Ide Sarapan Sehat untuk Diet Turun Berat Badan

Jangan sampai melewatkan waktu sarapan saat diet menurunkan berat badan

29 November 2021

Ide Sarapan Sehat Diet Turun Berat Badan
Freepik/senivpetro

Bagi sebagian orang, diet untuk menurunkan berat badan bukan hal yang mudah. Berbagai macam jenis diet yang diklaim mampu menurunkan berat badan pun juga dilakukan. Merasa sudah mengurangi porsi makan tetapi jarum timbangan masih tetap bergerak ke arah kanan. Bahkan tak sedikit yang akhirnya melewatkan waktu makan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya melewatkan waktu sarapan.

Melewatkan waktu sarapan sebagai pilihan diet menurunkan berat badan sangat tidak disarankan. Justru cara ini akan membuat nafsu makan saat makan siang menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, pemilihan jenis makanan dan nafsu menjadi tidak terkontrol karena terlalu lapar.

Sarapan secara tepat akan sangat membantu proses penurunan berat badan. Menurut para ahli nutrisi, gizi seimbang saat sarapan akan membantu metabolisme tubuh dan menjaga energi saat beraktivitas. Makanan seperti karbohidrat kompleks, protein, dan serat sangat penting dikonsumsi saat sarapan.

Untuk memudahkan Mama membuat ide menu sarapan untuk diet turunkan berat badan, Popmama.com punya beberapa rekomendasi menu sarapan yang sehat.

1. Sandwich roti gandum, telur, dan sayuran

1. Sandwich roti gandum, telur, sayuran
Freepik

Ide menu sarapan pertama yang bisa bantu diet turunkan berat badan Mama adalah sandwich. Untuk menyeimbangi kebutuhan nutrisi di pagi hari, gunakan roti gandum sebagai sumber karbohidrat kompleks. Lalu gunakan telur sebagai sumber protein dan beri sayuran seperti tomat dan selada.

Editors' Picks

2. Green smoothies: pisang, sayuran hijau, dan selai kacang

2. Green smoothies pisang, sayuran hijau, selai kacang
Pixabay/JugosLocos

Green smoothies sering menjadi andalan sarapan sehat untuk mengawali hari. Memang menu sarapan ini praktis untuk disajikan namun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari. Tak heran kalau green smoothies juga sering dijadikan menu diet penurun berat badan andalan.

Untuk membuat green smoothie, sayuran hijau adalah bahan wajib yang harus ada. Bisa menggunakan bayam, kale, selada, dan lain sebagainya. Pisang, mangga, apel, dan nanas sering dijadikan buah pendamping untuk memberikan rasa manis dan segar. Tambahkan juga selai kacang sebagai sumber protein.

3. Salad bowl dengan sayuran warna warni

3. Salad bowl sayuran warna warni
Pixabay/Ajale

Menu diet penurun berat badan lainnya bisa dengan membuat salad bowl. Campuran berbagai jenis sayuran akan membuat menu sarapan Mama menjadi super sehat. Semakin banyak variasi warna di dalam mangkuk maka akan semakin tinggi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika salad dressing yang digunakan adalah bahan-bahan alami.

4. Overnight oat, potongan buah, dan selai kacang

4. Overnight oat, potongan buah, selai kacang
Freepik/8photo

Kalau waktu pagi Mama terasa sempit, overnight oat ini bisa menjadi pilihan menu sarapan untuk diet menurunkan berat badan. Mama bisa membuat menu diet ini semalam sebelumnya. Sehingga saat harus segera berangkat ke kantor, Mama tidak akan melewatkan waktu sarapan. Cukup mengambil oat yang sudah dibuat semalam sebelumnya, lalu siap untuk langsung disantap.

5. Sourdough, telur, dan alpukat

5. Sourdough, telur, alpukat
Instagram/hlmskitchen

Sourdough dianggap sebagai roti yang lebih mudah dicerna karena telah melalui proses fermentasi. Maka dari itu, mengonsumsi sourdough di saat sarapan akan baik bagi pencernaan. 

Didampingi dengan telur dan alpukat sebagai sumber lemak baik akan meningkatkan sumber nutrisi menu sarapan Mama.

Walaupun Mama sedang berusaha menjalani program diet menurunkan berat badan, penting untuk tidak melewatkan waktu sarapan. Nutrisi seimbang saat sarapan akan membantu proses penurunan berat badan yang ideal dan sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.