Unik dan Indah, Ini 7 Tanaman Kaktus untuk Menghias Rumah

Selain memiliki bentuk yang unik dan indah, kaktus tidak membutuhkan perawatan yang rumit

17 Agustus 2021

Unik Indah, Ini 7 Tanaman Kaktus Menghias Rumah
worldofsucculents.com

Mama pasti sudah tidak asing dengan kaktus. Tanaman penuh duri yang sangat cantik ini biasa ditemukan pada padang pasir yang kering.

Namun, Mama salah jika mengira kaktus hanya bisa tumbuh di padang pasir. Nyatanya, tanaman ini telah banyak dijadikan tanaman hias di rumah lho!

Baik ditanam di dalam pot ataupun di halaman rumah, kaktus akan membuat rumah Mama terlihat unik dan cantik. Apalagi karena berasal dari lingkungan padang pasir, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Cukup berikan air beberapa hari sekali dan letakan di tempat yang banyak terkena sinar matahari.

Nah, jika Mama tertarik memelihara kaktus, berikut Popmama.com telah merangkum tujuh jenis kaktus yang cocok dijadikan tanaman hias di rumah. Setiap jenis memiliki keunikannya masing-masing.

Pilih yang paling Mama sukai ya!

1. Echinocactus grusonii dengan bentuk bulat sempurna

1. Echinocactus grusonii bentuk bulat sempurna
amazon.com

Saat mendengar nama kaktus, mungkin yang Mama bayangkan adalah tanaman berbentuk kolom yang tumbuh tinggi menjulang. Nyatanya, kaktus memiliki berbagai bentuk lho, Ma.

Echinocactus grusonii adalah salah satu kaktus yang memiliki bentuk unik. Bentuknya bulat sempurna dan dipenuhi duri-duri berwarna kuning keemasan. Berkat bentuknya ini, Echinocactus grusonii disebut juga kaktus golden barrel atau gentong emas.

Di habitat aslinya, Echinocactus grusonii dapat tumbuh hingga satu meter. Namun Mama bisa menanamnya dalam pot dan menjadikannya kaktus mini. Dengan bentuk bulat sempurna, kaktus ini pasti terlihat lucu dan menggemaskan!

2. Ferocactus dengan duri berwarna merah

2. Ferocactus duri berwarna merah
cactuspedia.info

Ferocactus memiliki batang berlekuk yang membentuk bulatan sempurna, hampir menyerupai Echinocactus grusonii. Namun, jika Echinocactus grusonii memiliki duri berwarna keemasan, duri pada ferocactus berwarna merah menyala. Duri-durinya pun tumbuh sangat panjang dan menutupi batangnya sendiri.

Dengan penampilannya tersebut, Mama mungkin merasa ragu untuk menyentuh bahkan memelihara kaktus ini. Tapi, ferocactus adalah kaktus yang sangat cantik lho, Ma. Perpaduan warna merah dan hijau yang kontras dari tanaman ini pasti akan segera mencuri perhatian saat diletakan di pojok ruangan.

Editors' Picks

3. Opuntia basilaris yang mikir ekor berang-berang

3. Opuntia basilaris mikir ekor berang-berang
potterybarn.com

Apakah Mama pernah melihat berang-berang atau beaver? Hewan pengerat yang hidup di air dan darat ini memiliki ekor oval pipih yang besar. Nah, bentuk ekor ini sangat mirip dengan bentuk batang kaktus Opuntia basilaris. Oleh karena itu, Opuntia basilaris disebut juga beavertail cactus.

Opuntia basilaris berasal dari Amerika Serikat dan Meksiko. Ia termasuk kaktus berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga 40 cm. Selain bentuknya yang unik, ia juga memiliki bunga berwarna ungu terang yang cantik lho, Ma.

4. Cephalocereus senilis yang dipenuhi rambut putih

4. Cephalocereus senilis dipenuhi rambut putih
narvii.com

Jika kaktus lain tumbuh dipenuhi duri, Cephalocereus senilis tumbuh dipenuhi rambut berwarna putih. Bahkan, rambut-rambut tersebut bisa tumbuh hingga 12 cm lho, Ma. Berkat penampilannya ini, Cephalocereus senilis disebut juga kaktus orangtua.

Kaktus yang berasal dari Meksiko ini dapat tumbuh hingga tinggi 15 meter. Namun jika Mama tidak memiliki lahan yang luas, Mama bisa menanamnya di dalam pot dan menjadikannya kaktus mini. Agar tumbuh dengan baik, pastikan ia mendapat cukup sinar matahari ya, Ma!

5. Cereus tetragonus untuk pagar tanaman

5. Cereus tetragonus pagar tanaman
staticflickr.com

Cereus tetragonus atau Fairy Castle memiliki pertumbuhan yang lambat, namun ia bisa mencapai tinggi 1.8 meter.

Dengan bentuknya yang ramping dan tinggi tersebut, kaktus ini tidak membutuhkan banyak tempat dan sangat cocok ditempatkan di sudut halaman. Bahkan, Mama bisa memanfaatkannya sebagai pagar tanaman hidup lho!

Mama juga bisa menanamnya di pot dan meletakannya di pojok ruangan. Namun, letakan di sudut yang banyak terkena sinar matahari dan kering ya, Ma.

6. Haworthia attenuate yang mirip lidah buaya

6. Haworthia attenuate mirip lidah buaya
amazon.com

Haworthia attenuate adalah kaktus yang memiliki banyak nama. Ia disebut tanaman zebra karena corak putihnya yang mirip dengan corak pada kulit zebra. Ia juga disebut lidah buaya mini karena bentuknya yang memang mirip dengan tanaman lidah buaya.

Sekilas, kaktus ini terlihat tidak memiliki duri. Namun, Mama harus berhati-hati jika ingin menyentuhnya. Pasalnya, tanaman ini memiliki duri-duri kecil di pinggir batangnya.

Jika Mama sedang mencari tanaman untuk diletakan di meja, tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini adalah pilihan yang tepat. Bentuknya kecil dan minimalis. Ia juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

7. Rainbow Hedgehog yang berwarna ungu

7. Rainbow Hedgehog berwarna ungu
amazon.com

Apakah Mama pernah melihat kaktus berwarna ungu? Jika iya, mungkin Mama melihat kaktus Rainbow Hedgehog. Berbeda dengan kaktus lain yang berwarna hijau, kaktus ini berwarna merah muda hingga keungguan. Bahkan, warna tersebut sudah muncul sebelum bunga kaktus ini mekar lho, Ma.

Dengan warna yang cantik tersebut, kaktus Rainbow Hedhehog sangat cocok diletakan sebagai pemanis meja. Apalagi, kaktus ini tergolong kaktus kecil yang hanya tumbuh tinggi hingga 30 cm dan diameter 11 cm.

Itulah jenis-jenis kaktus yang dapat Mama pilih untuk dijadikan penghias rumah. Masing-masing memiliki bentuk yang unik dan cantik ya, Ma? Jenis mana yang menjadi favorit Mama nih?

Baca juga: 

5 Tips Merawat Tanaman Kaktus Hias

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.