Pertamina Tukar Tabung Elpiji 12 Kg ke Bright Gas, Simak Tata Caranya

Penukaran ini dilakukan secara bertahap dan tanpa dipungut biaya

13 November 2020

Pertamina Tukar Tabung Elpiji 12 Kg ke Bright Gas, Simak Tata Caranya
Facebook.com/Bright Gas

PT Pertamina (Persero) mulai bertahap melakukan penukaran tabung elpiji 12 kg dengan Bright Gas. Pihak Pertamina mengatakan penukaran tabung tersebut sudah dilakukan sejak November 2020 ini.

Apakah tabung elpiji 12 kg sudah tidak berlaku lagi? Ditekankan oleh Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III, Eko Kristiawan, bahwa ini adalah proses penggantian tabung bukan penarikan. Jadi, tabung biru tidak otomatis berhenti berlaku.

Pertamina juga tidak menargetkan pergantian tabung elpiji 12 kg ke Bright Gas ini. Semua dilakukan secara natural sesuai prosesnya. Tentu disesuaikan pula dengan ketersediaan Bright Gas di lapangan.

Lalu, apa alasan Pertamina menukar tabung elpiji 12 kg dengan Bright Gas? Bagaimana pula tat acara penukarannya? Simak penjelasan Popmama.com dari hasil rangkuman berbagai sumber di bawah ini.

Editors' Picks

1. Alasan Pertamina menukar tabung elpiji 12 kg dengan Bright Gas

1. Alasan Pertamina menukar tabung elpiji 12 kg Bright Gas
recruitment.pertamina.com

Pertamina secara bertahap tengah melakukan pergantian seluruh tabung elpiji 12 kg berwarna biru ke Bright Gas. Hal ini, dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap para konsumen.

Eko menyatakan alasan dilakukannya penukaran tersebut supaya distribusi Pertamina ke depannya lebih fokus pada satu produk kemasan yang sama.

Sebab, untuk jenis ini, Pertamina memiliki 2 merek dagang, yaitu elpiji tabung biru 12 kg dan Bright gas 12 kg tabung pink.

Dijelaskan pula bahwa tidak ada perbedaan khusus antara kedua tabung tersebut. Pada dasarnya, isi dan harga keduanya sama. Hanya saja, Bright Gas memiliki valve double spindle sehingga lebih aman dalam penggunaannya

2. Cara penukaran tabung elpiji 12 kg dengan Bright Gas

2. Cara penukaran tabung elpiji 12 kg Bright Gas
shopee.co.id

Jika ingin menukar tabung elpiji 12 kg dengan Bright Gas, Mama dapat melakukannya ketika mengisi ulang tabung elpiji tersebut. Tapi, penukaran ini juga bergantung pada kesediaan Bright Gas saat itu.

Hal serupa juga disampaikan oleh Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari. Ia mengatakan masyarakat dapat menukar tabung elpiji 12 kg dengan Bright Gas di seluruh agen gas.

Proses penukarannya seperti pembelian gas pada umumnya. Ketika membeli gas 12 kg, agen akan menukar tabung elpiji biru Mama dengan Bright Gas selama masih ada stok.

Selama tahap penukaran, Pertamina tidak akan melakukan penarikan paksa terhadap tabung elpiji 12 kg milik masyarakat. Ditambah, penukaran ini juga tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Atas dasar itu, Eko meminta kepada masyarakat agar tidak memercayai informasi yang tidak jelas sumbernya atau bukan resmi dari Pertamina. Jika ingin mencari tahu terkait produk dan layanan, masyarakat bisa menghubungi Pertamina melalui call center 135.

3. Macam-macam jenis tabung elpiji serta kegunaannya

3. Macam-macam jenis tabung elpiji serta kegunaannya
Twitter.com/Mitragas Asia Perkasa

Di Indonesia, terdapat macam-macam jenis tabung elpiji yang berbeda sesuai dengan kegunaannya. Berikut jenis-jenis tabung tersebut.

1. Tabung elpiji 3 kg

Tabung elpiji 3 kg atau sering disebut gas melon karena warna hijaunya, relatif paling banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk memasak.

Awalnya, pengadaan elpiji 3kg ini sebagai pengganti dari penggunaan minyak tanah. Selain itu, tabung ini juga didistribusikan untuk menjamin penyediaan dan pengadaan bahan bakar di Indonesia.

Ditambah, dapat mengurangi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) guna meringankan beban keuangan negara. Elpiji 3 kg ini pun ditujukan pemerintah untuk menyubsidi masyarakat kelas bawah dan usaha mikro.

Kategori yang berhak membeli elpiji ini adalah rumah tangga prasejahtera berpendapatan maksimal 1,5 juta rupiah per bulan. Sedangkan usaha mikro yang berhak menggunakannya yakni memiliki aset maksimal 50 juta rupiah dan omset maksimal 300 juta rupiah per tahun.

Namun, tidak sedikit yang memanfaatkannya sebagai bahan bakar genset yang dimodifikasi sebagai mesin pompa air untuk mengairi sawah. Padahal, tindakan tersebut tidak dibenarkan.

2. Tabung elpiji 12 kg

Tabung elpiji 12 kg juga digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memasak. Elpiji ini adalah bahan bakar yang bersih sehingga tidak meninggalkan kotoran seperti minyak tanah. Ditambah, penggunaan tabung ini juga tidak meninggalkan bau pada masakan.

Namun, mulai November ini tabung elpiji 12 kg akan diganti dengan Bright Gas secara bertahap.

3. Bright Gas

Bright Gas digunakan untuk aktivitas dapur dalam rumah tangga. Tabung ini memiliki valve double spindle sehingga membuatnya lebih aman digunakan.

Selain itu, Bright Gas juga dilengkapi dengan seal cap barcode yang bisa di-scan sehingga mutu produk terjamin dan tidak dapat dipalsukan. Bright Gas tersedia dalam 2 ukuran, yaitu berat 5,5kg dan 12kg.

Secara bertahap, Bright Gas juga akan menggantikan tabung elpiji 12 kg.

4. Tabung elpiji ease

Pada dasarnya, kegunaan tabung elpiji ease sama dengan tabung gas lainnya. Secara isi pun sama, yaitu mengandung C3 (propane) dan C4 (butane). Hanya saja, elpiji ease dilengkapi dengan fitur double spindle untuk memberi keamanan 2 kali lebih baik.

Tampilan tabungnya pun berwarna gold untuk kelas premium, juga dipasarkan dalam ukuran 9 kg dan 14 kg.

Bagi Mama pengguna tabung elpiji 12 kg, ingat untuk menukar dengan Bright Gas setelah habis penggunaannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.