterfly (pipihkan dibagi dua tetapi jangan sampai terbelah). 
  2. Setelah ayam sudah terbagi dua, gunakan pukulan makanan untuk memukul daging ayam tadi hingga tipis. Tujuannya adalah agar saat digoreng lebih cepat matang dan empuk. Setelah dirasa sudah cukup tipis, sisihkan daging ayam terlebih dahulu.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuat isian dari rolade. Untuk isian, Chef Marinka membebaskan Mama menggunakan apa saja yang diinginkan, bisa sayuran atau semacamnya. Namun, kali ini disarankan menggunakan jamur chopper.
  4. Pisahkan bagian daging jamur dan tangkainya, lalu masukkan daging jamur ke dalam blender atau chopper untuk dihaluskan sebentar.
  5. Siapkan wajan yang sudah diberi olive oil, lalu tumis sebentar bawang merah. Setelah itu, tambahkan juga bawang putih. Aduk dan tumis sebentar hingga harum.
  6. Jika dirasa cukup, selanjutnya masukkan jamur yang sudah dihaluskan tadi.
  7. Tambahkan seasoning berupa garam, lada untuk memberikan rasa. Kemudian masukkan juga sedikit irisan daun kucai agar lebih berwarna.
  8. Aduk seluruh bahan isian dan masak hingga jamur matang. Sebelum benar-benar matang, Mama bisa menambahkan sedikit butter untuk menambahkan cita rasa yang lebih nikmat.
  9. Saat memasak isian rolade, jamur tadi nantinya akan mengeluarkan air dan membuat olahan tersebut menjadi sedikit watery. Chef Marinka menyarankan untuk menghilangkan air-air tersebut menggunakan paper towel
  10. Setelah air sudah dihilangkan, angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  11. Kembali lagi pada daging ayam yang sudah dipipihkan tadi, selanjutnya Mama bisa mengoleskan 1 sendok makan cream cheese atau selai keju pada lapisan pertama daging ayam. 
  12. Jika sudah rata, oleskan juga isian jamur yang sudah di masak tadi pada lapisan kedua.
  13. Pada lapisan terakhir, Mama bisa menambahkan smoked beef untuk lebih memperkaya rasa roalde yang akan dibuat.
  14. Langkah berikutnya adalah menggulung daging ayam yang sudah diberikan isian. Pastikan menggulungnya dengan benar dan padat agar isian tidak keluar.
  15. Agar lebih padat, Mama bisa mengikuti tips Chef Marinka dengan menggulungnya menggunakan plastic wrap, kemudian ikat kedua bagian sisi dan masukkan adona rolade ke dalam kulkas selama semalaman.
  16. Jika olahan rolade yang sudah didiamkan semalaman di kulkas siap, Mama bisa mengeluarkannya dan memberikan seasoning berupa lada, garam, dan sedikit bubuk paprika (opsional) pada bagian luar daging rolade.
  17. Setelah siap, Mama bisa langsung menggorengnya menggunakan frying pan atau air fryer. Masak hingga seluruh bagian matang merata luar dan dalam ya, Ma.
  18. Jika dirasa sudah matang, selanjutnya Mama bisa memotong rolade tersebut sesuai ukuran yang diinginkan. 

Cara membuat saus dan pelengkap sayur:

Cara membuat saus pelengkap sayur
Screenshot Cooking Class with Chef Marinka
  1. Sebagai pelengkap, Mama bisa menyiapkan saus olahannya dengan menumis bawang merah dan bawang putih trelebih dahulu.
  2. Setelah itu, campurkan 1 sendok makan terigu dan 1 sendok makan butter untuk mendapatkan tekstur saus yang kental. Masukkan kedua campuran tersebut ke dalam tumisan abwang merah dan bawang putih.
  3. Tambahkan juga air kaldu sedikit demi sedikit, serta tambahkan 1 sendok teh desean mustard. Aduk rata seluruh bahan saus dan masak hingga cukup mengental.
  4. Saus yang sudah matang bisa langsung disajikan dengan rolade ayam, atau dihaluskan terlebih dahulu untuk menghilangkan teksturnya.
  5. Sebagai pelengkap, Mama bisa menumis sebentar tomat cherry bersamaan dengan kentang yang sudah dipotong kecil dan direbus sebelumnya. Agar lebih berasa, Chef Marinka memberikan sedikit seasoning berupa garam, lada, dan butter. Masak kedua pelengkap hingga kecokelatan.

Jika rolade sudah siap, sajikan di atas piring bersamaan dengan saus dan sayuran yang sudah ditumis sebentar. Tambahkan juga asparagus segar sebagai pelengkap, dan roalde ayam a la Chef Marinka pun siap untuk dinikmati!

Bisa jadi ide camilan saat akhir pekan di rumah, yuk catat dan langsung coba buat di rumah resepnya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.