Millennial Family of the Month Edisi Maret 2021: Kimbab Family

Appa Jay dan Mama Gina ungkap cara untuk mengenalkan anak-anak tentang kesetaraan gender

10 Maret 2021

Millennial Family of the Month Edisi Maret 2021 Kimbab Family
Dok. Kimbab Family

Kimbab Family, mungkin ada beberapa Mama disini yang baru mendengar nama keluarga unik ini. 

Kimbab Family adalah keluarga multikultural Korea Selatan dan Indonesia yang tinggal di Korea. Kimbab Family berbagi kepada kita mengenai keseruan menjalani kegiatan sehari-hari dengan latar belakang kebudayaan Korea-Indonesia. 

Kimbab Family terdiri dari Gina Selvina adalah Mama yang berasal dari Bandung. Mama Gina menikah dengan Jay Yoen, laki-laki asal Korea Selatan. Keduanya dikaruniai tiga orang anak yang menggemaskan bernama Suji (7), Yunji (6), dan Jio (4). 

Popmama.com mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat dengan Kimbab Family dalam Millennial Family of the Month Edisi Maret 2021.

Mulai dari bicara soal bagaimana Mama Gina dan Appa Jay mendidik soal kesetaraan gender pada anak hingga mengulik harapan mereka kepada tiga anaknya, simak yuk obrolan seru kami dengan Kimbab Family. 

1. Asal mula nama Kimbab Family

1. Asal mula nama Kimbab Family
Youtube.com/Kimbab Family

Dilansir dari artikel Popmama.com berjudul Menggemaskan, Ini Cerita di Balik Nama Keluarga 'Kimbab Family', Appa Jay dan Mama Gina menceritakan terbentuknya nama Kimbab Family dalam sebuah video berjudul "Cerita Di Balik Nama Kimbab Family",  Gina dan Jay memberikan ceritanya secara detail agar penonton pun mengetahui filosofinya. 

Video pertama mereka unggah di YouTube adalah vlog saat merayakan ulang tahun sang Anak, Jio.

Momen ulang tahun Jio saat itu masih dilakukan di kota Bandung. Setelah membuat video tersebut, Appa Jay memperlihatkan videonya kepada orangtuanya di Korea.

Seiring berjalannya waktu, meski Appa Jay dan Mama Gina termasuk orang yang pemalu, namun mereka merasakan memiliki keluarga baru yang datang dari subscriber YouTube mereka. 

Nama Kimbab Family awalnya adalah 'MiniYeon Squad'. Nama ini diambil dari marga Papa Jay yaitu Yeon.

Menurut Mama Gina, nama itu diambil karena menurut mereka akun YouTube-nya nanti hanya akan berisikan tentang ketiga anak-anak mereka saja. Jadi sempat terpikirkan untuk memberikan nama MiniYeon Squad.

Mereka terus melakukan diskusi, Mama Gina dan Appa Jay merasa nama tersebut kurang sesuai. Sebab menurut Gina, bagaimana juga ketiga anak mereka berasal dan bermula dari kisah cinta keduanya. Kemudian sempatlah muncul ide dengan nama baru yaitu 'Gina dan Jay'.

"Waktu itu kita pikir videonya fokus sama suami istri dan anak-anak, tetapi kalau nama Gina dan Jay itu terlalu khusus untuk kami," sanggah Appa Jay.

Hingga pada suatu ketika, keluarga mereka tengah suka-sukanya dengan Kimbab yang merupakan makanan khas Korea.

"Waktu itu anak-anak tidak (mau) makan kalau tidak ada kimbab, jadi otomatis di kepala kami ya kimbab," jelas keduanya.

Setelah nama kimbab terus terngiang, Mama Gina pun berkata kepada Appa Jay, "Nah makanya waktu itu, yaudah Kang namanya Kimbab Family saja."

Nama Kimbab Family pun hingga kini mendapat banyak sorotan di kalangan masyarakat Indonesia dan Korea, lataran video keseharian mereka yang memperlihatkan perbedaan budaya dapat menginspirasi banyak keluarga.

2. Peringati Hari Perempuan Internasional dengan tema Choose to Challenge, Bagaimana Mama Gina menantang dirinya?

2. Peringati Hari Perempuan Internasional tema Choose to Challenge, Bagaimana Mama Gina menantang dirinya
Instagram.com/kimbabfamily.official

Menyangkut Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 9 Maret lalu dengan tema Choose to Challenge, dimana perempuan berhak menantang dirinya untuk bisa lebih baik versi mereka.

Bagaimana dengan Mama Gina, seorang WNI perempuan yang memutuskan untuk hidup jauh dari keluarga di Indonesia dan tinggal di Korea.

Bagi Mama Gina, pindah ke Korea menjadi sebuah gebrakan yang cukup berarti dalam hidupnya. Ia harus beradaptasi dengan perubahan budaya hingga menjadi ibu rumah tangga. 

Millennial Family of the Month Edisi Maret 2021 Kimbab Family
Instagram.com/ginasselvina

"Pindah ke Korea adalah followings situation dari pernikahan saya dengan suami yang berkewarganegaraan Korea dan dengan pindah ke Korea, bukan hanya mengharuskan saya untuk beradaptasi dengan perbedaan budaya, tapi juga menantang diri saya dari seorang wanita karir menjadi seorang full time ibu rumah tangga," ujar Mama Gina yang diwawancarai secara eksklusif oleh tim Popmama.com.

Bagi Mama Gina, dengan menikah dan menjadi ibu, membuat dirinya tidak hanya melulu memikirkan diri sendiri, ada suami dan 3 anak yang memerlukannya sebagai istri dan ibu 24/7. 

Editors' Picks

3. Tantangan terbesar membesarkan anak dalam keluarga multikultural?

3. Tantangan terbesar membesarkan anak dalam keluarga multikultural
Instagram.com/Kimbabfamily.official

Bukan perkara mudah membesarkan anak dengan bahasa dan budaya yang berbeda. Mama Gina pun begitu merasakan hal ini ketika mengasuh ketiga anaknya. 

Bagi Mama Gina, menjadi sebuah tantangan terbesar tetap mengenalkan budaya Indonesia meskipun tinggal di Korea. 

Dalam video YouTube, Q&A Tentang Parenting! 30만 구독자 기념 Q&A, Appa Jay dan Mama Gina pun mendapatkan pertanyaan dari subsicribernya mengenai bagaimana dirinya mengajarkan bahasa Indonesia dan Korea kepada tiga anaknya. 

"Sebetulnya, kita nggak mengajarkan mereka bahasa seperti kurikulum di sekolah, kami hanya bicara natural. Saya bicara bahasa ibu saya dan Appa juga bicara dengan bahasa ibunya juga," ungkap Mama Gina. 

Menurut Appa Jay, karena saat ini tinggal di Korea, bahasa Korea terasa lebih nyaman digunakan. "Sama halnya ketika tinggal di Indonesia, kita juga lebih banyak pakai bahasa Indonesia," 

4. Bagaimana Mama Gina dan Appa Jay mendidik anak-anak agar saling menghargai dan menjadi anak yang positif?

4. Bagaimana Mama Gina Appa Jay mendidik anak-anak agar saling menghargai menjadi anak positif
Instagram.com/ginasselvina

Bisa menumbuhkan anak yang positif dan bisa menghargai adalah sebuah kewajiban orangtua.

Bagi Mama Gina dan Appa Jay, ini membutuhkan kekompakkan agar anak-anak bisa paham dalam menghargai orang lain. Keduanya memiliki cara yang sangat menginspirasi. 

"Saya dan suami berusaha selalu menghargai dan memuji anak-anak jika mereka melakukan sesuatu yang hebat, dan mereka pun mencontoh hal tersebut untuk dilakukan dalam keseharian mereka," kata Mama Gina. 

Mama Gina menambahkan, ketika ada hal yang membuat anak-anak kecewa, Mama Gina dan suami berusaha membuat anak-anak bisa menerima dan kembali tersenyum.

Mama Gina dan Appa Jay berharap ketiga anaknya tumbuh dengan baik dan mandiri, bisa menghargai dirinya sendiri dan orang lain, dan berharap mereka bisa menemukan profesi pilihan mereka yang bisa mereka nikmati dan jalani dengan senang hati.

5. Cara Mama Gina dan Appa Jay mengenalkan kesetaraan gender pada anak

5. Cara Mama Gina Appa Jay mengenalkan kesetaraan gender anak
Dok. Kimbab Family

Appa Jay dan Mama Gina mengajarkan tentang kesetaraan gender dengan cara tidak mengotak-kotakan. Mereka melihat anak-anak sebagai manusia setara, tak ada pembeda. 

"Kami lebih melihat anak-anak sebagai manusia bukan dari gendernya," ungkap Mama Gina. 

Hal ini menyadarkan bagi kita sebagai orangtua, bahwa mau anak laki-laki atau anak perempuan, perlakuan harus sama tak perlu ada yang paling spesial karena anak adalah manusia yang setara. Salut!

6. Bagaimana cara Mama Gina mengatur antara keluarga, pekerjaan rumah tangga, dan kesehatan mental diri sendiri?

6. Bagaimana cara Mama Gina mengatur antara keluarga, pekerjaan rumah tangga, kesehatan mental diri sendiri
Instagram.com/ginasselvina

"Sebagai ibu rumah tangga, mengatur keluarga dan pekerjaan rumah tangga adalah hal penting, kesehatan mental diri sendiri juga penting, karena itu saya selalu berusaha untuk nyaman dalam keseharian, melakukan tugas dengan senang hati, jika merasa overload saya berhenti dulu dan take my time," ungkap Mama Gina. 

7. Tren hiburan dari Korea di Indonesia begitu mendominasi akhir-akhir ini, nggak sedikit juga orang yang tertarik hingga ingin tinggal bahkan sampai menikah dengan para Oppa, bagaimana pendapat Mama Gina?

7. Tren hiburan dari Korea Indonesia begitu mendominasi akhir-akhir ini, nggak sedikit juga orang tertarik hingga ingin tinggal bahkan sampai menikah para Oppa, bagaimana pendapat Mama Gina
Dok. Kimbab Family

"Menurut saya itu adalah hal yang wajar, visual para k-pop idol dan cerita dalam drakor membuat bukan hanya perempuan di Indonesia tapi juga di negara lain mempunyai ketertarikan," kata Mama Gina. 

Menurut Mama Gina, karena ia mengalaminya sendiri, kenyataannya tidak selalu sama dengan apa yang dilihat di TV atau drama korea. "Banyak kesulitan dan tantangan yang harus saya hadapi," ungkapnya.

Wah Ma, seru ya obrolan Mama Gina dan Appa Jay dalam mengasuh anak-anak hingga bicara soal tren hiburan Korea yang pada kenyataannya akan berbeda dengan kehidupan nyata seperti yang dijalani yang jauh berbeda dari 'Drama Korea'. 

Sebagai informasi Kimbab Family juga akan membahas selengkapnya kehidupan nyata berkeluarga multikultural dalam sebuah buku berjudul Buku Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea ini sudah resmi rilis di Indonesia pada Selasa, 23 Februari 2021.

Nggak sampai disitu, kita akan mengenal lebih dekat Kimbab Family secara eksklusif melalui wawancara Popmama.com dengan keluarga yang penuh warna ini. Nantikan sepanjang bulan Maret ini dalam Millennial Family of the Month ya. 

#MillennialFamily of the Month Edisi Maret 2021 – Kimbab Family

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Kimbab Family
Millennial Mama

Kimbab Family

"Kami menganggap anak-anak manusia setara"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.