Mama Sering Mengalami Kram? Konsumsi Makanan dan Minuman ini Yuk!

Ada beragam pilihan makanan dan minuman yang bisa meminimalisir terjadinya kram otot!

11 Januari 2019

Mama Sering Mengalami Kram Konsumsi Makanan Minuman ini Yuk
Freepik/Yanalya

Sebagian orang tentu pernah mengalami kram otot, Ma. Kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Kadang kegiatan kita kerap memaksa kondisi harus selalu siap menghadapi apapun sehari-hari.

Kamu perlu menyadari, kemungkinan yang sering menjadi penyebab kram, antara lain seperti:

  • Olahraga berlebih,
  • kurangnya mineral dalam tubuh,
  • berdiri dalam jangka waktu yang lama,
  • kurangnya asupan cairan dalam tubuh,
  • makanan yang kamu konsumsi turut memengaruhi terjadinya kram otot .

Mama termasuk yang sering megalami kram secara tiba-tiba saat sedang beraktivitas? Yuk konsumsi makanan dan minuman berikut ini guna mencegah ataupun mengurangi risiko terjadinya kram otot.

Mama ingin tahu apa saja makanan dan minuman tersebut? Dilansir dari Webmd, berikut beberapa diantaranya:

1. Pisang

1. Pisang
Unsplash/Fátima Fuentes

Buah berkulit kuning ini bisa menjadi salah satu asupan makanan mencegah kram Ma. Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalium, magnesium, dan juga kalsium yang tinggi.

Konsumsi pisang dapat memenuhi kebutuhan kalium yang diperlukan oleh tubuh. Sebab saat tubuh Mama kekurangan kalium, kram otot bisa saja Mama alami. Jadi perbanyak konsumsi pisang yuk Ma jika sering mengalami kram otot secara tiba-tiba.

Baca juga: 16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Harus Mama Ketahui

2. Ubi jalar

2. Ubi jalar
Freepik/Dashu83

Seperti layaknya pisang, ubi jalar juga tinggi akan kandungan kalisum, kalium dan juga magnesium Ma.

Jadi, ubi jalar bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti pisang guna mencegah atau meminimalisir risiko terkena kram secara tiba tiba.

Tak hanya ubi jalar saja Ma, umbi-umbian lainnya seperti kentang, labu juga bisa menjadi pilihan. Kedua bahan makanan ini bahkan mengandung banyak air sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Ubi Jalar Bagi Ibu Hamil

3. Alpukat

3. Alpukat
Unsplash/Wesual Click

Mama suka buah alpukat? Nah, buah satu ini juga bisa menjadi pilihan Ma. Alpukat merupakan buah yang tinggi akan kandungan kalium, bahkan bisa dibilang dua kali lipat dari kentang ataupun pisang.

Kandungan kalium yang terdapat pada alpukat terbilang penting dalam menunjang kemampuan kinerja otot sekaligus menjaga jantung tetap sehat Ma.

Dengan mengonsumsi alpukat, maka Mama telah membantu meminimalisir terjadinya kram otot lho!

Baca juga: Jangan Takut Gemuk, Ini Segudang Manfaat Makan Alpukat Untuk Ibu Hamil

Editors' Picks

4. Melon

4. Melon
freepik/Josep M Suria

Buah satu ini juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh Ma mulai dari kalium, magnesium, kalsium, dan sodium.

Dengan mengonsumsi buah melon setelah berolahraga, Mama dapat meminimalisir terjadinya kram otot lho! Sebab kandungan sodium dan air yang terkadung dalam melon mampu mencegah terjadinya dehindrasi sehingga kram otot pun bisa dicegah.

5. Sayuran hijau

5. Sayuran hijau
Freepik/Valeria_aksakova

Aneka jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kankung juga kaya akan  kandungan kalsium dan magnesium Ma.dengan mengonsumsi ke tiga jenis sayuran ini ke dalam menu harian makan Mama telah membantu mencegah kram otot terjadi.

Beberapa penelitian bahwa mengungkap bahwa konsumsi sayuran hijau sebelum menstruasi bisa mencegah terjadinya kram perut saat menstruasi berlangsung.

6. Susu

6. Susu
Freepik/Kate Mangostar

Susu merupakan sumber elektrolit alami yang mengandung kalsium, kalium dan natrium Ma. Dengan mengonsumsi susu, tubuh dapat terhidrasi dengan baik sehingga mampu meminimalisir terjadinya kram otot.

Adapun kandungan protein yang terdapat pada susu juga mampu membantumemperbaiki jaringan otot setelah melakukan olahraga Ma. inilah mengapa susu bisa menjadi asupan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kram otot.

7. Ikan salmon

7. Ikan salmon
Freepik/Bearfotos

Mama harus tahu, kram otot juga bisa disebabkan karena aliran darah yang buruk lho! nah, untuk memperlancar aliran darah,Mama dapat mengonsumsi ikan seperti salmon ataupun sarden.

Dalam 3 ons salmon yang telah dimasak misalnya, terkadung sekiranya 326 mg kalium dan 52 mg natrium yang mampu membantu mengantasi kram otot. Jadi, jangan sungkan untuk memasukan jenis ikan satu ini ke dalam menu makanan yang Mama konsumsi ya!

Itulah makanan dan minuman yang bisa mengatasi masalah kram otot yang Mama alami. Selain makanan dan minuman tersebut, cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih yang cukup ya Ma. Sebab tak hanya mencegah kram otot, ada banyak manfaat air putih yang bisa Mama peroleh