Jangan Takut Gemuk, Ini Segudang Manfaat Makan Alpukat Untuk Ibu Hamil

Tinggi protein dan serat membuat alpukat mudah dicerna. Jadi nggak bikin Mama gemuk

30 Juli 2018

Jangan Takut Gemuk, Ini Segudang Manfaat Makan Alpukat Ibu Hamil
momjunction.com

Buah hijau dengan segudang manfaat yaitu alpukat sudah tidak asing lagi dalam menu makanan sehat bagi ibu hamil. Dokter maupun orang awam, sangat menyarankan buah yang bernama latin Persea Americana ini sebagai sumber asam folat alami untuk dikonsumsi.

Penasaran nggak sih Ma, kenapa alpukat baik untuk tubuh? Berikut Popmama.com jabarkan kandungan zat di dalam alpukat yang bermanfaat bagi kesahatan Mama selama hamil:

1.  Protein

Alpukat kaya akan protein tinggi yang dihasilkan 18 asam amino esensial yang terkandung di dalamnya. Protein nabati dalam alpukat sangat baik untuk ibu hamil karena sifatnya yang mudah dicerna dan diserap tubuh serta banyak mengandung serat.

2.  Lemak Sehat

Kandungan lemak sehat yang tinggi dalam alpukat dapat meningkatkan kadar HDL yaitu kolesterol baik untuk melindungi tubuh dari pencemaran radikal bebas. Jenis lemak sehat ini juga membantu mengatur kadar trigliserida (lemak dalam darah) agar nggak terlalu tinggi serta mencegah diabetes. Bagi ibu hamil dengan keluhan diabetes, mengonsumsi alpukat membantu menurukan kadar trigliserida hingga 20%.

3.  Karotenoid

Buah berdaging hijau-kuning cerah ini adalah sumber terbaik Karotenoid dan Phytonutrient. Mengonsumsi makanan kaya zat tersebut baik untuk memenuhi asupan vitamin A untuk kesehatan mata. Karotenoid juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan sistem reproduksi, itu kenapa alpukat juga banyak dianjurkan untuk pasangan yang sedang program hamil. Bersifat larut dalam lemak, Karotenoid mampu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

4.  Lutein

Lutein termasuk senyawa Karotenoid, Phytonutrient dan antioksidan alami yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

5.  Vitamin dan Mineral

Alpukat mengandung 20 vitamin dan mineral yang berbeda, diantaranya vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. Meski dikonsumsi dalam jumlah kecil, alpukat mampu memenuhi sekitar 10 % kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh.

6.  Anti-inflamasi

Berbagai nutrisi dalam alpukat menghasilkan efek anti-inflamasi atau anti-peradangan. Efek tersebut dihasilkan dari kombinasi vitamin C dan E, Karotenoid, Selenium, Zinc, Pitosterol dan omega-3 asam lemak.

7.  Natrium (Sodium) dan Kolestrol

Alpukat adalah makanan diet yang baik untuk tubuh karena kandungan natrium (sodium) dan kolesterol sangat rendah yaitu 1 gr protein. Sedangkan satu porsi alpukat mengandung 3 gr karbohidrat dan 1 gram serat makanan (dietary fiber). Komposisi kandungan zat ini baik untuk ibu hamil untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Manfaat ibu hamil mengonsumsi alpukat

Manfaat ibu hamil mengonsumsi alpukat
Pixabay/coyot

Setelah mengetahui ‘kekayaan’ zat di dalam alpukat, Mama juga perlu mengetahui manfaat dari kandungan tersebut bagi ibu hamil. Jadi nggak ada alasan buat Mama melewatkan alpukat dalam menu makanan selama masa kehamilan. Inilah manfaat rutin mengonsumsi alpukat yang bisa didapatkan Mama yang sedang hamil:

  • Mengurangi keluhan ibu hamil seperti kram dan mual-muntah dari morning sickness
  • Mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin dan mencegah deformitas atau gangguan struktur tulang
  • Mencegah cacat syaraf pada janin
  • Mengurangi masalah kehamilan seperti anemia, diabetes, tekanan darah tinggi dan stroke yang berpotensi pada komplikasi
  • Meningkatkan penyerapan zat besi dan nutrisi penting lain yang sangat diperlukan bagi ibu hamil
  • Menghasilkan hormon prolaktin yang penting untuk menjaga suasana hati dan emosi ibu hamil tetap positif
  • Meningkatkan kerja usus atau fungsi pencernaan ibu hamil untuk mencegah sembelit
  • Mencegah timbulnya penyakit dan gangguan mata pada janin dan mata ibu hamil
  • Membuat cepat kenyang sehingga membantu pengontrolan kenaikan berat badan pada ibu hamil
  • Mencegah pencemaran dari pestisida karena kulit alpukat yang tebal tidak mampu ditembus zat kimia tersebut.

Editors' Picks

Alpukat nggak bikin gemuk

Alpukat nggak bikin gemuk
Freepik/mrsiraphol

Selama kehamilan, perbanyaklah mengonsumsi buah alpukat yang kaya kandungan zat bermanfaat untuk tubuh ini.

Kebutuhan asam folat ibu hamil per harinya sekitar 400 mcg bisa dipenuhi dengan mengonsumsi alpukat.

Hal ini berlaku sampai kehamilan Mama di trimester ketiga. Banyak Mama yang khawatir dengan kenaikan berat badan yang berlebih pada tubuhnya maupun janin jika mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang banyak.

Mama nggak perlu khawatir gemuk, meskipun tinggi karbohidrat dan lemak, kandungan serat yang tinggi di dalam alpukat, membuat buah ini mudah dicerna dan diserap sehingga nggak menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

Konsumsilah alpukat sebagai campuran salad atau jus rendah gula. Penggunaan gula atau susu saat mengonsumsi alpukat itulah yang justru menyebabkan berat badan janin dan Mama meningkat drastis.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!