Menegangkan, 10 Rekomendasi Film Bertema tentang Bencana Alam

Film yang menguras emosi bisa menjadi hiburan keluarga di rumah nih, Ma

19 Januari 2021

Menegangkan, 10 Rekomendasi Film Bertema tentang Bencana Alam
Imdb.com

Film bisa mendapatkan inspirasi dari mana saja, termasuk kisah nyata. Banyak genre film yang bisa ditonton untuk hiburan keluarga. Dari mulai kartun, horor, fiksi, dan tentang bencana alam sekalipun.

Tema bencana alam biasanya bercerita seputar kota yang hancur dan bagaiman tokoh bisa bertahan untuk hidup. Hal ini lah bisa diambil untuk kehidupan nyata, sisi positif dari film seperti sabar, tekun, berusaha, dan berdoa.

Film tentang bencana alam pun cukup banyak diminati oleh banyak orang karena cukup menegangkan dan membuat ngeri. Bahkan sedih karena tokoh yang mampu membangkitkan emosi penonton.

Untuk itu Popmama.com telah merekomendasikan beberapa film tentang bencana alam yang bisa Mama dan keluarga tonton di rumah.

Simak selengkapnya di bawah ini.

1. 2012

1. 2012
Imdb.com

Film ini juga sempat heboh karena dengan adanya ramalan tentang hari kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012. Dalam film ini menceritakan bagaimana dunia yang akan segera menghadapi kiamat.

Bentuk kiamat pada film ini adalah bencana alam yang besar, seperti gempa bumi yang hampir menghancurkan seluruh kota. Ilmuan Amerika Dr. Adrian sudah memeringati bahwa akan ada bencana alam yang besar. Namun, tidak ada yang mempercayainya.

Pemimpin kota pun sudah bersiap untuk mengambil langkah agar masyarakat tetap selamat dan terlindungi dari bencana alam yang akan segera datang.

2. Into the Storm

2. Into the Storm
Imdb.com

Film ini disutradarai oleh Steven Quale dan dibintangi oleh Richard Armitage, Sarah Wayne Callies, Matt Walsh, dan Max Deacon.

Film ini keluar pada tahun 2014 yang menceritakan tentang bencana alam angin topan. Terdapat kota kecil yang bernama Silverton yang dilanda bencana alam angin topan dan tak pernah kejadian pada sebelumnya.

Angin topan menghancurkan sekolah yang sedang mengadakan acara kelulusan. Acara yang harus penuh dengan suka cita malah berujung dengan malapetaka karena bencana alam yang menimpa.

3. Krakatoa: The Last Day

3. Krakatoa The Last Day
Amazon.co.uk

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Indonesia, yaitu meletusnya Gunung Krakatau. Berawal dari keluarga Belanda yang tinggal di desa Katimbang bersama penduduk Indonesia lainnya.

Suatu hari terdapat letusan besar yang terdengar dari arah laut diiringi dengan awan hitam yang keluar dari Gunung Krakatau dan menutupi langit. Karena penasaran, warga pun keluar dan mendatangi bibir pantai.

Tak lama, tsunami datang menghantam daratan termasuk desa Katimbang. Film ini diproduksi oleh BBC. Film ini merupakan semi-dokumenter atau reka ulang kejadian meletusnya gunung krakatau pada tahun 1883. 

4. Pompeii

4. Pompeii
Imdb.com

Film ini menceritakan bencana alam yang menyerang sebuah desa penunggang kuda di Celtic. Bencana alam yang terjadi adalah Gunung Vesuvius meletus. Para tokoh utama pun harus menyelamatkan kekasihnya dari bencana alam ini.

Film ini bermulai dari pasukan romawi yang dipimpin oleh Senator Coryus (Kiefer Sutherland) yang menyerang sebuah desa penunggang kuda di Celtic. Serta ada seorang budak yang bernama Milo (Dylan Schombing) yang berubah menjadi gladiator tak terkalahkan.

Milo memiliki kekasih bernama Cassia yang merupakan putri dari keluarga kaya, namun sudah dijodohkan dengan Senator Coryus. Akhrinya bencana alam menyerang dan membuat Milo harus menyelamatkan kekasihnya dengan keluar dari area gladiator.

Editors' Picks

5. San Andreas

5. San Andreas
Imdb.com

Film ini menceritakan tentang gempa bumi yang terjadi di kota San Fransisco. Film ini tayang pada tahun 2015 dan dibintangi oleh aktor terkenal Dwayne Johnson. Berawal dari seorang pilot helikopter dari petugas pemadam kebakaran bernama Ray.

Bencana alam gempa bumi berkekuatan 9 SR menyerang kota California. Hal ini pun membuat Ray dan mantan istrinya ingin menyelamatkan anaknya di San Fransisco. Namun, untuk menjemput anaknya, mereka perlu melewati banyak rintangan dan halangan.

6. Take Shelter

6. Take Shelter
Imdb.com

Film ini menceritakan tentang seorang pria yang mengalami mimpi buruk bahwa akan datangnya bencana alam besar. Pria tersebut bernama Curtis (Michael Shannon) yang selalu bermimpi tentang bencana alam membuat dirinya takut dan panik.

Akhirnya, dirinya membuat sebuah bangunan bawah tanah untuk berlindung dari bencana alam tersebut. Para warga sekitar pun merasa aneh dan mengganggu dengan sikap Curtis. Film ini juga menyujukan drama yang baik antara Michael Shannon dan Jessica Chastain yang berperan sebagai Samantha.

7. Tidal Wave atau Haeundae

7. Tidal Wave atau Haeundae
Imdb.com

Film ini menceritakan tentang bencana alam tsunami. Seorang pakar dalam hal bencana alam memberitahukan bahwa akan ada bencana tsunami yang akan datang. Namun, badan pencegahan negera mengatakan sebaliknya.

Di sisi lain, seorang pedagang yang bernama Man-Sik ingin melamar kekasihnya, namun bencana alam tsunami menyerang daerah tersebut.

Film ini menggambarkan bagaimana tsunami yang menghantam daratan bisa sangat mengerikan. Hal itu pun membuat penonton tegang sekaligus ngeri dengan bencana alam yang terjadi saat itu.

8. The Day After Tomorrow

8. The Day After Tomorrow
Imdb.com

Film ini bercerita tentang Jack Hall yang sedang melakukan ekspedisi di Benua Antartika bersama kedua temannya, Jasson dan Frank. Saat tiba di sana, mereka menemukan fakta bahwa lapisan es telah menipis.

Hal ini akan memicu perubahan iklim dan memengaruhi populasi dunia di masa depan. Di sisi lain, putra Jack Hall yang bernama Sam sedang menghadiri acara bersama teman-temannya di New York. Namun, saat acara, hujan tidak berhenti-henti.

Sejak saat itulah, bencana alam mulai menyerang beberapa bagian di dunia. Akhirnya mereka sadar bahwa sudah memasuki zaman es baru. Film bencana alam ini mengambil tentang isu yang sedang hangat dikalangan masyarakat, yaitu pemanasan global.

9. The Impossible

9. The Impossible
Imdb.com

Film ini diambil dari kisah nyata yang terjadi pada 26 Desember 2004. Bahkan bencana alam ini juga mengenai Indonesia, yaitu Aceh. Pada film ini, bencana alam tsunami menyerang kota Khao Lak, Thailand.

Walaupun Indonesia juga terkena bencana alam tsunami ini, film berfokus pada kejadian di Thailand. Berawal keluarga yang sedang berlibur, yaitu sepasang suami istri Henry dan Maria. Serta ketiga anaknya yang bernama Thomas, Simon, dan Lucas.

Akhirnya bencana alam tsunami datang dan menyerang vila yang mereka tempati dan tak jauh dari pantai. Hal itupun membuat mereka terseret ombak bersama jutaan orang lainnya. Keluarga mereka pun terpisah dan hilang entah kemana.

Setelah bencana sudah reda, Henry dan Maria mulai mencari ketiga anaknya yang hilang terseret ombak.

10. The Wave

10. The Wave
Imdb.com

Film ini tayang pada tahun 2015 yang menceritakan tentang bencana gelombang air pasang setinggi 80 meter akan menghantam daratan. Cerita ini berawal dari seorang ahli geologi bernama Christian yang ingin menyelamatkan anak dan istrinya dari serangan gelombang air pasang.

Gelombang tersebut akan datang untuk menghantam desa yang ditempati oleh Christian dan keluarganya. Untuk itu, film ini menceritakan bagaimana perjuangan seorang kepala keluarga yang ingin menyelamatkan istri dan anaknya.

Itulah beberapa film tentang bencana alam, bahkan ada beberapa film yang diambil dari kisah nyata. Film ini bisa dijadikan pelajaran sekaligus hiburan untuk keluarga di rumah. Semoga kita terhindar dari bencana alam yang menimpa seperti pada film ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.