Dibalik Kepedasannya, Ini Lho Ma Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas!

Jangan khawatir, ternyata ada manfaat makan makanan pedas yang bisa Mama peroleh!

16 September 2018

Dibalik Kepedasannya, Ini Ma Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas
Freepik/Valeria_aksakov

Hampir sebagian besar perempuan menyukai masakan dengan citarasa yang pedas. Makanan pedas dianggap mampu meningkatkan nafsu makan seseorang sekaligus sebagai “pelengkap’ rasa dari makanan yang dikonsumsinya.

Nah untuk Mama yang suka mengonsumsi makanan pedas, ada kabar bahagia yang harus Mama tahu. Konsumsi makanan pedas rupanya membawa berbagai macam manfaat lho!

Mama ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat makan makanan pedas yang bisa Mama peroleh.

1. Meredakan sakit flu

1. Meredakan sakit flu
Freepik/Raining

Jika Mama terkena flu dan nafsu makan sedang menurun, maka konsumsi makanan pedas bisa menjadi pilihan. Selain membuat Mama menjadi nafsu makan, makanan pedas juga bisa meredakan sakit dlu yang Mama derita.

Konsumsi makanan pedas bisa meredakan gejala flu karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai terbilang efektif dalam membantu membuka jalan pernapasan sehingga mampu meredakan gejala flu yang diderita.

Editors' Picks

2. Baik untuk kesehatan jantung

2. Baik kesehatan jantung
Unsplash/ Pablo Merchán Montes

Salah satu manfaat makan makanan pedas yang menarik perhatian adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung Ma. Ini karena kandungan capsaisin yang terdapat pada cabai memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Selain hal tersebut, capsaicin juga berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mencegah pembekuan darah Ma. kandungan lainnya yang tidak kalah penting yang terdapat di cabai adalah kandungan vitamin A dan C. Nah, kedua kandungan vitamin ini di klaim mampu  memperkuat dinding otot jantung.

3. Menurunkan berat badan

3. Menurunkan berat badan
livestrong.com

Manfaat makan makanan pedas berikut ini pasti akan menarik perhatian setiap perempuan. Sebab kabarnya, konsumsi makanan pedas bisa membantu perempuan dalam menurunkan berat badan.

Lagi-lagi Ma, kandungan capsaicin yang terdapat pada lah yang berperan dalam menurunkan berat badan. Capsaicin mampu mempercepat metabolism tubuh dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan capsaicin pada cabai memiliki efek termogenik, yaitu mampu membuat tubuh membakar ekstra kalori selama dua puluh menit setelah makan.

4. Memperlambat pertumbuhan sel kanker

4. Memperlambat pertumbuhan sel kanker
Freepik

Mama harus tahu bahwa ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi makanan pedas secara teratur, risiko terkena penyakit kanker cenderung dapat berkurang.

Penasaran alasannya kenapa? Kabarnya kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.  Menarik bukan Ma manfaatnya?

5. Tidur menjadi nyenyak

5. Tidur menjadi nyenyak
Freepik

Manfaat makan makanan pedas lainnya yang bisa Mama rasakan adalah dapat tidur dengan nyenyak.

Manfaat ini mungkin dapat Mama rasakan karena ada penelitian dari Australia yang menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan pedas cenderung lebih mudah tidur.

Selain dapat tidur dengan lebih mudah, konsumsi makanan pedas juga dapat memengaruhi mood Mama. Sebab konsumsi makanan pedas yang mengandung cabai merah di klaim mampu meningkatkan kadar endorfin dan serotine dalam tubuh.

Meski ada banyak manfaat makan makanan pedas, nyatanya Mama juga harus membatasi konsumsi makanan pedas dengan bijak. Sebab konsumsi makanan pedas berlebih bisa menyebabkan terjadinya masalah pada lambung dan dapat mengurangi sensasi rasa di lidah dengan baik.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.