Selain Posisi Duduk, Ini 7 Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat

Tulang belakang memiliki peran penting dalam menopang tubuh

23 Mei 2021

Selain Posisi Duduk, Ini 7 Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat
Pixabay/Pexels

Tulang belakang merupakan penopang tubuh utama yang sangat penting. Adanya tulang punggung, kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan leluasa. Kita bisa berdiri, berjalan, duduk, dan posisi tubuh lainnya.

Memang salah satu fungsi tulang punggung adalah sebagai penopang tubuh yang paling penting. Namun keberadaannya seringkali kita abaikan. Padahal, tulang punggung harus dijaga agar tidak menimbulkan penyakit yang akan mengurangi kebebasan kita dalam bergerak dan melakukan aktivitas. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari akan membuat tulang punggung menjadi sakit, antara lain posisi duduk.

Sejak dini mungkin kita sering diingatkan oleh orangtua dahulu untuk tidak membiasakan diri duduk membungkuk. Saat belajar pun sering diingatkan untuk tetap duduk dengan posisi tegap. 

Hal ini memang sering menjadi alasan orangtua untuk menjaga kesehatan tulang punggung anaknya. Tetapi, untuk menjaga tulang punggung ternyata tidak hanya dengan posisi duduk. Ada faktor lain yang membantu untuk menjaga tulang punggung tetap sehat.

Mari simak bersama informasi penting dari Popmama.com terkait cara menjaga tulang punggung yang sehat.

1. Gunakan kursi dengan sandaran untuk menopang punggung atau pinggang

1. Gunakan kursi sandaran menopang punggung atau pinggang
Freepik/kjpargeter

Usahakan untuk selalu menggunakan bangku yang memiliki sandaran, terutama saat duduk lebih dari 30 menit. Baik bangku dengan sandaran pinggang atau sandaran penuh hingga kepala. Tentu masing-masing sesuai dengan kebutuhan berdasarkan berapa lama penggunaan bangku.

Menggunakan bangku dengan sandaran akan mencegah punggung membungkuk. Apalagi jika membutuhkan posisi duduk yang cukup lama. Bisa juga dengan menambahkan bantal untuk membuat punggung menjadi lebih nyaman. Cara ini cukup ampuh dalam menjaga tulang belakang tetap tegap.

2. Hindari membawa bebat berat yang membebani tulang punggung

2. Hindari membawa bebat berat membebani tulang punggung
Pexels/Veerasak Piyawatanakul

Tulang punggung sebagai penopang utama tentu sering menerima beban tambahan saat ada barang yang harus dibawa. Tetapi, perlu diingat bahwa beban yang terlalu berat akan membuat tulang punggung mengalami cedera bahkan berisiko terkena syaraf kejepit. 

Untuk menjaga tulang belakang, hindari membawa beban yang terlalu berat. Seseorang dapat maksimal membawa beban sepertiga dari berat tubuhnya. Jika lebih dari itu bisa berisiko menyebabkan cedera punggung.

Editors' Picks

3. Mengangkat barang berat dari posisi jongkok

3. Mengangkat barang berat dari posisi jongkok
Freepik/macrovector

Apabila kita terpaksa harus mengangkat beban berat, seperti karung beras, galon, koper, dan sebagainya, hindari mengangkat barang-barang tersebut dengan membungkuk. Hal ini akan membuat seluruh beban bertumpu pada tulang punggung. Tentu akan sangat membahayakan untuk kesehatan tulang punggung.

Cara yang benar agar bisa tetap.menjaga tulang punggung saat harus mengangkat beban berat, mulailah dengan berjongkok. Mengangkat beban berat dari posisi jongkok akan membuat beban bertumpu pada kaki. Sehingga tulang punggung tidak mengalami cedera.

4. Jangan menyimpan dompet di kantong belakang celana

4. Jangan menyimpan dompet kantong belakang celana
Freepik/Bonnontawat

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh kaum laki-laki antara lain menyimpan dompet di kantong belakang celana. Hal ini tidak akan menimbulkan masalah apabila ia berada di posisi berdiri atau berjalan. Akan menjadi masalah apabila ia duduk. Dompet yang tersimpan di kantong belakang celana akan menyebabkan posisi duduk menjadi miring. Sehingga tulang punggung pun akan miring. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan tulang punggung menjadi berbentuk C atau S.

Agar bisa tetap menjaga tulang belakang tetap lurus, letakkan dompet di tas atau kantong depan celana. Hal ini sangat membantu menjaga bentuk tulang punggu yang sehat.

5. Duduk dengan posisi yang benar

5. Duduk posisi benar
Freepik/lookstudio

Lagi-lagi menyangkut posisi duduk. Memang posisi duduk sering menjadi penentu kesehatan tulang belakang. Banyak kasus seseorang yang mengalami masalah tulang belakang diakibatkan oleh posisi duduk yang salah.

Posisi duduk yang dapat menjaga tulang belakang adalah dengan membiasakan posisi duduk tegap dan tidak menyilangkan kaki. 

Pastikan kaki tidak menggantung serta posisi lutut dan pinggang sejajar. Jika perlu, gunakan penyangga kaki untuk menjaga posisi lutut bisa tetap sejajar.

6. Perhatikan postur tubuh saat berjalan dan berdiri

6. Perhatikan postur tubuh saat berjalan berdiri
Pexels/max-fischer

Tidak hanya posisi duduk yang juga berperan dalam menjaga tulang belakang, tapi juga postur tubuh saat berjalan maupun berdiri juga berpengaruh.

Ketika berjalan, usahakan tulang punggung dan bahu tegap. Hindari kebiasaan mengayun ke kanan dan ke kiri saat berjalan. Pada saat berjalan, tumit yang menjadi tumpuan.

Ketika berdiri, posisi tubuh juga harus tegap. Hindari posisi berkacak pinggang dengan hanya menumpukan badan pada salah satu kaki.

7. Penuhi kebutuhan nutrisi untuk memperkuat tulang

7. Penuhi kebutuhan nutrisi memperkuat tulang
Pixabay/Imoflow

Hal yang tak kalah penting dalam menjaga tulang belakang tetap sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang, seperti kalsium maupun vitamin D. Nutrisi tersebut sangat berperan dalam menjaga kepadatan tulang agar tidak terjadi pengeroposan pada tulang belakang. Selain itu, nutrisi tersebut juga berperan untuk memperkuat tulang.

Sebagai penopang utama tubuh, sangat penting untuk menjaga tulang belakang tetap sehat dan tegap. Sebab, jika tulang punggung cedera atau sakit, melakukan berbagai aktivitas akan menjadi terbatas. Maka dari itu, mulai biasakan melakukan beberapa cara di atas untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.