Tim SAR Swiss Perluas Jangkauan Pencarian Anak Ridwan Kamil

Masih belum ditemukan, tim SAR Swiss memperluas jangkauan pencarian anak Ridwan Kamil yang hilang

27 Mei 2022

Tim SAR Swiss Perluas Jangkauan Pencarian Anak Ridwan Kamil
Instagram.com/emmerilkahn

Hingga saat ini, Kemeterian Luar Negeri RI (Kemenlu RI) masih terus memantau perkembangan anak pertama Gunernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Judha Nugraha, mengatakan bahwa pihak kepolisian serta tim SAR Swiss pada hari ini Jumat (27/5/2022) melanjutkan pencarian Eril dengan jangkauan lebih luas dari sebelumnya. Bagi Mama yang belum tahu, Eril dikabarkan hilang terbawa arus saat berenang di sungai Aaree, Bern, Swiss.

"Kepolisian Swiss beserta tim SAR akan melanjutkan proses pencarian dengan jangkauan yang lebih luas hari ini, Jumat, 27 Mei 2022, mulai pukul 09.00 CEST (Central European Summer Time) - selesai," kata Judha dalam keterangannya.

Berikut Popmama.com telah siapkan informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Telah mengerahkan tim SAR untuk menyusuri area sungai Aare

1. Telah mengerahkan tim SAR menyusuri area sungai Aare
Instagram.com/emmerilkahn

Dilaporkan bahwa KBRI Bern menerima kabar tentang hilangnya Eril pada Kamis (26/5/2022) pukul 11.00 CEST. Setelah itu, KBRI Bern langsung melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian Swiss, layanan gawat darurat Swiss, dan rumah sakit terdekat di Kota Bern.

Kepolisian Kota Bern juga sudah mengerahkan tim SAR yang terdiri dari para polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran di Bern untuk menyisir seluruh area yang berpotensi menjadi lokasi penemuan Eril.

"Hari Kamis, 26 Mei 2022, Polisi Kota Bern telah mengerahkan tim SAR yang terdiri dari unsur polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran di Bern untuk menyisir seluruh area potensial (all possible spots) sepanjang sungai Aare, dari pukul 10.00 - 15.00 CEST," ungkap Judha.

Namun sayangnya, proses pencarian yang telah dilakukan oleh tim SAR belum membuahkan hasil. Sehingga, pencarian Eril diperluas dan dilanjutkan pada hari ini.

2. Saat peristiwa terjadi, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris

2. Saat peristiwa terjadi, Ridwan Kamil sedang berada Inggris
Instagram.com/emmerilkahn

Musibah yang menimpa Eril ini terjadi pada siang hari. Saat peristiwa berlangsung, Ridwan Kamil sedang melakukan perjalanan dinas di Inggris bersama delegasi Pemprov Jawa Barat. Usai mendapat kabar tidak mengenakan tersebut Ridwan langsung terbang ke Swiss.

Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan lebih dari enam jam. Judha meminta doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan sehat, sehingga bisa berkumpul kembali bersama keluarga.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat walafiat," paparnya.

3. Eril sempat ditolong teman, sebelum terseret derasnya arus sungai

3. Eril sempat ditolong teman, sebelum terseret deras arus sungai
Instagram.com/ridwankamil

Tidak hanya Eril, istri dan kedua anak Ridwan Kamil juga saat itu berada di Swiss. Keindahan sungai Aare membuat Eril dan keluarga tertarik untuk singgah di sana. Mereka juga sempat berenang di siang hari. Liburan tersebut berjalan lancar, cuaca hari itu pun tampak cerah.

Namun, saat Eril akan naik ke permukaan setelah berenang, tiba-tiba saja arus sungai berubah menjadi cukup deras. Ia pun terserah arus. Sejumlah temannya sempat meraih tangan Eril, tetapi derasnya air sungai membuat Eril terseret arus sungai Aare, Swiss.

"Kronologinya Eril berenang di Sungai Aaree, Bern, bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," tutur Elpi, Adik Ridwan Kamil.

Mari kita doakan agar proses pencarian Eril diperlancar dan ia bisa ditemukan dalam kondisi sehat wal afiat ya. Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk