9 Tips Tepat Melipat Pakaian untuk Menghemat Ruang

Masih suka memaksa pintu lemari agar tertutup rapat karna kepenuhan? Coba tips berikut

19 Februari 2021

9 Tips Tepat Melipat Pakaian Menghemat Ruang
goodhousekeeping.com

Membersihkan rumah memang terasa tidak ada habisnya. Pekerjaan rumah tangga selalu datang silih berganti. Satu pekerjaan belum selesai, pekerjaan lainnya sudah menanti.

Salah satu permasalahan Mama adalah kalau anak-anak mengambil pakaiannya asal ditarik saja sehingga tumpukan pakaian di lemaripun menjadi berantakan.

Mama bisa membuat lemari pakaian terlihat bersih dan rapi seperti rak-rak di toko pakaian dengan cara menerapkan beberapa trik melipat pakaian. Pakaian yang dilipat mencakup baju, celana, hijab, kaos kaki dan pakaian dalam.

Dengan begitu maka satu urusan rumah tangga bisa teratasi dan tidak perlu pusing lagi dengan tumpukan pakaian yang tidak rapi.

Popmama.com akan membagikan 9 tips jenius melipat pakaian untuk menghemat ruang yang tersedia berikut ini:

1. Simpan pakaian secara horizontal

Daripada menumpuk pakaianmu diatas satu sama lain dan mengambilnya dari tumpukan untuk mencari baju kesukaanmu yang bisa menyebabkan lemari berantakan, lebih baik gunakan trik ini.

Cara melipat ini akan membuat lemari terasa lebih luas dan kamu dapat melihat seluruh pakaianmu dalam sekali lihat.

2. Simpan pakaian dengan cara menggulungnya

Metode ini akan membuat pakaianmu menjadi lebih ringkas seukuran kaos kaki, caranya yaitu dengan memutar setengah bagian bawah baju dari sisi dalam ke sisi luar.

Kemudian lipat sisi kiri dan kanannya sama rata. Setelah itu lipat lagi menjadi dua tepat di tengah dan gulung dari atas ke bawah.

Setelah itu ambil sisi baju yang bagian bawahnya sudah dilipat keluar untuk menutup gulungannya agar tidak berantakan.

3. Cobalah metode konmari

Kamu mungkin sudah sering mendengar mengenai metode konmari dari berbagai artikel maupun sosial media. Tetapi sebenarnya apa itu metode konmari?

Metode ini adalah metode berbenah yang dibuat oleh Marie Kondo, seorang konsultan kerapian Jepang.

Ia membuat buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up yang memuat berbagai seni dan metode beres-beres yang dapat memaksimalkan ruang dan membuat rumah tampak lebih rapi.

Yang perlu diterapkan diantaranya memilah dan menempatkan barang berdasarkan kategori, melipat pakaian dan menempatkannya secara tegak, serta hanya menyimpan barang yang diperlukan dan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya. 

Editors' Picks

4. Gulung pakaian dalam

Bila sebelumnya kamu belum pernah menggulung pakaian dalam, gunakan trik ini untuk membuat laci penyimpanan pakaian dalam menjadi lebih luas.

Atau kamu juga dapat menggunakan kotak sepatu sepagai tempat penyimpanan yang lebih ringkas dan hemat tempat.

Lapisi kotak sepatu dengan kertas kado agar bersih dan terlihat lebih cantik. Cara membuatnya pun mudah dan tidak diperlukan banyak biaya.

5. Gulung kaos kaki

Kamu bisa menggulung sepasang kaos kaki menjadi kecil seperti pangsit. Metode ini banyak digunakan oleh kalangan militer dalam mengemas pakaian.

Menggulung kaos kaki tidak akan menghabiskan tempat dan kamu bisa terbebas dari resiko kehilangan salah satu pasangan kaos kaki.

Caranya dengan menumpuk kedua kaos kaki dan menggulungnya dari bagian bawah ke atas, kemudian ambil salah satu sisi kaos kaki bagian atas untuk melapisi gulungan tersebut sehingga terkuci menjadi satu kesatuan.

6. Lipat kaos kaki menjadi persegi

Cara lain yang dapat kamu terapkan dalan menyimpan kaos kaki adalah melipatnya menjadi berbentuk persegi.

Tempatkan kaos kakimu menyilang antara yang satu dengan yang lain.

Kemudian lipat satu persatu kearah atas hingga menyerupai bentuk persegi. Selipkan ujung-ujungnya ke dalam lipatan sehingga lebih rapi dan tidak mudah tercecer.

7. Lipat jeansmu empat kali

Bagaimana cara melipat celana jeans agar hemat tempat? Bila biasanya kamu melipatnya dari bawah sebanyak tiga kali maka tinggalkan cara itu.

Kamu bisa melipatnya langsung menjadi dua, kemudian lipat kembali sebanyak 2 kali lagi sehingga ukuran lipatannya akan menjadi lebih pendek dan ringkas.

Dengan cara melipat ini dijamin kamu dapat menghemat ruang di lemari pakaian.

8. Lipat ringkas sweater tebal

Menggantung sweater biasanya akan menyebabkan bahan sweater menjadi cepat longgar. Ini saatnya kamu mencoba melipat sweater tebalmu.

Untuk menghemat ruang, lipatlah bagian lengan kiri dan kanan ke sisi badan sweater. Setelah itu lipat sisi kiri dan kanan sama besar, kemudian lipat menjadi dua.

Dengan metode ini maka hasil lipatan sweatermu akan menjadi lebih rapi dan tidak memakan banyak tempat.

9. Lipat pakaian anak

Mama bisa menerapkan trik melipat ini pada pakaian anak, termasuk pakaian bayi.

Untuk melipat celana, tumpuk sisi kiri dan kanan kemudian gulung. Simpan gulungan tersebut pada laci maupun kotak penyimpanan yang tersedia.

Jumpsuit bayipun demikian, lipat sisi kiri dan kanan kemudian lipat bagian bawah hingga ke tengah baju dan lipat sekali lagi. Tempatkan gulungan tersebut secara horizontal pada lemari pakaian.

Nah, itulah 9 tips jenius melipat pakaian untuk menghemat ruang yang dapat Mama aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menerapkan metode ini semoga permasalahan lemari pakaian yang berantakan dapat segera teratasi dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.