6 Cara Mencegah Mata Bengkak yang Ampuh

Jangan dikucek, begini cara mencegah mata bengkak kalau sedang terasa gatal dan nyeri

28 November 2018

6 Cara Mencegah Mata Bengkak Ampuh
Unsplash/Tommy Van Kessel

Mata bengkak mungkin terjadi karena kotor, iritasi, atau kurang tuntas saat membersihkan sisa makeup. Biasanya mata bengkak ditandai dengan kelopak kemerahan, mata yang meradang, atau rasa perih dan nyeri.

Kamu perlu merawat mata bengkak sebelum akhirnya jadi semakin parah. Mata adalah anggota vital yang kita perlukan untuk berkegiatan sehari-hari. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga harus menjaga kebersihan area mata.

Apabila pembengkakan mata telah reda, kamu dapat mencoba melakukan beberapa tindakan-tindakan preventif berikut sebagai langkah pencegahan agar mata tidak kembali membengkak, yaitu:

1. Rajin mengganti sarung bantal

1. Rajin mengganti sarung bantal
Unsplash/Martin Castro

Mengganti sarung bantal yang kotor dengan sarung bantal yang bersih. Setidaknya seminggu sekali kamu perlu mengganti sarung bantal. 

Sarung bantal mudah kotor jika kamu memiliki jenis kulit berminyak dan rambut yang panjang. Debu sering menempel pada rambut. Apalagi jika kamu tipe orang yang suka memakai gel atau pomade, pastikan sarung bantal diganti secara rutin.

2. Hindarkan wajah atau mata dari pemicu peradangan seperti makeup

2. Hindarkan wajah atau mata dari pemicu peradangan seperti makeup
Unsplash/Alex lby

Pilih makeup yang cocok dengan jenis kulit kamu. Jika ingin membersihkan wajah setelah menggunakan makeup berstandar waterproof, pilihlah makeup remover yang khusus untuk kosmetik waterproof juga.

Cara membersihkan wajah bisa dimulai dari area mata, tempelkan kapas yang sudah diberikan micelar water atau makeup remover beberapa detik untuk melembapkan terlebih dulu. Baru diusap dan angkat makeup hingga tidak tersisa.

3. Pilih kosmetik yang aman

3. Pilih kosmetik aman
Unsplash/Avi Richards

Jika pembengkakan disebabkan oleh kosmetik, maka gantilah produk dengan produk yang lebih aman. Jangan mudah tertipu iklan, bijak memilih jenis makeup untuk kesehatan kulit kamu.

Editors' Picks

4. Gunakan obat tetes mata

4. Gunakan obat tetes mata
Unsplash/Luis Galvez

Cara mencegah mata bengkak atau merawat kesehatan mata setelah terjadi iritasi, pilihlah obat tetes mata yang tidak mengandung obat pengawet. Ini lebih aman untuk kesehatan mata kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi Mata Bengkak dan Berair yang Mudah

Baca juga: Cara Mengatasi Mata Lelah agar Wajah Terlihat Segar

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Dilakukan

5. Hindari mengucek mata

5. Hindari mengucek mata
Unsplash/Sharon McCutcheon

Stop mengucek mata saat terasa gatal. Mengucek mata dapat menyebabkan pembengkakan kembali terjadi. Lebih parahnya lagi, mengucek mata bisa membuat mata berair.

6. Hindari pemicu alergi

6. Hindari pemicu alergi
Unsplash/Rachael Crowe

Jika penyebabnya adalah alergi, maka hindari pemicu alerginya. Jika penyebabnya makanan atau minuman, lebih baik kamu stop mengonsumsinya sekalipun kamu sangat menyukainya.

Jika itu dari polusi atau udara sekitar, maka kamu perlu memproteksi tubuh kamu. Misal kalau kamu terbiasa naik motor atau ojek online, kamu bisa menggunakan transportasi online berupa mobil atau gunakan payung saat berjalan kaki di tepi jalan.

Itulah 6 cara mencegah mata bengkak yang ampuh. Hindari terjadinya iritasi mata. Hal yang perlu kamu cermati di sini adalah mengenali gejalanya dan penyebabnya. Jika kamu sudah tahu apa penyebabnya, maka kamu bisa mengatasi mata bengkak dengan cara yang tepat.