Puting Payudara Gatal dan Terasa Mengganggu, Ini Penyebabnya

ketahui penyebabnya, ini bisa jadi gejala sebuah penyakit juga lho

6 Desember 2018

Puting Payudara Gatal Terasa Mengganggu, Ini Penyebabnya
Unsplash/pawel szvmanski

Pernah nggak kamu merasakan ini, tiba-tiba puting gatal. Jadi serba salah rasanya. Mau digaruk tapi tempatnya tersembunyi dan malu jika sedang berada di tengah keramaian.

Ada beberapa penyebab puting payudara gatal. Itu semua dikarenakan kulit kelewat kering, bahkan yang terparah bisa sebagai salah satu gejala kanker.

Rasa gatal akan muncul tergantung keparahan kondisinya. Jika hanya sekali saja, berarti itu karena kulit kering atau posisi yang kurang nyaman saja. 

Namun jika kamu kerap merasakan puting gatal, berhati-hati kamu mungkin perlu memeriksakan ke dokter segera.

Ketahui lebih lanjut penjelasan dari penyebab puting payudara gatal yang telah Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Mastitis

1. Mastitis
mooimom.id

Mastitis merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu menyusui. Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara yang dapat terjadi akibat penyumbatan saluran air susu atau jaringan payudara terinfeksi bakteri. 

Mastitis bisa membuat puting payudara gatal, lalu bengkak, warnanya kemerahan disertai nyeri. 

Bagi sebagian ibu menyusui bahkan mengalami sensasi perih pada saat menyusui.

2. Eksim

2. Eksim
Unsplash/Giulia Bertelli

Eksim biasanya menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, bersisik, bahkan pecah-pecah, dan mengeras di bagian permukaannya. 

Jika digaruk hingga luka, dapat terjadi infeksi oleh bakteri bernama Staphylococcus aureus. Penyakit kulit ini akan sering hilang timbul dan kembali kambuh jika tidak diobati sampai tuntas.

Editors' Picks

3. Perubahan ukuran tubuh drastis

3. Perubahan ukuran tubuh drastis
Unsplash/Chayene Rafaela

Payudara biasanya akan membesar sejak masa kehamilan di mulai. Peregangan pada kulit payudara dapat memicu gatal-gatal disertai kulit mengelupas. 

Pembesaran payudara dan puting ini terjadi karena perubahan hormon saat hamil. Perubahan ukuran tubuh ini juga memengaruhi keadaan payudara dan bisa jadi penyebab puting gatal.

4. Gesekan dengan pakaian

4. Gesekan pakaian
Unsplash/João Ferreira

Ini adalah faktor penyebab puting payudara gatal yang paling sering terjadi. Tidak ada masalah serius. 
Jika kamu sedang berjalan kaki di bawah terik matahari atau berolahraga, bisa jadi rasa gatal disebabkan oleh gesekan antara puting payudara dengan pakaian. 

Iritasi kulit pada payudara juga dapat terjadi apabila kamu menggunakan bra yang ukurannya tidak sesuai kebutuhan tubuh kamu. 

Tapi jangan disepelekan juga lho, ini bisa menyebabkan lecet, luka bahkan kulit berdarah.

5. Kanker payudara

5. Kanker payudara
Unsplash/Emily Goodhart

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang mematikan. Gejala yang ditimbulkan, salah satu di antaranya adalah kemerahan pada kulit di payudara, benjolan pada payudara.

Tidak hanya itu, ada gejala khusus pada puting seperti puting rata atau tertarik, keluar cairan dari puting, serta perubahan kulit puting atau payudara.

Baca jugaCara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Kadang kanker payudara juga dapat menimbulkan gejala puting terasa nyeri atau gatal. Secara refleks kamu ingin menggaruk bagian yang gatal.

Rasa gatal bisa semakin parah jika area tersebut terkena parfum, sabun, serta baju yang terbuat dari bahan wol.

Itulah 5 penyebab puting payudara gatal dan terasa ingin digaruk. Jangan digaruk karena berisiko mengakibatkan luka atau lecet.

Ketahui penyebab pasti dan atasi permasalahannya.